Cara Mutasi & Menambahkan Kepala Sekolah Di dapodik 2021

Sobat data, jika anda mencari informasi tentang Cara Memutasikan dan mengganti kepala Sekolah lama dengan yang baru pada aplikasi dapodik versi 2021 d maka guru-id akan berbagi di laman ini.

gambar cara tambah kepala sekolah baru di dapodik 2021

Informasi ini berdasarkan pengalaman saya yang juga mengalami pergantian kepala sekolah sehingga mau tidak mau wajib melakukan mutasi dan mengganti dengan kepala sekolah yang baru.

Tugas ini harus mengikuti prosedur yang benar dan tentu saja sebagai petugas pendataan kita harus paham alur kerjanya. Sebenarnya caranya sangatlah mudah apalagi bagi rekan-rekan operator senior.

Oleh karena itu postingan ini guru-id tujukan kepada teman-teman operator pemula yang masih baru di dunia Dapodik:

Oke langsung saja pertama siapkan dokumen yang dibutuhkan seperti :

  1. Koneksi Internet
  2. SK Mutasi Kepala Sekolah
  3. Secangkir Kopi Panas
  4. Cemilan jika diperlukan

Setelah semua siap, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah

πŸ‘‰ Hubungi Operator Sekolah di tempat tugas kepala sekolah yang mutasi ke sekolah anda agar segera mengeluarkan kepala sekolah tersebut dengan prosedur berikut:

πŸ‘‰Pastikan saat kepala sekolah atau PTK yang dikeluarkan, di kolom tugas tambahan Terhitung selesai tugas (TST) sudah terisi sesuai SK mutasi

Tambah kepala Sekolah

πŸ‘‰ Melakukan tarik data kepala sekolah yang akan mutasi ke sekolah kita. Caranya lalu masuk ke portal sp datadik kemdikbud melalui alamat web berikut ini "https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/" atau login disini.

πŸ‘‰ Selanjutnya klik tombol "login menggunakan SSO" lalu ketikkan username dan password akun dapodik, jika dirasa sudah benar klik tombol masuk.

πŸ‘‰ Pada beranda sp datadik Klik menu Aplikasi, kemudian pilih "PTK", nah pada penugasan PTK di jenis pencarian silahkan pilih sesuai kebutuhan (Misal NIP)

πŸ‘‰ Pada form pencarian ketikkan NIP Kepala Sekolah yang akan ditambahkan ke sekolah yang bersangkutan lalu klik tombol "CARI"

πŸ‘‰Berikutnya silahkan klik icon tambah lalu pada notifikasi registrasi PTK klik tombol "Daftarkan". Selesai tinggal menunggu konfirmasi operator dinas.

πŸ‘‰ Setelah Dinas melakukan konfirmasi, silahkan buka aplikasi dapodik sekolah anda lalu pada beranda utama klik "Tarik data" agar perubahan di server pusat masuk ke lokal

πŸ‘‰ Langkah berikutnya di dapodik silahkan gunakan menu tukar pengguna untuk melengkapi data tugas tambahan kepala sekolah yang baru. Jika data telah sesuai lakukan sinkronisasi agar perubahan data berhasil masuk ke server.

VIDEO TUTORIAL

Begitulah cara saya memutasikan dan mengganti kepala sekolah lama dengan yang baru pada aplikasi dapodik versi 2021. Semoga bermanfaat dan dipahami, Apabila ada kesalahan dalam langkah-langkah diatas mohon untuk memberikan saran pada kolom komentar agar segera di perbaiki.

Mungkin dibutuhkan, DOWNLOAD APLIKASI DAPODIK VERSI 2021 D

11 Responses to "Cara Mutasi & Menambahkan Kepala Sekolah Di dapodik 2021"

  1. Gimana klo udah terlanjur masuk ke sekolah baru dan sekolah lama tdak menuliskan TST dan tidak mencetak TIDAK pada Sekolah Induk sehingga skrg ada 2 kepala sekolah dalam 1 sekolah

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertanyaannya bagus, nanti saya tanyakan dulu ke grup-grup

      Delete
  2. assalamualaikum, maaf saya mau tanya. saya mengalami kendala saat mutasi kepala sekolah. saya sudah isi tst kepala sekolah lama kemudian non iduk dicentang di penugasan dan sudah dikeluarkan. bahkan kepala sekolah yang dimutasi tersebut sudah masuk aplikasi dapodik di sekolah barunya, yang menjadi masalah ketika saya cek di info gtk kepala sekolah saya yang baru, ternyata kepala sekolah lama masih ada di sekolah saya di cek gtk nya. mohon solusinya

    ReplyDelete
  3. kok di dapodikdas nama kepala sekolah dalam ptk tidak ada ya ... padahal di dapodik sudah ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. edit nama ptknya kemudian jenis PTK pilih Kepala Sekolah

      itu solusi agar nama kepala Sekolah muncul di dapodik 2018

      Delete
  4. yuhuu...πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜†πŸ˜†
    terimakasih informasinya, sangat membantu sekali πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    ReplyDelete
  5. bagaimana jika kepala sekolah memiliki jabatan kepala sekolah di 2 unit. (Induk di SMA sebagai kepsek dan Non Induk Di SMK Sebagai Kpesek juga).?

    ReplyDelete
  6. ketika saya pilih ptk dari sekolah asal ternyata berhasil muncul nama ptk tersebut tapi saat saat klik panah biru untuk mutasi/ pindah ke sekolah tujuan.... tombol konfirmasinya nggak pernah muncul, jadi nggak bisa di konfirmasi pindah.... ini sudah saya lakukan berkali-kali, tetapi tombil konfirmasinya tetap tidak muncul..... gimana ya solusinya ? help please......

    ReplyDelete
  7. Mau tanya,salah seorang guru di sekolah saya mutasi,kemudian beberapa tahun kemudian diangkat sebagai kepsek di sekolah kami.Menurut admin Dinas kami boleh saja beliau diaktifkan kembali,tanpa harus tarik PTK.Tapi kenapa kepsek tidak mau muncul di aplikasi pmp,padahal di dapodik sudah sebagai kepsek dan sudah punya email.Bagaimana solusinya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. update aplikasi dapodik versi 2019 dan pmp versi 2018.08

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Jika ada informasi yang tidak jelas, iklan yang tidak pantas atau ingin ditanyakan, segera hubungi saya melalui laman kontak, insya allah akan ditanggapi secepatnya.

Penulis berharap, semoga informasi yang ditampilkan bisa menambah wawasan para pembaca

Iklan Tengah Artikel 2

Berita yang dinformasikan melalui halaman ini diharapkan memberikan manfaat lebih kepada seluruh pengunjung.

Jika ada informasi yang tidak jelas, iklan yang tidak pantas atau ingin ditanyakan, segera hubungi saya melalui laman kontak, insya allah akan ditanggapi secepatnya.

Iklan Bawah Artikel