Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Online Kepala Sekolah/Madrasah Tahun 2016

Sahabat Kepala Sekolah maupun pembaca blog guru-id yang sedang berbahagia. Sudah tahukah anda kalau Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan sudah mempubikasikan program baru untuk kepala Sekolah/Madrasah yaitu Pembelajar moda dalam jejaring yang merupakan salah satu Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Tahun 2016. pkbks.kemdikbud.go.id merupakan alamat resmi dari program PKB online bagi kepala Sekolah yang bisa di akses secara online. nah, kali ini admin akan membahas sedikit tentang Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). berikut tampilan website PKB online moda pembelajar dari yang admin maksud.

gambar tampilan website Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Online kepala Sekolah

Apa itu PKB KS/M moda daring?

Kepala sekolah/madrasah (KS/M) memiliki peran yang sangat strategis dalam peningkatan kualitas pendidikan terutama berkaitan dengan upaya pengembangan sekolah/madrasah. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar KS/M menetapkan dimensi kompetensi yang harus dimiliki oleh KS/M dalam menjalankan tugas dan fungsinya (tusi). Tusi KS/M agar dapat dijalankan dengan baik, maka kompetensi KS/M harus senantiasa ditingkatkan. Peningkatan kompetensi KS/M dapat diperoleh melalui Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang berdasarkan arahan Dirjen GTK istilah PKB KS/M diubah menjadi KS/M Pembelajar. Permendiknas Nomor 28 Tahun 2010 menjelaskan bahwa KS/M harus melakukan pengembangan keprofesian secara berkelanjutan dan berbasis kebutuhan.

Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah (Dit. Pembinaan Tendik dan Dikdasmen), sebagai koordinator dan sekretariat yang ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) pada program peningkatan kompetensi bagi KS/M terus berupaya mendorong pelaksanaan kegiatan KS/M Pembelajar. Salah satu upaya tersebut adalah mengembangkan sistem KS/M Pembelajar Moda Daring. Selain itu Beberapa PPPPTK telah melakukan diklat dasar Literasi TIK, yang merupakan kegiatan persiapan sebelum melaksanakan PKB online.

Demikian info terkait Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Online Kepala Sekolah/Madrasah Tahun 2016. Berikutnya silahkan download Buku manual PKB kepala Sekolah Moda daring. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel