Contoh SK Piket Guru SD, SMP, SMA dan SMK Format Word

Sahabat guru-id, persiapan kegiatan belajar mengajar (KBM) dimulai sebelum bel masuk sekolah berbunyi. sudah banyak aktifitas yang dilakukan oleh siswa dan guru untuk persiapan KBM setiap hari, terjalinnya kerjasama antara siswa, guru dan pegawai sekolah dimulai sejak tiba di sekolah hingga jam pulang sekolah untuk menunjang kelancaran dan kenyamanan lingkungan sekolah selama proses pembelajaran. hal ini menunjukkan adanya tanggung jawab atas semua tugas diembankan kepada masing-masing pihak dalam sebuah surat keputusan (SK). salah satu tugas tambahan guru selain tugas utama mengajar di kelas adalah berperan sebagai guru piket.

Berbicara mengenai tugas dan fungsi. guru piket bertanggung jawab terhadap kelancaran proses pembelajaran pada hari piket. namun pembagian guru piket tidak setiap hari biasanya satu atau dua hari saja setiap minggu, pembagian guru piket juga lebih dari satu guru karena tidak sedikit tugas yang harus dikerjakan diantaranya:

  • membantu peningkatan pelaksanaan 10K terutama kebersihan lingkungan sekolah
  • administrasi buku piket baik itu daftar kehadiran guru dan siswa atau izin keluar yang dilakuakan siswa dan guru
  • menertibkan kelas-kelas kosong yang tidak ada guru dan kegiatan dengan pemberian tugas.
  • mengawasi siswa sewaktu berada diluar kelas karena istirahat atau pergantian jam pelajaran
  • melaporkan kasus-kasus atau permasalah yang terjadi dan mengkoordinasikan kepada guru/pihak yang bersangkutan

selain itu juga guru piket diharuskan datang lebih awal untuk prsiapan ptoses KBM dan pulang lebih akhir untuk memastikan tidak ada permasalahan yang terjadi setelah proses KBM berakhir. penugasan guru piket dimuat dalam surat keputusan (SK) yang ditandatangani oleh kepala sekolah untuk karena satu tahun pelajaran atau satu semester karena SK Ini di kemudian hari bisa dijadikan sebagai bukti fisik sah untuk memperoleh angka kredit jabatan guru.

kali ini penulis akan membagikan contoh surat keputusan (SK) guru piket untuk SD, SMP, SMA dan SMK yang bisa bapak/ibu guru jadikan referensi di sekolah. silahkan dibagikan kepada rekan-rekan seprofesi yang lainnya yang sama membutuhkannya agar bisa bermanfaat dan lebih berkah :)

CONTOH SK PIKET GURU
gambar SK piket guru

Untuk File lengkap SK piket guru dalam bentuk Words Bisa di download melalui link berikut. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel