Modul pelatihan penguatan pendidikan karakter (PPK) sekolah tahun 2017

Sahabat Guru Indonesia. Penguatan pendidikan karakter (PPK) yang memiliki mooto “senang belajar di rumah kedua” merupakan program pendidikan yang dilaksanakan sekolah untuk memperkuat karakter siswa melalui harmonisasi oleh hati, oleh rasa, ole pikit dan oleh raga dengan melibatkan publik dan kerja sama anatara sekolah, keluarga dan masyarakat yang merupakan bagian dari gerakan nasional revolusi mental (GNRM). Dilaksanakannya penguatan pendidikan karakter (PPK) ini berkepentingan dalam pembangunan SDM merupakan pondasi pembangunan, keterampilan abad 21 yang dibutuhkan siswa: kualitas karakter, literasi dasar, dan kompetensi 4C, guna mewujudkan keunggulan bersaing generasi emas 2045, serta kecenderungan kondisi degredasi moralitas, etika dan budi pekerti.


Dalam pelaksanaan penguatan pendidikan karakter (PPK) ada 3 prinsip pengembangan dan implemantasi yaitu pertama prinsip pengembangan yang terbagi dalam 10 prinsip diantaranya: prinsip nilai-nilai moral, pendekatan sinkronisasi, pendekatan integral, terukur dan objektif, pelibatan publik, kearifan lokal, keterampilan abad 21, revolusi mental, adil dan inklusif serta prinsip evolusi program. Kedua prinsipimplementasi dan prinsip ketiga yaitu prinsip evaluasi.

Program Penguatan pendidikan karakter (PPK) ini bermanfaat untuk penguatan karakter siswa dalam mempersiapkan daya saing siswa dengan kompetensi abad 21 yaituberpikir kritis kreativitas, komunikasi daan kolaborasi. Pembelajaran dilakukan terintergrasi di sekolah dan di luar sekolah dengan pengawasan guru. Pada pelaksanaan penguatan pendidikan karakter (PPK) revalitas peran kepala sekolah sebagai manager, guru sebagai inspirator PPK, dan komite seolah sebagai badan gotong royong sekolah serta partisipasi masyarakat. Sedangkan keluarga berperan sebagai penguat melalui kebijakan pembelajaran 5 hari.


GAMBAR Modul pelatihan penguatan pendidikan karakter (PPK) sekolah tahun 2017

Download Modul pelatihan penguatan pendidikan karakter (PPK) sekolah tahun 2017

Untuk lebih jelas tentang penjelasan program penguatan pendidikan karakter (PPK) sekolah tahun 2017 kali ini kami bagikan modul pelatihan program PPK sekolah tahun 2017 yang mungkin bapak dan ibu guru butuhkan dan bisa digunakan di sekolah. semoga bermanfaat

Demikian share Modul pelatihan penguatan pendidikan karakter (PPK) sekolah tahun 2017 yang bisa admin bagikan. Semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel