Panduan Dapodik 2016 Versi Revisi 30 Juli 2016 Pdf

Download Panduan Dapodik 2016 Versi Revisi 30 Juli 2016 Pdf - Sahabat guru-id, info ini merupakan kabar gembira bagi sahabat operator pendataan sekolah se-indonesia, pasalnya selain installer dapodik sudah bisa di unduh di web resmi dapodikdasmen, Panduan lengkap penggunaan Aplikasi dapodik v.2016 juga sudah bisa di download. Tim dapodik pusat sangat menyarankan sebelum mengerjakan dapodik V.2016 ini sebaikanya baca terlebih dahulu panduannya step by step agar tidak bingung saat pengerjaan. Untuk permasalahan yang berhubungan dengan dapodik silahkan baca FAQ dapodik yakni Tanya Jawab Seputar Dapodik 2016.

Sahabat Operator Sekolah yang berbahagia, Admin telah membaca panduan dapodik 2016 ini, dan menurut admin panduan yang dibuat oleh Dirjen Dikdasmen revisi ini sangat lengkap penjelasannya karena di tampilkan secara detil melalui penjelasan dan Screenshoot sebagai petunjuk sehingga akan lebih mudah dipahami pembaca. Selain itu Panduan ini dimaksudkan untuk memberikan kemudahan kepada operator dan warga sekolah yang hendak mengimplementasikan aplikasi Dapodik Versi 2016 secara mandiri di sekolah. Melalui panduan ini, diharapkan hal-hal yang terkait dengan materi seputar implementasi aplikasi Dapodik Versi 2016 dapat dipahami dan dimaknai dengan mudah. Penyusunan buku ini merupakan upaya strategis untuk memberikan kemudahan dalam memberikan informasi yang luas kepada operator tentang penggunaan aplikasi Dapodik Versi 2016 dalam bentuk panduan.

gambar Panduan Dapodik 2016 Versi Revisi 30 Juli 2016 Pdf

Berikut adalah daftar isi lengkap panduan dapodik versi 2016 yang bisa dipelajari oleh rekan-rekan ops.

DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ........................................................................ i
DAFTAR ISI ............................................................................ iii
BAB I INFORMASI UMUM .................................................................. 1
1.1 Penjelasan Aplikasi ............................................................... 1
1.2 UU ITE ............................................................................ 4
1.3 Peran dan Tanggung Jawab .......................................................... 5
1.4 Kerahasiaan Data .................................................................. 6
1.5 Spesifikasi Minimum Komputer (Hardware)............................................ 7
1.6 Spesifikasi Minimum Software (Operating System dan Browser) ............. 8
BAB II KETENTUAN UMUM ................................................................. 9
2.1 Kode Registrasi ................................................................... 9
2.2 Data Prefill ...................................................................... 9
2.3 Menjalankan Aplikasi .............................................................. 10
2.4 Validasi .......................................................................... 10
2.5 Kuncian Data ...................................................................... 11
2.6 Versi Aplikasi .................................................................... 11
BAB III INSTALASI APLIKASI DAPODIK .................................................... 13
3.1 Persiapan Instalasi ............................................................... 13
3.2 Langkah-langkah Instalasi Aplikasi Dapodik ........................................ 22
3.3 Registrasi Aplikasi Dapodik ....................................................... 27
3.4 Deinstalasi Aplikasi Dapodik ...................................................... 33
BAB IV PENGENALAN APLIKASI ............................................................ 37
4.1 Tampilan dan Navigasi ............................................................. 37
4.2 Daftar Perbaikan dan Pembaruan .................................................... 44
BAB V DESKRIPSI PERBAIKAN DAN PEMBARUAN ............................................... 47
5.1 Sekolah ........................................................................... 47
5.2 Sarana dan Prasarana .............................................................. 52
5.3 Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) ............................................ 68
5.4 Peserta Didik ..................................................................... 85
5.5 Tabel Rombongan Belajar ........................................................... 103
5.6 Validasi dan Sinkronisasi ......................................................... 134
5.7 PIP (Program Indonesia Pintar) ..................................................... 146
5.8 1 Aplikasi Untuk 2 Sekolah ......................................................... 148
5.9 Pemetaan Operator Sekolah yang Merangkap

BAB I Informasi Umum

1.1 Penjelasan Aplikasi

Dengan diterbitkannya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 79 Tahun 2015 tentang Data Pokok Pendidikan, Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah diberikan kewenangan untuk merancang prosedur pengumpulan data, melakukan sosialisasi dan membangun sistem pengumpulan dan penyimpanan data yang cepat dan efisien serta mengoordinasikan pengumpulan semua data pokok pendidikan dari satuan pendidikan yang berada di bawah pembinaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Pengumpulan data pokok pendidikan yang dimaksud yaitu meliputi pengumpulan, pengolahan, dan penyajian data dan informasi pembelajaran, sarana dan prasarana, kelembagaan, dan peserta didik jenjang SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB.

Seiring dengan diterbitkannya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 11 tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah terjadi penyatuan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah, menjadi Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Oleh karena itu, diperlukan rancangan mekanisme pendataan yang mengikat seluruh unit kerja terkait, sehingga terjadi integrasi menyeluruh atas aktivitas pendataan di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Upaya untuk mewujudkan pendataan yang terintegrasi ini dilakukan dengan membangun mekanisme dan aplikasi pendataan melalui satu pintu. Sistem pendataan berbasis teknologi infromasi yang dibangun oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah diberi nama Sistem Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah (DAPODIKDASMEN).

Aplikasi Dapodik Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah pada tahun ajaran 2016/2017 diberi nama Aplikasi Dapodik Versi 2016. Aplikasi Dapodik Versi 2016 ini dikemas dalam bentuk installer yang dapat digunakan oleh semua jenjang pendidikan di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah yaitu jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan Sekolah Luar Biasa (SLB).

Otoritas data pengguna (username dan password) dan penambahan data PTK baru pada Aplikasi Dapodik telah diberikan pada KK-DATADIK Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, sehingga jika terdapat pergantian operator sekolah dan/atau tambah PTK Baru, maka sekolah harus melapor dan berkoordinasi pada KK-DATADIK Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Data pengguna akan digunakan saat mengunduh data prefill dan proses registrasi Aplikasi Dapodik Versi 2016.

gambar panduan dapodik revisi 2016

Aplikasi Dapodik Versi 2016 disajikan dengan tranformasi tampilan baru yang lebih berwarna dari tampilan Aplikasi generasi sebelumnya. Menu Aplikasi yang sebelumnya terletak di atas kini disajikan di sisi kiri aplikasi serta jika diperlukan menu ini dapat disembunyikan. Sekolah juga dapat menampilkan foto sekolah dan operator sekolah melalui pengaturan menu profil pengguna.

Pendataan dengan aplikasi Dapodik Versi 2016 ini wajib dilakukan oleh seluruh satuan pendidikan di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Aplikasi Dapodik Versi 2016 digunakan untuk mendata 4 (empat) entitas data pokok pendidikan, yaitu: Data Satuan pendidikan, Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Peserta Didik, serta Substansi Pendidikan. Data pada Aplikasi Dapodik bersifat individual, maka keempat entitas data pokok pendidikan tersebut harus diisikan secara lengkap dan terperinci mencakup semua atributnya. Di dalam Aplikasi Dapodik Versi 2016 ini disediakan menu-menu yang mengakomodasi semua entitas data pokok pendidikan beserta prosedur transaksional secara periodik.

Pola input data masih dipertahankan sama dengan Aplikasi generasi sebelumnya. Namun untuk validasi data menjadi lebih ketat khususnya validasi data yang terkait dengan data PTK. Pengiriman data masih menggunakan sistem pengiriman 2 arah yakni melalui metode sinkronisasi data.

Untuk mendukung implementasi Aplikasi Dapodik Versi 2016 agar berjalan dengan baik, maka Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah menyusun Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodik Versi 2016. Buku ini dapat menjadi panduan sekolah dalam implementasi pendataan Dapodik, dan menjadi pedoman bagi petugas operator sekolah dalam melaksanakan peran dan tugasnya dalam input data dan operasional Aplikasi Dapodik Versi 2016.

BERSAMBUNG....

LANJUTKAN MEMBACA PANDUAN PENGGUNAAN DAPODIK VERSI 2016 REVISI.PDF - KLIK DISINI

Demikian share Panduan Penggunaan Dapodik 2016 Versi Revisi 30 Juli 2016 Pdf. Semoga bermanfaat dan membantu rekan-rekan operator sekolah. Jika dibutuhkan anda dapat mengunduh SK TIM Sekolah Aman Untuk Pengisian Dapodik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel