Cara Menentukan KBM k13 + Aplikasi Hitung KKM kurikulum 2013 SMP Revisi Terbaru

Penetapan Ketuntasan Belajar Minimal (KBM) Kurikulum 2013 sudah seharusnya dibuat oleh guru per mata pelajaran secara mandiri. Mengapa demikian ? karena Pada semester 1 Ganjil Tahun 2019/2020 ini dokumen tersebut harus diserahkan kepada pengawas pembina. Sesuai dengan judul artikel dan untuk mempermudah bapak dan ibu guru akan saya bagikan contoh dan format aplikasi.

Nantinya dengan aplikasi hitung KKM k13 SMP ini para guru tinggal mengentrikan nilai Kompleksitas, Daya Dukung, dan Intake. Selanjutnya Nilai final KBM akan muncul secara otomatis.

aplikasi kkm k13 SMP revisi terbaru

Blog guru-id akan berbagi cara menghitung kkm kurikulum 2013 per indikator dengan aplikasi excel sesuai dengan revisi 2018. Aplikasi ini bisa digunakan satuan pendidikan SD SMP SMA dan SMK guna mempermudah menentukan Kriteria belajar Minimal (KBM) atau KKM Baik Semester 1 Ganjil maupun genap. Jika membutuhkan file lengkapnya bisa langsung menghubungi admin mellaui Kontak WA di nomor berikut : 085273216532.

Update Terbaru Cara Menghitung dan menentukan KKM Kurikulum 2013 dan KTSP TAHUN PELAJARAN 2017/2018 - FILE PDF DOWNLOAD DISINI

Ingin tahu cara hitung KKM K13 ? sebenarnya bisa saja menggunakan aplikasi excel karena akan mempermudah bapak dan ibu mendapatkan hasil perhitungan KKM secara mandiri dimulai dari nilai kriteria penentuan KKM, hasil kkm dalam aspek, jumlah KKM dalam bentuk KTSP sampai ke hasil Konversi kkm kurikulum 2013. Selain itu aplikasi ini kami khususkan untuk menghitung KKM SD kelas 1, 2, 4 dan 5, jika berminat silah unduh aplikasi serta pelajari cara penggunannya melalui tulisan dibawah

Dibawah ini kami bagikan terlebih dahulu panduan menentukan KKM dengan Aplikasi KKM Kurikulum 2013 SD. Selamat mencoba

  • Download terlebih dahulu aplikasinya disini
  • Buka aplikasi, pada halaman utama, gantilah nama sekolah, Kepala Sekolah, dan Guru kelas beserta NIP yang bersangkutan. Setelah selesai kita mulai dengan menghitung KKM kelas 1 SD.
  • Klik tombol "KKM Kelas 1"
  • gambar aplikasi KKM Kurikulum 2013
  • Pada halaman Perhitungan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM)anda tinggal mengeditnya sesuai dengan nilai KKM yang akan diterapkan. untuk nilai yang bisa anda edit adalah, KOmpleksitas, daya dukung, Intake siswa, Sikap, keterampilan dan Pengetahuan, nah nanti nilai KKM dan Konversi akan otomatis dihitung aplikasi
  • gambar nilai KKM Kurikulum 2013 SD

Baca juga: Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) Kurikulum 2013 Terbaru

Berikutnya untuk menentukan kkm kurikulum 2013 SMP silahkan ikuti langkah-langkah dibawah

Sahabat guru SMP untuk menetapkan nilai KKM setiap KD, guru bisa memberikan bobot berbeda untuk masing-masing aspek. selain itu bisa juga menggunakan poin/skor pada setiap kriteria yang ditetapkan. jelasnya silahkan lihat rumus berikut:

gambar rumus menentukan KKM Setiap KD

Jika KD memiliki kriteria kompleksitas tinggi, daya dukung tinggi dan intake peserta didik sedang, maka nilai KKM-nya adalah:
= 1 + 3 + 2 x 100 = 66,7
             9

Nilai KKM merupakan angka bulat, maka nilai KKM-nya adalah 67.
KKM mapel= Jumlah total KKM per KD: Jumlah KD

Berikut ini adalah contoh interval nilai dan predikat untuk KKM 75, silahkan lihat pnampakkan gamabar dibawah

Demikian tentang Cara Menghitung atau menentukan KKM Kurikulum 2013 bagi Guru SD, SMP, SMA, SMK Per indikator dan menggunakan Aplikasi excel. Semoga bermanfaat, akhir kata sekian dan terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel