Seleksi Penerimaan CPNS Calon Hakim dan Kementerian Hukum dan HAM Tahun Anggaran 2017

Sahabat pembaca setia blog guru-id.com, akhirnya pemerintah pada tahun 2017 ini resmi membuka pendaftaran penerimaan CPNS sebanyak 19.210 orang yang terdiri dari 1.684 CPNS untuk Mahkamah Agung (MA) dan 17.526 kursi CPNS di Kementerian Hukum dan HAM. berita ini bukan hoax karena yang mempublikasikan postingannya resmi dari website MenPAN-RB. Nah pada kesempatan kali ini akan kami bagikan pengumuman seleksi CPNS Mahkamah Agung RI 2017 dan juga pengumuman seleksi CPNS Kementerian Hukum dan HAM 2017 dalam bentuk file pdf yang telah kami upload ke google drive. namun sebelumnya silahkan baca terlebih dahulu artikel resmi tentang " SELEKSI PENDAFTARAN PENERIMAAN CPNS TAHUN 2017"

Sebagaimana yang blog guru-id.com kutip dari situs menan-rb bahwa Pemerintah mengundang putra-putri terbaik untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) guna mengisi jabatan terkait penegakan hukum di Mahkamah Agung dan Kementerian Hukum dan HAM. Jabatan ini menjadi prioritas mengingat adanya peningkatan beban kerja di kedua instansi tersebut, dan banyaknya PNS yang memasuki batas usia pensiun.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur mengatakan, formasi untuk kedua instansi tersebut sebanyak 19.210 orang, terdiri dari 1.684 CPNS untuk Mahkamah Agung (MA) dan 17.526 kursi CPNS di Kementerian Hukum dan HAM.

Jumlah tersebut termasuk untuk mengakomodir putra/putri lulusan terbaik (cumlaude) dan putra/putri Papua dan Papua Barat. Untuk lulusan cumlaude kuotanya sebanyak 468 orang, sedangkan putra/putri Papua dan Papua Barat sebanyak 301 orang.

Dijelaskan, formasi untuk MA sejumlah 1.684 calon hakim pada peradilan umum, peradilan agama dan peradilan tata usaha negara. Untuk posisi calon hakim ini, kualifikasi hanya untuk sarjana hukum, sarjana syariah dan sarjana hukum Islam.

Sedangkan formasi CPNS untuk Kementerian Hukum dan HAM meliputi 21 jabatan, mulai dari Penjaga Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) hingga analis keimigrasian. “Kuota untuk penjaga Lapas mencapai empat belas ribu, dengan kualifikasi lulusan SLTA sederajat yang menguasai komputer,” ujar Menteri Asman dalam jumpa pers di kantor Kementerian PANRB, Selasa (11/07).

Dari kuota CPNS untuk Kementerian Hukum dan HAM sebanyak 17.526 kursi, 14.000 diantaranya untuk jabatan penjaga lapas atau sipir, dan 2.278 analis keimigrasian. Untuk analis keimigrasian ini, dibutuhkan sarjana dari berbagai jurusan, antara lain Hukum, Sosial Politik, Ekonomi, Akuntansi, Ilmu Komunikasi, Teknik Informatika, Teknik Komputer dan Bahasa Asing.

Informasi mengenai rekruitmen CPNS ini dapat dilihat di situs :

a. Situs Kementerian PANRB: www.menpan.go.id - KLIK DISINI
b. Situs BKN: https://sscn.bkn.go.id - klik disini
c. Situs Mahkamah Agung: https://www.mahkamahagung.go.id, http://badilum.mahkamahagung.go.id, http://badilag.mahkamahagung.go.id, http://ditjenmiltun.mahkamahagung.go.id/ - klik DISINI
d. Situs Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia: http://cpns.kemenkumham2017.go.id - KLIK DISINI

DOWNLOAD SIMULASI CAT PNS 2017 - DISINI

Seperti halnya seleksi CPNS sebelumnya, pendaftaran dilakukan secara online dan terintegrasi secara online melalui https://sscn.bkn.go.id pada tanggal 1 – 31 Agustus.

Seperti tahun sebelumnya, satu orang pelamar hanya bisa mendaftar untuk satu jabatan di satu instansi. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, berhak mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Selain SKD, juga dilakukan seleksi kompetensi bidang (SKB).

Menteri Asman menegaskan, pelaksanaan seleksi CPNS ini dilakukan berdasarkan prinsip kompetitif, adil, objektif, transparan, bersih dari praktik KKN, dan tidak dipungut biaya, sehingga tidak bisa diintervensi oleh pihak manapun. Setelah selesai ujian, peserta akan langsung mengetahui nilainya. “Jadi jangan percaya kalau ada pihak-pihak yang menawarkan jasa bisa meluluskan seseorang dengan imbalan sejumlah uang. Jangan mau menjadi korban percaloan,” ujarnya.

1. Pengumuman Seleksi Penerimaan CPNS Calon Hakim di Lingkungan Mahkamah Agung RI Tahun Anggaran 2017 - DOWNLOAD FILE PDF

gambar Pengumuman Seleksi Penerimaan CPNS Calon Hakim di Lingkungan Mahkamah Agung RI Tahun Anggaran 2017

2. Pengumuman Seleksi Penerimaan CPNS Kementerian Hukum dan HAM Tahun Anggaran 2017 - DOWNLOAD FILE PDF

gambar Pengumuman Seleksi Penerimaan CPNS Kementerian Hukum dan HAM Tahun Anggaran 2017

Demikian kami bagikan informasi tentang Seleksi Penerimaan CPNS Calon Hakim dan Kementerian Hukum dan HAM Tahun Anggaran 2017. Semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel