vervalpdnew2.data.kemdikbud Link Perbaikan data siswa Tahun 2021

Sobat data, apakah anda sedang mencari alamat login verval pd yang baru tahun 2021 ? jika demikian guru-id akan berbagi informasi penting terkait dengan pertanyaan anda diatas, Yuk baca ulasan pada laman ini sebagai penambah wawasan anda.

gambar vervalpdnew2.data.kemdikbud

Sebagaimana telah kita ketahhui bersama salah satu tugas dari sekian banyak tugas Seorang Operator Sekolah ialah memvalidkan data peserta didik. Nah, Melalui Situs vervalpd inilah perbaikan data siswa diproses.

Adapun beberapa data yang biasa diperbaiki melalui portal vervalpd terdiri dari Nama siswa. Tempat Tanggal lahir, NISN, Nama orangtua dan NIK

Sedangkan data lainnya bila ada kesalahan bisa langsung diubah melalui aplikasi dapodik lokal. Hasil perbaikan di kirimkan ke server dapodik pusat melalui menu sinkronisasi.

Informasi terkini yang tampil setelah anda berhasil masuk ke halaman verval pd yakni "Untuk data peserta didik akan disesuaikan dengan Semester Genap Tahun Ajaran 2020. Pastikan sekolah sudah melakukan sinkronisasi sehingga data Peserta Didik dapat muncul di laman Verval PD."

Dan info yang tak kalah penting dari tim pengembang aplikasi dapodik 2021 c bisa teman-teman baca melalui chanel instagrammnya terkait dengan verval pd.

Jadi Data identitas peserta didik yang invalid pada aplikasi dapodik versi 2021 c dapat dilakukan perbaikan di verval peserta didik. Verval peserta didik akan menampikan data sebelumnya.

vervalpd new

Menu-menu pada laman verval pd new tetap sama namun tampilan dan proses perubahan/perbaikan data siswa berbeda dari sebelumnya.

Insya allah pada postingan ini akan guru-id akan berbagi informasi tentang fungsi-fungsi dari menu yang ada pada situs verval pd kemendikbud tersebut

Mari berkenalan dengan situs verval pd tahun 2021 dengan tampilan dan menu barunya berikut akan guru-id bagikan sebagai pengetahuan baru khususnya untuk saya pribadi

Login vervalpd

Bagi rekan-rekan oeprator sekolah yang ingin login portal verval pd yang baru untuk perbaikan data siswa silahkan menuju alamat berikut: https://vervalpdnew2.data.kemdikbud.go.id/.

Langkah berikutnya rekan-rekan klik tombol LOG IN di pojok kanan atas, maka akan tampil form pengisian username dan password login

gambar login verval pd

Menu pada verval pd new tahun 2021 terbagi dua. Yaitu data dan pengelolaan. berikut ini penjelasan singkatnya.

Beranda verval PD

Di Laman awal verval pd menampilkan diagram residu yaitu data valid dan data yang membutuhkan perbaikan atau verval. Selain itu juga menampilkan jumlah pengajuan perubahan data dan Jumlah peserta didik berdasarkan jenis kelamin dan tingkat.

gambar beranda verval pd 2020
Data Peserta didik

Pada menu peserta didik menampilkan jumlah seluruh peserta didik di sekolah anda.

Jika jumlah peserta didik pada aplikasi dapodik dan situs verval pd berbeda segera lakukan perbaikan dengan melakukan sinkron aplikasi dapodik sekolah anda.

Residu

Menu ini berisi daftar siswa yang perlu dilakukan perbaikan data mulai dari Identitas maupun NISN siswa.

Data yang memerlukan validasi ditandai dengan silang merah seperti penampakkan dibawah ini.

gambar menu residu verval pd

Cara Edit NISN

Pada menu pengelolaan inilah operator sekolah bisa memperbaiki data siswa yang salah. Misalnya edit NISN dan Identitas siswa.

Berikut adalah panduan singkat cara edit nisn pada laman verval pd yang baru.

Misal kasusnya adalah NISN Dipakai oleh lebih dari 1 orang. Klik menu EDIT NISN. pada form daftar siswa, ketikkan nama siswa yang akan diperbaiki.

Pada form Formulir perubahan input NISN Siswa yang aktif, lalu klik tombol "CEK DATA MASTER" Lihat gambar dibawah.

gambar cara edit nisn di verval pd

Langkah berikutnya silahkan anda Upload Dokumen Pendukung (Ijasah atau Print Screen NISN) dalam format JPG, JPEG atau PNG. Canya klik tombol Browse dan klik UPDATE DATA.

Tunggu sampai admin pdspk mengaprove perubahan NISN Siswa anda. Kemudian jika telah di aprove lakukan sinkronisasi aplikasi dapodik agar data siswa berubah.

Cara Edit Identitas Siswa

Misalnya kasus siswa anda adalah NIK dipakai oleh lebih dari 1 Orang. Caranya klik menu "Edit Identitas" pilih siswa, ganti NIK siswa yang benar di dalam form NIK baru yang tersedia.

Selanjutnya klik tombol "VALIDASI DATA" Seperti dibawah ini.

Langkah berikutnya silahkan anda Upload Dokumen Pendukung (Akte Kelahiran atau Kartu Keluarga) dalam format JPG, JPEG atau PNG. Canya klik tombol Browse dan klik UPDATE DATA.

gambar cara edit NIK di verval pd
CATATAN

1. Tabel Pengajuan edit NISN dan Identitas berfungsi untuk melihat status data telah disetujui atau di tolak oleh admin pusat. Pada menu keterangan menampilkan alasan penolakan.

2. Dapodik hubungannya sangat erat dengan vervalpd. mengapa? karena dari data Peserta didik yang di entri operator ke dalam aplikasi dapodik inilah yang diambil untuk mem-verifikasi dan validasi data peserta didik.

Jadi, bila data di dapodik salah, maka di vervalpd datanya dipastikan juga salah. Walaupun demikian, Data awal siswa dimulai dari jenjang paling rendah.

Misal kesalahan data NISN atau nama peserta didik pada jenjang SMP sumbernya adalah data dari Dapodik SD.

Download Panduan Verval PD new 2021, UNDUH PDF

AKHIR KATA

Demikianlah informasi tentang situs verval pd tahun pelajaran 2021, Selamat berkerja kepada operator Sekolah dimanapun anda berada.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel