Download Panduan Verval PD SD, SMP, SMA, SMK Tahun 2017

Ads By Google

Ads By Google

Sahabat operator Dapodik maupun pembaca setia postingan di blog guru-id.com. Panduan Verval PD yang kami bagikan ini merupakan panduan verifikasi dan validasi data peserta didik resmi dari PUSAT DATA DAN STATISTIK PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TAHUN 2017. Adapun file nya dalam bentuk pdf yang bisa didownload langsung melalui website resmi PDSPK yang beralamat sdm.data.kemdikbud.go.id. Kami juga menyediakan link alternatif untuk download panduan verval pd melalui beberapa tautan yang kami sematkan dibawah.

Perlu diketahui bahwa ada 5 panduan verval PD yang akan kami bagikan yakni Verval PD Propinsi, Kabupaten/KOta, SD, SMP, SMA/SMK dan Verval pd Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM). Nah untuk lebih jelasnya silahkan download melalui link dibawah ini

1. Panduan Verval PD Propinsi Tahun 2017 - DOWNLOAD DISINI
gambar panduan verval pd

Melalui aplikasi verifikasi dan validasi, operator dinas pendidikan provinsi dapat melakukan pengelolaan data peserta didik sebagai berikut:

1. Monitoring data peserta didik yang sudah memiliki NISN, belum memiliki NISN, maupun data invalid masing-masing sekolah.

2. Melakukan verifikasi dan validasi data terhadap data pengajuan perubahan identitas (ejaan nama, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, dan nama ibu kandung) dari operator sekolah SMA/SMK dengan menyetujui ataupun menolak permintaan perubahan tersebut berdasarkan dokumen resmi yang disertakan operator sekolah.

3. Melakukan pengajuan NISN bagi siswa lulusan SMA/SMK atau sederajat.

4. Melakukan verifikasi dan validasi terhadap siswa mutasi (pindahan) yang diajukan oleh operator sekolah.

A P P R O V E / R E J E C T P E R M I N T A A N P E R U B A H A N I D E N T I T A S Dinas Pendidikan Provinsi

1. Ops mengisi pengajuan perubahan identitas berdasarkan dokumen

2. Opd provinsi memeriksa kesesuaian permintaan perubahan dengan dokumen terlampir 3.

Opd provinsi melakukan approve terhadap permintaan perubahan yang sesuai dengan dokumen terlampir
4. Opd provinsi melakukan reject dengan mengisi alasan penolakan terhadap ketidaksesuaian data permintaan perubahan dengan dokumen terlampir

2. Panduan Verval PD Kabupaten/Kota Tahun 2017 - DOWNLOAD DISINI
gambar panduan verval pd operator kab/kota 2017
  1. Akses laman http://sdm.data.kemdikbud.go.id/ Bagi Operator Dinas Kabupaten/Kota harus lakukan regristrasi supaya bisa log in vervalpd.
  2. LOGIN Akses laman http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/ Isikan username (email) dan password sesuai dengan akun yang didaftarkan di laman Jaringan Pengelola Data Pendidikan (SDM).

Operator dinas kabupaten/kota diberikan kewenangan untuk melakukan approval identitas yang sudah di ajukan oleh operator sekolah SD/SMP pada pengajuan perubahan identitas peserta didik.

Cek pada daftar approval, perhatikan variabel yang ada latar belakang warna merah itu adalah fokus perhatian variabel yang diajukan perubahan identitasnya, kemudian cek NISN nya valid atau tidak dengan mengacu pada laman nisn.data.kemdikbud.go.id. Selanjutnya cek lampiran data pendukungnya, variabel yang diajukan harus sama sesuai dengan yang tercantum di dokumen pendukung, dokumen yang dilampiran adalah file scan (jpg/png) asli akte kelahiran/kartu keluarga/surat kenal lahir/surat keterangan dari kepala desa atau lurah. Jika hasil pengecekan ditemukan ketidaksesuaian, pilih tolak/Reject dengan menyertakan alasan penolakan yang jelas yang di tuliskan di kolom alasan. Jika sesuai pilih approve. Data siswa selanjutnya akan kembali ke aplikasi vervalpd tingkat sekolah pada menu referensi aktif.

3. Panduan Verval PD SD Tahun 2017 - DOWNLOAD DISINI
gambar panduan verval pd tahun 2017 SD

Klik Menu BELUM MEMILIKI NISN , tampil daftar data Peserta Didik Mutasi masuk dari sekolah lain yang merupakan data siswa hasil sinkronisasi dari aplikasi Dapodik dengan proses registrasi masuk ke rombel sebagai MUTASI

Klik tombol MUTASI SISWA Tampil pencarian data siswa mutasi di sekolah asal. (syaratnya siswa harus sudah diregistrasikan keluar/mutasi keluar dari sekolah asal) Cara mencari data siswa mutasi di sekolah asal :

Pilih nama PROPINSI dari sekolah asal,

Pilih nama KABUPATEN/KOTA dari sekolah asal, dan

Pilih sekolah asal dengan mengetikkan NPSN

Pilih Nama Siswa , Klik PILIH SISWA

Setelah proses tersebut, maka data siswa akan masuk ke daftar antrian Operator Dinas Pendidikan Kab/Kota, pada menu PENGAJUAN NISN >>> BERDASAR MUTASI. Setelah di Approve data siswa akan kembali ke Menu Referensi Aktif

4. Panduan Verval PD SMP/SMA/SMK Tahun 2017 - DOWNLOAD DISINI
gambar panduan verval pd SMP SMA SMK 2017

Pembaruan pada fitur ini adalah dihilangkannya fitur UNMATCH Operator Sekolah harus lebih teliti dan berhati-hati ketika mengelola data residu (MATCH atau NOT MATCH) karena data residu yang sudah menjadi data referensi tidak akan bisa dikembalikan lagi ke residu seperti pada versi sebelumnya.

RESIDU
Fitur ini hanya ada untuk jenjang SMP dan SMA/SMK. Menampilkan data peserta didik kelas 7 atau kelas 10 yang belum memiliki NISN yang valid, meskipun di Aplikasi Dapodik sudah dientrikan NISN. Data juga akan dianggap sebagai residu jika ada perbedaan entri 4 variabel (NISN, Nama, tempat, dan tanggal lahir) antara data Dapodik dan Arsip NISN.

Dengan menekan tombol MATCH, secara otomatis data peserta didik akan berpindah ke Referensi Aktif dengan NISN dari data pembanding, dan hilang dari residu.

Mekanisme MATCH

Data Residu akan berpindah ke Referensi Aktif dengan NISN yang di-MATCH-kan dari data pembanding, penulisan data yang berpindah ke Referensi Aktif akan mengikuti penulisan data Residu yang bersumber dari Dapodik, bukan berdasarkan penulisan dari data pembanding (Arsip NISN). Langkah 5 Jika hasil identifikasi data pembanding (pencarian ke-2) mirip/sesuai, klik data pembanding lalu tekan tombol MATCH. D

5. Panduan Verval PD Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM)- DOWNLOAD DISINI
gambar panduan verval pd PKBM

Demikian tentang Panduan Verval Tahun 2017 yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat untuk rekan-rekan operator sekolah.

Ads By Google

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Download Panduan Verval PD SD, SMP, SMA, SMK Tahun 2017"

Post a Comment

Powered by Blogger.