Dokumen 1 Kurikulum 2013 Tahun 2019/2020 | Format DOC untuk SD SMP SMA SMK

Dokumen 1 Kurikulum 2013 - tahun pelajaran baru 2019/2020 sudah sepatutnya dipersiapkan mulai dari sekarang, mengingat tak lama lagi akan diserahkan kepada pengawas pembina. Sebagaimana kita ketahui bersama dokumen satu ini yang membuatnya adalah wakil bidang kurikulum. adapun untuk mempermudah bapak dan ibu guru telah kami sediakan dalam format microsoft word.

Perlu diketahui bahwa dokumen 1 ini hanyalah contoh saja. isi dokumen mulai dari pendahuluan, latar belakang dan tiap BAB bisa disesuaikan dengan kondisi sekolah anda. Apabila ada yang program yang tidak relevan, bisa di edit dengan mudah dan di tambahkan kekurangannya.

Berdasarkan permendikbud NO 81A Tahun 2014, dijelaskan bahwa pemerintah tidak menghapus kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Artinya walaupun hampir semua satuan pendidikan sudah menggunakan sistem Kurikulum 2013, maka tetap di dalam Dokumen 1 ini sekolah diwajibkan menyusun KTSP.

CONTOH DOKUMEN 1 KTSP KURIKULUM 2013

gambar DOKUMEN 1 ktsp kurikulum 2013

Pada artikel ini izinkanlah saya menuliskan sedikit perbedaan dokumen 1 kurikulum 2006 dengan Kurikulum 2013 (K13). Yaitu terletak pada muatan kurikulum yang harus disesuaikan dengan permendikbud nomor 20, 21, 22, 23 dan 24 tahun 2016. Bagi bapak dan ibu guru yang ingin membuat dokumen 1, maka wajib mengetahui dan memahami isi permendikbud yang kami sebutkan tadi sebagai dasar membuat dokumen 1 KTSP kurikulum 2013 tahun ini.

Kurikulum SMPN 3 Rambang Dangku pada tahun pelajaran 2018/2019 menerapkan prinsip - prinsip pengembangan Kurikulum 2013. Adapun pengembangannya berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, berkarakter dan berbudi pekerti luhur dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab terhadap lingkungan. Pada kurikulum 2013 peserta didik diharapkan mempunyai ketrampilan abad 21 yang diistilahkan 4C yaitu Communication, collaboration, Critical Thinking and Problem Solving dan Creativity and Innovation). Penguasaan ketrampilan 4C ini sangat penting khususnya di abad 21, abad dimana dunia berkembang dengan cepat dan dinamis.

Untuk mewujudkan ketrampilan 4C itu diantaranya yaitu dengan adanya Integrasi PPK (Penguatan  Pendidikan Karakter) dalam pembelajaran terutama 5 karakter yaitu religiositas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong dan integritas serta Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang tidak hanya sekedar membaca dan menulis melainkan mencakup ketrampilan berpikir menggunakan berbagai sumber baik cetak, visual, digital dan auditori. Juga dalam pembelajaran menerapkan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) yaitu dalam pembelajaran memberikan pelatihan yang melatih kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitf yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi sehingga diharapkan peserta didik dapat bersaing dalam kancah dunia. Untuk mendukung pencapaian tujuan tersebut pengembangan kompetensi peserta didik disesuaikan dengan potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik serta tuntutan lingkungan yang berkarakter dan berbudi pekerti luhur, serta sesuai dengan visi SMP Negeri 3 Rambang Dangku.

Program Kerja sekolah dalam kurikulum ini kami bagikan dengan tujuan sebagai referensi saja dalam pembuatan dokumen 1. sebagaimana kita ketahui, Program Kerja Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan TK/SD/SMP/SMA . Sesuai dengan pengertian tersebut, Program Kerja Kurikulum 2019/2020berisi seperangkat rencana dan pengaturan tentang program yang dibakukan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional dan cara pencapaiannya disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan TK/SD/SMP/SMA.

Untuk lebih jelasnya berikut adalah contoh dokumen 1 KTSP kurikulum 2013 edisi terbaru tahun pelajaran 2019/2020 dalam format PDF dan tentu saja link download tersedia di bawah ini. Sedangkan untuk format DOC juga sudah kami sediakan.


Jangan lupa download juga : Juknis Penyusunan KTSP RA tahun 2019

Selengkapnya berikut link download dokumen 1 kurikulum 2013 tahun pelajaran 2019/2020 SMP DOC, UNDUH.

Untuk Dokumen 1 Kurikulum 2013 SMA, silahkan download DISINI.

uNTUK dokumen 1 ktsp kurikulum 2013 SD/Mi silahkan unduh disini.

Demikianlah artikel tentang Dokumen 1 KTSP Kurikulum 2013 terbaru tahun ini. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi.

0 Response to "Dokumen 1 Kurikulum 2013 Tahun 2019/2020 | Format DOC untuk SD SMP SMA SMK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel