POS USBN SMP SMA SMK Sederajat tahun 2017 dari BSNP

Sahabat Guru Indonesia. Pada tahun pelajaran 2016/2017 ada 3 jenis ujian yang harus diikuti oleh seluruh pelajar di Indonseia sebelum melanjutkan sekolah ke jenjang pendidikan selanjutnya yaitu ujian sekolah (US), ujian sekolah berstandar nasional (USBN) dan ujian nasioanal. Berbeda dari tahun pelajaran sebelumnya pada tahun pelajaran 2016/2017 terdapat ujian sekolah berstandar nasional (USBN). Apa perbedaan antara ujian sekolah (US) dan ujian sekolah berstandar nasional (USBN)? Mata pelajaran yang diujikan pada USBN tidak diujikan lagi pada US. Mata pelajaran yang diujikan pada ujian sekolah berstandar nasional (USBN) yaitu pendidikan agama dan budi pekerti, PKN dan IPS. Seialn mata pelajaran yang diujikan pada USBN akan diujikan pada ujian sekolah (US). Penyususnan naskah soal ujian sekolah berstandar nasional (USBN) disusun oleh lembaga pendidikan yang berwenang sedangkan ujian sekolah (US) dibuat oleh sekolah masing-masing.


Selain itu pada tahun pelajaran 2016/2017 hasil akhir ujian sekolah berstandar nasional (USBN) dan ujian sekolah (US) menjadi salah satu kriteria penentu kelulusan siswa, yang sebelumnya penentu kelulusan adalah ujian nasional (UN) hanya menjadi nilai pemetaan saja. Pelaksanaan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) harus dilaksanakan sesuai dengan prosedur opreasional standar ujian sekolah berstandar nasional (POS USBN) tahun 2017. Hal ini sesuai dengan peraturan direktur jenderal pendidikan dasar menengah kementrian pendidikan dan bkebudayaan no 08/D/HK/2017.

POS USBN tahun 2017 mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan ujian sekolah berstandar nasional tahun pelajaran 2016/2017. POS USBN tahun 2017 menjelaskan ketentuan umum pelaksaan ujian, persyaratan dan hak peserta ujian, kisi-kisi, naskah ujian, jadwal pelaksanaan ujian, tata tertib peserta dan pengawas ujian, pengelolahan hasil ujian, penentuan kelulusan, evaluasi, pelaporan dan biaya pelaksaan ujian serta kejadian luar biasa yang terjadi saat pelaksaan ujian.

gambar POS USBN SMP SMA SMK Sederajat tahun 2017 dari BSNP

Download POS USBN SMP SMA SMK Sederajat tahun 2017

Untuk penjelasan lebih rinci mengenai POS USBN tahun 2017 kami bagikan POS USBN tahun 2017 yang bisa bapak dan ibu download melalui link berikut yang mungkin digunakan sebagai bahan acuan untuk pelaksaan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) di sekolah. semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel