Cara Mutasi & Menambahkan Kepala Sekolah Di dapodik 2021

Sobat data, jika anda mencari informasi tentang Cara Memutasikan dan mengganti kepala Sekolah lama dengan yang baru pada aplikasi dapodik versi 2021 d maka guru-id akan berbagi di laman ini.

gambar cara tambah kepala sekolah baru di dapodik 2021

Informasi ini berdasarkan pengalaman saya yang juga mengalami pergantian kepala sekolah sehingga mau tidak mau wajib melakukan mutasi dan mengganti dengan kepala sekolah yang baru.

Tugas ini harus mengikuti prosedur yang benar dan tentu saja sebagai petugas pendataan kita harus paham alur kerjanya. Sebenarnya caranya sangatlah mudah apalagi bagi rekan-rekan operator senior.

Oleh karena itu postingan ini guru-id tujukan kepada teman-teman operator pemula yang masih baru di dunia Dapodik:

Oke langsung saja pertama siapkan dokumen yang dibutuhkan seperti :

  1. Koneksi Internet
  2. SK Mutasi Kepala Sekolah
  3. Secangkir Kopi Panas
  4. Cemilan jika diperlukan

Setelah semua siap, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah

๐Ÿ‘‰ Hubungi Operator Sekolah di tempat tugas kepala sekolah yang mutasi ke sekolah anda agar segera mengeluarkan kepala sekolah tersebut dengan prosedur berikut:

๐Ÿ‘‰Pastikan saat kepala sekolah atau PTK yang dikeluarkan, di kolom tugas tambahan Terhitung selesai tugas (TST) sudah terisi sesuai SK mutasi

Tambah kepala Sekolah

๐Ÿ‘‰ Melakukan tarik data kepala sekolah yang akan mutasi ke sekolah kita. Caranya lalu masuk ke portal sp datadik kemdikbud melalui alamat web berikut ini "https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/" atau login disini.

๐Ÿ‘‰ Selanjutnya klik tombol "login menggunakan SSO" lalu ketikkan username dan password akun dapodik, jika dirasa sudah benar klik tombol masuk.

๐Ÿ‘‰ Pada beranda sp datadik Klik menu Aplikasi, kemudian pilih "PTK", nah pada penugasan PTK di jenis pencarian silahkan pilih sesuai kebutuhan (Misal NIP)

๐Ÿ‘‰ Pada form pencarian ketikkan NIP Kepala Sekolah yang akan ditambahkan ke sekolah yang bersangkutan lalu klik tombol "CARI"

๐Ÿ‘‰Berikutnya silahkan klik icon tambah lalu pada notifikasi registrasi PTK klik tombol "Daftarkan". Selesai tinggal menunggu konfirmasi operator dinas.

๐Ÿ‘‰ Setelah Dinas melakukan konfirmasi, silahkan buka aplikasi dapodik sekolah anda lalu pada beranda utama klik "Tarik data" agar perubahan di server pusat masuk ke lokal

๐Ÿ‘‰ Langkah berikutnya di dapodik silahkan gunakan menu tukar pengguna untuk melengkapi data tugas tambahan kepala sekolah yang baru. Jika data telah sesuai lakukan sinkronisasi agar perubahan data berhasil masuk ke server.

VIDEO TUTORIAL

Begitulah cara saya memutasikan dan mengganti kepala sekolah lama dengan yang baru pada aplikasi dapodik versi 2021. Semoga bermanfaat dan dipahami, Apabila ada kesalahan dalam langkah-langkah diatas mohon untuk memberikan saran pada kolom komentar agar segera di perbaiki.

Mungkin dibutuhkan, DOWNLOAD APLIKASI DAPODIK VERSI 2021 D

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel