Download Instrumen Untuk Pengisian Aplikasi PMP Kemdikbud

Sahabat guru-id, apa pendapat anda terkait sudah dirilisnya aplikasi penjaminan mutu pendidikan (PMP) pada tanggal 18 Agustus lalu? sebelum menuju topik tentang " Instrumen PMP" admin akan berbagi sebuah curhatan seorang operator sekolah yang merangkap sebagai guru terkait dengan pekerjaan yang ia geluti yaitu operator dapodik. Menurutnya, Berhubung sekolah tempatnya bekerja, termasuk salah satu sekolah dengan jumlah Peserta didik terbanyak di NKRI dan membutuhkan konsentrasi kerja yang ekstra pula, maka beliau memutuskan untuk tidak akan melakukan install dan tidak akan melakukan pekerjakan PMP (Penjaminan Mutu Pendidikan) sebelum ada pembicaraan dengan atasan langsung dan rekan-rekan PTK. Saya lebih, Prioritaskan tugas Dapodik dan Verval (SP, PTK, PD) karena dampak langsung jangka pendek sangat dirasakan oleh teman-teman guru (khususnya guru Sertifikasi dan aneka tunjangan), Dana BOS, Peserta Didik dan berbagai kebijakan di tingkat pusat hingga ke sekolah.

Aplikasi PMP yang baru saja dirilis, dipandang perlu namun hemat saya waktunya belum tepat bagi saya yang berprofesi sebagai guru, merangkap operator. Mengingat Cut OFF Dapodik hanya tersisa beberapa hari ke depan.

Setelah dipelajari sejenak, terdapat cukup banyak kuesioner dan instrumen yang amat penting dan berharga untuk dikerjakan oleh kepala sekolah, setiap guru, setiap peserta didik, komite sekolah yang tentunya demi mendapatkan data yang akurat. Untuk itu, kepada tim pengembang aplikasi kami harapkan agar melakukan SOSIALISASI dan BIMBINGAN TEKNIS terlebih dahulu sebelum diberlakukan. Jangan sampai pada akhirnya hanya menghabiskan anggaran miliaran. Belajarlah pengalaman sebelumnya melalui rapor online K13, seperti yang pernah dilahirkan akhirnya sia-sia. Ungkapan ini dilakukan secara sadar dan bertanggung jawab demi menjaga kualitas data pada lembaga pendidikan tempat saya mengabdi dan pada Kemdikbud sebagai salah satu dokumen negara.

Faktanya:

- Dapodik Tuntas;
- BOS ok;
- Guru (sertifikasi) tersenyum;
- Peserta Didik nyaman;
- Operator kelelahan

Sebagai salah satu alat untuk mempermudah dan sambil menunggu sosialisasi penggunaan aplikasi PMP, maka berikut admin bagikan Instrumen Untuk Pengisian Aplikasi PMP diserahkan ke yang bersangkutan dan bisa di download secara gratis melalui tautan yang admin sematkan dibawah

gambar Instrumen PMP 2016
gambar Instrumen PMP 2016 soal A4
gambar Instrumen PMP 2016 soal B1

Untuk lebih lengkap, silahkan download format Instrumen Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) melalui link berikut. Terima kasih, mohon maaf apabila infonya kurnag lengkap

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel