Cara Mengatasi Gagal Login di Dapodik Versi 2016

Bagaimana cara mengatasi dapodik tidak bisa dibuka karena Gagal Login?. Sabahat guru-id, menurut admin pusat dapodik Edy Vanhoten melalui status fb nya yang blog guru-id kutip. Jika Pengguna melakukan pergantian autentikasi (reset login) sudah berhasil reset, sudah bisa login manajemen, sudah bisa berhasil generate prefil, sudah berhasil login pelaporan bos, sudah bisa login pembelian buku, dan semua yang terintegrasi SSO Dapodik, namun gagal login ke aplikasi apa sebabnya dan bagaimana solusinya..?

Baca juga tentang Cara Mendapatkan Kode Registrasi Dapodik V.2016


Problem ini disebabkan karena ada pengguna dengan email yang sama pada sekolah tersebut dan statusnya aktif namun paswordnya berbeda (disebabkan dahulu pernah melakukan registrasi berkali-kali dengan email yang sama namun password beda) sedangkan pada database dapodik sekolah hanya dibatasi 1 pengguna unik (1 username/email) sehingga ada kemungkinan pengguna dengan email yang baru saja direset itu tidak berhasil masuk karena problem duplikasi.

gambar gagal login dapodik versi 2016
Solusi Mengatasi Gagal Login di Dapodik Versi 2016
  • Lakukan penonaktifan pengguna untuk sekolah tersebut (oleh operator dapodik dinas kabupaten/kota) dan hanya menyisakan 1 pengguna aktif saja.
  • Solusi kedua adalah tambahkan pengguna baru dengan email BARU yang belum pernah digunakan sebelumnya (ditambahkan oleh operator pendataan dinas kab/kota).
  • Solusi ketiga ingat-ingat semua password yang pernah digunakan sebelumnya untuk registrasi aplikasi.

Demikian share Cara Mengatasi Gagal Login di Dapodik Versi 2016. Semoga bermanfaat bagi operator dapodik yang mengalami masalah serupa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel