RPP K13 FISIKA Revisi Terbaru PPK, Literasi, 4C, dan HOTS Kelas X, XI, XII

Ads By Google

Ads By Google

DOWNLOAD PERANGKAT PEMBELAJARAN, RPP KURIKULUM 2013 FISIKA SMA/SMK LENGKAP REVISI TERBARU MEMUNCULKAN PPK, Literasi, 4C, dan HOTS - UNDUH DISINI

Sahabat guru, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 Sesuai dengan perubahan terbaru harus lebih kreatif dibuat oleh pendidik, mengapa? karena di dalam RPP k13 harus ada 4 macam point yang harus dimasukkan atau diinsert. Apa saja itu? keempat hal pengembangan rpp k13 tersebut adalah Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), kemampuan untuk memahami, menganalisis, dan mendekonstruksi pencitraan media disebut dengan Literasi, Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative (4C), dan Higher Order Thinking Skill) atau kemampuan berpikir tingkat tinggi Level 3/C4 s/d C6 (HOTS).

Adapun pada postingan kali ini sebelum membahas topik tentang RPP kurikulum 2013 SMA/SMK revisi terbaru, berikut kami bagikan penjelasan singkat tentang keempat poin penting yang harus ada didalam rpp yakni PPK, Literasi, 4C, dan HOTS. Selamat membaca

Mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Mengintegrasikan literasi; keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative);

Mengintegrasikan HOTS (Higher Order Thinking Skill).

Gerakan PPK perlu mengintegrasikan, memperdalam, memperluas, dan sekaligus menyelaraskan berbagai program dan kegiatan pendidikan karakter yang sudah dilaksanakan sampai sekarang. Pengintegrasian dapat berupa :

  • Pemaduan kegiatan kelas, luar kelas di sekolah, dan luar sekolah (masyarakat/komunitas);
  • Pemaduan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler;
  • Pelibatan secara serempak warga sekolah, keluarga, dan masyarakat;
Perdalaman dan perluasan dapat berupa:
  • Penambahan dan pengintensifan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pengembangan karakter siswa,
  • Penambahan dan penajaman kegiatan belajar siswa, dan pengaturan ulang waktu belajar siswa di sekolah atau luar sekolah;
  • Penyelerasan dapat berupa penyesuaian tugas pokok guru, Manajemen Berbasis Sekolah, dan fungsi Komite Sekolah dengan kebutuhan Gerakan PPK.
Penjelasan Singkat tentang Gerakan Literasi Sekolah

Pengertian Literasi dalam konteks Gerakan Literasi Sekolah adalah kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik.

Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Literasi dapat dijabarkan menjadi ;

  1. Literasi Dini (Early Literacy),
  2. Literasi Dasar (Basic Literacy),
  3. Literasi Perpustakaan (Library Literacy),
  4. Literasi Media (Media Literacy),
  5. Literasi Teknologi (Technology Literacy),
  6. Literasi Visual (Visual Literacy).

Keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation).

Inilah yang sesungguhnya ingin kita tuju dengan K-13, bukan sekadar transfer materi. Tetapi pembentukan 4C. Beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Abad 21, abad di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. Penguasaan keterampilan abad 21 sangat penting, 4 C adalah jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill.

Higher Order of Thinking Skill (HOTS) adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didik mampu untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan. Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi; dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.

Maka tidak mungkin lagi menggunakan model/metode/strategi/pendekatan yang berpusat kepada guru, namun kita perlu mengaktifkan siswa dalam pembelajaran (Active Learning). Khusus untuk PPK merupakan program yang rencananya akan disesuaikan dengan 5 hari belajar atau 8 jam sehari sedangkan untuk 2 hari merupakan pendidikan keluarga.

DOWNLOAD CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) DAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA SMA/SMK REVISI TERBARU

berikut admin bagikan contoh RPP FISIKA revisi 2017 yang memunculkan PPK, Literasi, 4C, dan HOTS yang bisa bapak dan ibu guru download secara gratis melalui tautan yang kami smeatkan dibawah

GAMBAR RPP K13 FISIKA REVISI  PPK, Literasi, 4C, dan HOTS
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan       :
Kelas/semester             : XI/2  
Materi Pokok               : Gelombang Bunyi
Alokasi Waktu             : 3 x 45 menit

A.     Kegiatan Inti
KI 1:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2:
Mengembangkan prilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif, dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaualan dunia.
KI 3:
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4:
Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah kongkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya dari sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
NO
KD
Indikator
1
1.1 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan fenomenal alam fisis dan pengukurannya
1.1  Mengenali dan mengagumi kebesaran Tuhan melalui pengamatan gejala-gejala alami gelombang bunyi dan aplikasi gelombang bunyi dalam teknologi.
2
2.1Menunjukan prilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan, melaporkan, dan berdiskusi.
Melakukan kegiatan pengamatan peserta didik dapatterbuka, jujur,hati-hati,aktif,disiplin, kerjasama dan bertanggung jawab.
3
3.1Menerapakan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi

Pert I
1.      menjelaskan  karakteristik gelombang bunyi
2.      menggunakan persamaan cepat rambat gelombang pada zat gas, zat padat, dan zat cair untuk penyelesaian masalah.
3.      Menggunakan efek doppler untuk penyelesaian masalah
4.      Menjelaskan telinga sebagai penerima bunyi
Pert 2
5.      Menjelaskan fenomena dawai
6.      Menjelaskan fenomena pipa organa
7.      Menjelaskan intensitas gelombang
8.      Menjelaskan taraf intensitas bunyi

4
4.1 Merancang dan melaksanakan percobaan interferensi cahaya

Pert 1
1.      Melakukan percobaan untuk menghitung cepat rambat bunyi di udara
2.      Melakukan percobaan untuk menentukan asas doppler
Pert 2
3.      Melakukan percobaan untuk menentukan hubungan antara panjang dawai (L), Gaya tegangan tali (F), massa dawai (m), dan cepat rambat gelombang transfersal pada dawai (v)


C.     TujuanPertemuan
Setelah proses mencari informasi, menanya, berdiskusi, dan melakukan percobaan, peserta didik dapat memahami pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural tentang gelombang bunyi.
1.2  Melalui mengamati  gejala-gejala alami gelombang bunyi dan aplikasi gelombang bunyi dalam teknologi  peserta didik dapat menyadari kebesaran Tuhan.
1.2  Sesuda melakukan Kegiatan Mengamati dan mencoba Peserta Didik dapat terbuka, jujur,hati-hati,aktif,disiplin, kerjasama dan bertanggung jawab.
3.7  Melaluikegiatan  mengasosiasi  data peserta didik dapat :
Pert 1
1.    Menjelaskan karakteristik gelombang bunyi
2.    Menentukan cepat rambat gelombang bunyi pada zat gas.
3.    Menentukan cepat rambat gelombang bunyi pada zat padat,
4.    Mentukan cepat rambat bunyi pada zat cair
5.    Menjelaskan efek doppler
6.    Menjelaskan telinga sebagai penerima bunyi
Pert 2
7.      Mendefinisikan cepat rambat gelombang transversal pada dawai
8.    Menggunakan persamaan melde dalam penyelesaian masalah
9.    Menentukan hubungan antara frekuensi nada dasar dan nada atas lainya pada pipa organa terbuka
10.     Menentukan hubungan antara frekuensi nada dasar dan nada atas lainya pada pipa organa tertutup
11.     Mendefinisikan intesitas gelombang
12.     Menggunakan persamaan intensitas gelombang untuk penyelesaian masalah.
13.     Mengunakan persamaan taraf intensitas bunyi untuk penyelesaiaan masalah.
14.     Menerapkan konsep gelombang bunyi pada pembuatan seruling dan gitar.

4.7 peserta didik dapat merancang dan melakukan  percobaan :
Pert 1
1.    Tabung resonansi
2.    Efek Doppler
Pert 2
1.      Melde.

D.     Materi Pembelajaran
Pert
Fakta
Konsep
Prinsip/Hukum
prosedur
I
·    Saat berteriak sambil memegang tenggorokan, maka kita akan rasakan tenggorokan kita bergetar.
·    Ketika senar gitar dipetik makakita akan mendengar bunyi.
·    Kilat dan guntur bergetar secara bersama-sama tetapi kita selalu melihat kilat lebih dahulu baru kemudian mendengar bunyi gunturnya.
·    Ketika mobil ambulans bergerak mendekati kita maka bunyi sirenenya makin tinggi dan semakin rendah ketika bergerak menjauhi kita.
·    Dengan telinga kita bisa mendengan bunyi
·    Sifat-sifat dasar bunyi
·    Cepat rambat bunyi di udara, zat padat, dan zat gas.
·    Kasus efek doppler
·    Bagian-bagian telinga.

·    Perambatan bunyi pada zat gas,zat padatdan zat cair
·    efek doppler

percobaantabung resonansi danefek Doppler
II
·    ada perbedaan bunyi pada senar gitar yang sama ketika dipetik dalam keadaan kendor dan dipetik dalam keadaan tegang.
·    Ada perbedaan nada pada pipa organa yang tertutup dan yang terbuka
·    Ada perbedaan kekuata gempa bumi di Armenia(6,9 skala Ricter) dengan gempa yang tejadi di Aceh (8,9 skal Richter)
·    Formulasi frekuensi dan resonansi pada senar
·    Cepat rambat gelombang trasversal dalam dawai
·    Frekuensi atau resonansi
·    Frekuensi alami pipa organa terbuka
·    Frekuensi alami pipa organa tertutup.
·         Hukum mersene
·         Hukum Melde

percobaan Melde


E.     Pendekatan ,Model ,Metode Pembelajaran
Pert
Pendekatan
Model
Metode Pembelajaran
I
scientific
Inkuiri
1.      Eksperimen
2.      Diskusi
3.      Tanya jawab
II
Inkuiri

F.      Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
Pert
Media
ALAT /BAHAN
Sumber Belajar
I
LKS 01 , LKS 02 Power Point & Makromedia
LKS 01 (satu zet tabung resonansi, garputala, pemukul garputala, air,mistar.)
LKS 02 (rel presisi, kereta sumber bunyi,sinyal generator, kereta penerima bunyi, danosiloskop)

a.       Kanginan, Marthen. 2013. Fisika Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga
b.      Haryadi, Bambang. 2009. Fisika untuk SMA kelas X. Jakarta : pusat perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
c.       Bahan ajar peserta didik
II
LKS 03 ,  Power Point & Makromedia
Penggetar/vibrator, Katrol, Beban gantung /massa benda yangberbeda,Mistar , dan Senar dawai dengan empat jenis yang berbeda.




G.    Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Pertemuan 1
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
1.      Meberi salam
2.      Mengecek kehadiran siswa.
3.      Mempersilahkan siswa mengawali pembelajran dengan doa.
4.      Guru memberi apersepsi dan motifasi tentang materi yang berkaitan dengan karakteristik bunyi,cepat rambat bunyi,efek doppler, dan telinga sebagai penerima bunyi.
5.      Guru memberitahukantujuan pembelajaran
20 menit
Kegiatan Inti
100 menit
Sintak
Langkah/Kegiatan Pembelajaran
Tahap 1
Stimulation
Mengamati
1.      Peserta didik mengamati tayangan  video  seorang anak yang sedang melihat kereta api yang sedang melintasi stasiun sambil membunyikan klakson.
2.      Guru menilai keaktifan dan keterbukaan peserta didik dalam mengamati.  **)
Tahap 2
Problem steimen
Menanya
1.      Peserta didik bertanyatentang berapakah cepat rambat buyi diudara, berapakah frekuensi suber bunyi (klakson kereta api) dan berapakah frekuensi yang diterima pendengar yang berada di stasiun kereta api.  (merumuskan masalah).
2.      Dengan fasilitas guru peserta didik menemukan jawaban sementara  atas pertanyaan-pertanyaan yang mereka ajukan (membuat hipotesis)
3.      Guru menilai keaktifan peserta didik dalam merumuskan masalah dan membuat hipotesis**)
Tahap 3
Mengumpulkan data(Data processing)
Mencoba
1.      Peserta didik dibagi dalam kelompok (1 kelompok terdiri dari 4-5 orang)
2.      Guru membagikan LKS 01 dan LKS 02 tentang percobaan tabung resonansi dan efek Doppler.
3.      Guru bersama dengan peserta didik menyiapkan alat dan bahan yang terdapat dalam LKS 01 dan 02
4.      Peserta didik melakukan percobaan sesuai dengan langkah-langkah yang terdapat pada LKS 01 dan LKS 02
5.      Guru menilai keaktifan, kerjasama, tanggung jawab, kejujuran, disiplin dan hati-hati pada saat perserta didik melakukan percobaan
Tahap 4
Memferifikasi data
Mengasosiasi

6.      Peserta didik berdiskusi dan menjawb pertanyaan-pertanyaan yang terdapat dalam LKS 01 dan LKS 02 dan permasalahan tentang karakteristik gelombang, cepat rambat gelombang pada zat padat dan zat cair dan telinga sebagai penerima bunyi.
7.      Dengan fasilitas guru, peserta didik menganalisis dan merumuskan hubungan antara panjang gelombang dan cepat rambat bunyi di udara.
8.      Dengan fasilitas guru, peserta didik menganalisis dan merumuskan hubungan antara frekuensi sumber bunyi dan frekuensi pendengar.
9.      Guru memberi  permasalahan tentang karakteristik gelombang, cepat rambat gelombang pada zat padat dan zat cair dan telinga sebagai penerima bunyi.
10.  Guru mengarahkan siswa untuk  memverifikasi dan mengkonfirmasi hasil diskusi dengan mencari informasi pada bahan ajar.
11.  Guru menilai ketrampilan mengolah dan menalar*)

Mengkomunikasikan

Tahap5
Generalization
12.  Perwakilan kelompok memaparkan hasil analisis dan kesempulan dari hasil percobaan yang dilakukan dan permasalahan yang diberikan.
13.  Guru menilai sikap peserta didik dalam bekrja sama, terbuka, disiplin dan bertanggung jawab..**)
14.  Guru mengkofirmasikan hasil deiskusi peserta didik.

Penutup
1.      Peserta didik kembali ke tempat duduk masing-masing
2.      Guru dan peserta didik merangkum kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.
3.      Guru memberikan post test kepada peserta didik
4.      Guru memberikan tugas baca tentang fenomena pada dawai dan pipa organa,
5.      Doa penutup.
15



Pertemuan 2
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
1.      Memberi salam
2.      Mengecek kehadiran siswa
3.      Mempersilahkan siswa mengawali pembelajran dengan doa
4.      Guru memberi apersepsi dan motifasi tentang materi yang berkaitan dengan fenomena pada dawai,fenomena pada pipa organa, intensitas gelombang dan taraf intensitas.
5.      Guru memberitahukantujuan pembelajaran

Kegiatan Inti

Sintak
Langkah/Kegiatan Pembelajaran
Tahap 1
Stimulation
Mengamati
3.      Peserta didik mengamati tayangan  video  seorang yang menyetel gitar dan biola.
4.      Guru menilai keaktifan  peserta didik dalam mengamati**)
Tahap 2
Problem steimen
Menanya
4.      Peserta didik bertanyamengapa terjadi perbedaan nada  saat menyetel gitar dengan menegangkan dawai dan mengkendorkan dawai, perbedaan jenis dawai dan panjang dawai.(merumuskan masalah).
5.      Dengan fasilitas guru peserta didik menemukan jawaban sementara  atas pertanyaan-pertanyaan yang mereka ajukan (membuat hipotesis)
6.      Guru menilai keaktifan  peserta didik dalam merumuskan masala, dan membuat hipotesis..**)

Tahap 3
Mengumpulkan data(Data processing)
Mencoba
6.      Peserta didik dibagi dalam kelompok (1 kelompok terdiri dari 4-5 orang)
7.      Guru membagikan LKS 03 tentang percobaan hukum Melde.
8.      Guru bersama dengan peserta didik menyiapkan alat dan bahan yang terdapat dalam LKS 03
9.      Peserta didik melakukan percobaan sesuai dengan langkah-langkah yang terdapat pada LKS 03
10.  Guru menilai keaktifan, kerjasama, tanggung jawab, kejujuran, disiplin dan hati-hati pada saat perserta didik melakukan percobaan **)
Tahap 4
Memferifikasi data
Mengasosiasi

11.  Peserta didik berdiskusi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terdapat dalam LKS 01 dan LKS 02 dan permasalahan tentang karakteristik gelombang, cepat rambat gelombang pada zat padat dan zat cair dan telinga sebagai penerima bunyi.
12.  Dengan fasilitas guru, peserta didik menganalisis dan merumuskan hubungan antara panjang senar dawai , frekuensi senar dawai, rapat massa linear senar dawai.
13.  Guru memberi  permasalahan tentang venomena pada pipa organa tertutup dan terbuka, intensitas gelombang, dan taraf intensitas gelomabang.
14.  Guru mengarahkan siswa untuk  memverifikasi dan mengkonfirmasi hasil diskusi dengan mencari informasi pada bahan ajar.
15.  Guru menilai ketrampilan mengolah dan menalar*)

Mengkomunikasikan

Tahap5
Generalisation
15.  Perwakilan kelompok memaparkan hasil analisis dan kesempulan dari hasil percobaan yang dilakukan dan permasalahan yang diberikan.
16.  Guru menilai sikap peserta didik dalam bekrja sama, terbuka, disiplin dan bertanggung jawab.  .**)
16.  Guru mengkofirmasikan hasil deiskusi peserta didik.

Penutup
17.  Peserta didik kembali ke tempat duduk masing-masing
18.  Guru memberika tugas membuat resume tentang gelombang cahaya.
19.  Guru memberikan post test kepada peserta didik
20.  Doa penutup.

Ket : **) : penilaian afektif dan psikomotor.

A. RPP dan LK Fisika Kurikulum-2013

B. RPP dan Perangkat Fisika Kelas 10

  1. Fisika_BESARAN DAN SATUAN.zip
  2. Fisika_GERAK HARMONIK.zip
  3. Fisika_GERAK MELINGKAR.zip
  4. Fisika_GERAK PARABOLA.zip
  5. Fisika_MOMENTUM.zip
  6. Fisika_PENGUKURAN.zip
  7. Fisika_USAHA DAN ENERGI.zip
  8. Fisika_VEKTOR.zip
  9. RPP_FISIKA_GERAK PARABOLA.docx
  10. RPP_FISIKA_GLB DAN GLBB.docx
  11. RPP_USAHA DAN ENERGI.docx

C.RPP dan Perangkat Fisika Kelas 11

  1. Program Semester.xls
  2. Program Tahunan.docx
  3. RPP ALAT-ALAT OPTIK.docx
  4. RPP DIFRAKSI DAN INTERFERENSI.docx
  5. RPP GELOMBANG BUNYI.docx
  6. RPP GELOMBANG CAHAYA.docx
  7. RPP GELOMBANG MEKANIK.doc
  8. RPP GELOMBANG STASIONER.doc
  9. RPP PEMANASAN GLOBAL.doc
  10. RPP PERSAMAAN GELOMBANG.docx
  11. RPP SUHU DAN KALOR.docx
  12. RPP TEORI KINETIK GAS_2.docx
  13. RPP_Teori Kinetik Gas.docx
  14. RPP radiasi gelombang EM.docx
  15. RPP _KD 3.5.zip
  16. RPP KD 3.10_1.docx
  17. RPP KD 3.10_2.docx
  18. RPP_3.11.docx
  19. RPP_3.9.docx
  20. RPP_KD 3. 8.zip
  21. RPP_KD 3.1_1.docx
  22. RPP_KD 3.1_2.docx
  23. RPP_KD 3.1_5.docx
  24. RPP_KD 3.2.docx
  25. RPP_kd 3.3.docx
  26. RPP_KD 3.4.docx
  27. RPP_KD 3.6.docx
  28. RPP_KD 3.7 .docx

D.RPP dan Perangkat Fisika Kelas 12

  1. LISTRIK ARUS SEARAH.docx
  2. LISTRIK STATIS.docx
  3. MEDAN MAGNET.docx
  4. INDUKSI ELEKTROMAGNETIK.docx
  5. RANGKAIAN ARUS BOLAK BALIK.docx

E. Materi BIMTEK 2017

  1. 1. 0 Dinamika Perkembangan Kur-2013.pptx
  2. 1.1. Dinamika Perkembangan Kur-2013_2017.pptx
  3. 1.2. Penguatan Pendidikan Karakter Kur-13 Dr. Arie Budhiman, M.SI_2017.pptx
  4. 1.3. Penerapan Literasi Dalam Pembelajaran.pdf
  5. 1.4. Panduan Bimtek pendampingan implementasi k-13 SMA.pdf
  6. 2017- PPK Dalam Pembelajaran.pptx
  7. 2017- PPK Dr. Arie Budhiman, M.SI.pptx
  8. 3. PENGOLAHAN NILAI_2017 oke.pptx
  9. 4 Bimtek K-13 2017.pptx
  10. BIMTEK KUR 13_(rangkuman)_Sunaryo.pptx
  11. Materi Pelatihan/E-rapor (1).pptx
  12. HOTS_Penyegaran (rangkuman)_iwan.pptx
  13. JURNAL MEMBACA TAHAP PENGEMBANGAN.docx
  14. Literasi-Pembelajaran-SMA-draftawal-7Februari.pptx
  15. Model-Model Pembelajaran Kurikulum 2013 untuk Peserta-1.pptx
  16. MP-16-SMA_Fisika_RPP_2017.docx
  17. Pemantapan Materi Dan Strategi Penyampaian.Pptx
  18. Pengembangan MODEL PEMBEL INOVATIF KUR-2013 (Prof Udin)_Rev_2017.pptx
  19. Pengembangan Soal HOTS_2017.pptx
  20. Penilaian Terbaru 2017 (reg-7 ciputra).pptx
  21. Strategi Penyampaian Materi Pelatihan Kur-13_Prof. Said Hasan_2017.pptx

Demikian contoh rpp k13 fisika revisi terbaru 2017 untuk SMA dan SMK semester 1 dan 2 tahun pelajaran 2017/2018 yang memunculkan PPK, Literasi, 4C, dan HOTS. Semoga bermanfaat

sumber rpp

Ads By Google

Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "RPP K13 FISIKA Revisi Terbaru PPK, Literasi, 4C, dan HOTS Kelas X, XI, XII"

  1. Terima kasih rpp 13 nya, mohon share juga yang smp pak,

    ReplyDelete
  2. Rpp 13 SMK akuntansi ada tidak pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada pak silahkan di download pada link tersedia diatas

      Delete

Powered by Blogger.