11 Teknik Mengajar Guru Masa Kini & 7 Karakter Guru Hebat

Teknik Pembelajaran Abad 21 - Guru merupakan salah satu profesi yang dianggap sulit dijalani karena Sebagai guru yang yang berada pada era sekarang yang dituntut memiliki pembaharuan dalam segala hal termasuk dalam hal teknik mengajar ada baiknya kita berbagi teknik mengajar yang digunakan guru masa kini. sebelumnya admin ingin menjelaskan sedikit tentang pengertian teknik mengajar.

Adapun teknik pembelajaran dapat diatikan sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik. Misalkan, penggunaan metode ceramah pada kelas dengan jumlah siswa yang relatif banyak membutuhkan teknik tersendiri, yang tentunya secara teknis akan berbeda dengan penggunaan metode ceramah pada kelas yang jumlah siswanya terbatas. Berikut kami bagikan 11 Teknik Mengajar Guru Masa Kini (pembelajaranabad 21 ) melalui tulisan dibawah. Selamat membaca

1. Creative
gambar teknik mengajar guru masa kini kreatif

Sebagian guru mengharapkan bahkan mengharuskan siswa berpikir kreatif, tapi pernahkah guru berpikir awal tombak seorang siswa menjadi kreatif adalah dari seorang guru. Seorang siswa terpacu untuk menjadi kreatif setelah siswa memperhatikan bagaimana seorang guru menjadi kreatif di depan para siswanya. Termotivasi menjadi kreatif setelah siswa berpikir dan ingin menjadi kreatif seperti gurunya. Sebagai sorang guru yang menjadi panutan dan bahkan guru sering disebut diguguh dan ditiru merupakan parameter bagaimana kecerdasan siswa atau kreatif siswa dilihat dari seberapa cerdas dan kreatifnya guru yang mengajar mereka.

2. Giving and receiving
gambar teknik mengajar guru masa kini 2017

Karena tidak ada manusia yang sempurna di dunia, maka begitu juga dengan siswa tidak ada siswa yang sempurna kecerdasannya dan tidak ada guru yang sempurna dalam segala hal. Antara siswa dan guru harus saling memahami karakter masing-masing sehingga tidak terjadi kesalahpahaman antara keduanya. Sebagai seorang guru harus memahami setiap karakter siswa yang diajarnya, menghadapi setiap siswa dengan cara yang berbeda-beda karena setiap siswa memiliki kekurangan masing-masing yang harus dimaklumi oleh guru.

3. Overt/extroverted
gambar Teknik Mengajar Guru Masa Kini

Ada pentingnya jika diantara siswa dan guru saling terbuka satu sama lain, artinya siswa diharapkan selalu berkata jujur dalam segala hal jika berhadapan dengan guru. Misalnya lebih jujur ketika mereka tidak memahami materi pembelajaran yang guru jelaskan sebelumnya sehingga guru tidak marah jika menyuruh siswa mengulangi pelajaran sebelumnya. Sifat keterbukaan berkaitan dengan komunikasi yang baik antara guru dan siswa agar menunjang proses pembelajaran terlaksana sesuai harapan.

4. Teaching questioner center

Merasa dihargai merupakan salah satu kunci menjadi nyaman ketika diajar oleh seorang guru, artinya siswa merasa dianggap ada dan ikut terlibat dalam proses pembelajaran, bukan hanya menjadi seonggok manusia yang duduk atau tertidur dalam suatu ruangan.

Siswa merasa bangga dan dihargai ketika dia memanggil atau bertanya kepada guru dan mendapat perlakuan atau feedback yang baik dari seorang guru, dengan adanya tanggapan dari guru siswa akan merasa diperhatikan dan terpacu untuk menanyakan hal baru kepada guru.

Sebagai seorang guru haruslah menjadi pendengar dan mesin penjawab yang baik bagi siswa

5. The questioner

Menjadi penjawab yang baik tentunya juga harus menjadi penanya yang baik. Parameter proses pembelajaran berhasil adalah siswa mampu mencapai tujuan pembelajaran dengan mampu menjawab segala hal yang berkaitan dalam materi pembelajaran. Salah satu teknik pembelajaran yang ampuh dang sering dilakukan oleh guru adalah dengan sering melontarkan pertanyaan kepada siswa, terutama kepada siswa yang tegolong mempunyai kemampuan daya ingat yang lemah karena dengan diajukan pertanyaan para siswa akan merasa terpacu untuk mencari jawaban atas pertanyaan yang dilontarkan oleh guru.

Bukan hanya bertanya dalam ruang lingkup pembelajaran, seorang guru juga boleh bertanya mengenai keadaan siswa agar terjalin komunikasi yang baik antara guru dan siswa.

6. Sharing

Ilmu, pengetahuan, perkembangan zaman, pembaharuan dunia merupakan hal yang selalu menarik menjadi topik perbincangan antara guru dan siswa. Ilmu pengetahuan yang termuat dalam buku yang dihubungkan dengan perkembangan/penemuan baru yang terkait dengan materi pembelajaran yang sedang dibahas merupakan makanan lezat yang disenangi oleh siswa karena siswa merasa mendapatkan informasi yang baru bukan hanya informasi dari buku yang baku tetapi juga pengetahuan baru yang didapatkan dari guru.

Seorang guru dituntut untuk selalu update dan mengetahui pembaharuan ilmu pengetahuan yang sedang berkembang sekarang. Sehingga pengetahuan siswa semakin berkembang sesuai dengan perkembangan jaman.

Berbagi ilmu merupakan tugas utama bagi seorang guru namun berbagi pengalaman dan solusi dari permasalahan hidup juga diperbolehkan selama itu mampu membentuk karakter baik bagi siswa. artinya selain mencerdaskan otak siswa seorang guru juga mampu membentuk karakter baik dari seorang siswa.

7. Information technology (IT)
gambar ilmu teknik mengajr guru

Information technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apapun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan, dan/atau menyebarkan informasi. Hal ini juga berlaku dalam duani pendidikan dan ilmu pengetahuan. Seorang guru harus menjadi guru kekinian yang paham teknologi demi menunjang pemabaharuan ilmu pengetahuan dan pengembangan teknik mengajar. Bukan hanya mengandalkan buku, papan tulis dan spidol tapi mampu mengaplikasikan materi pembelajaran dengan pemanfaatan komputer, proyektor dan internet. Hal ini kemungkinan akan membangkitkan minat belajar siswa karena penggunaaan teknik pengajaran berbeda yang membuat bersemangat berada di kelas atau ruang belajar. dengan penggunaan komputer dan proyektor bukan hanya memperlihatkan tulisan namun dikombinasikan dengan gambar (visual), suara (audio, musik, instrumen) dan contoh nyata dari video.

8. Focus on learning materials

Memfokuskan proses pembelajaran pada tujuan pembelajaran merupakan hal penting yang harus dilakukan guru pada saat di kelas. Terkadang seorang guru yang memberikan materi pembelajaran lupa dengan tujuan seorang guru datang ke kelas. Sebuah insiden atau kejadian atau bahkan pada saat meberikan sebuah contoh dari materi menjadi alasan seorang guru melupakan tujuan mereka menyampaikan materi pembelajaran. Oleh karena itu penting bagi seorang guru menuliskan atau memberikan point-pont pembalajaran pada slide pembelajaran sehingga secara tidak langsung mengingatkan materi apa saja yang harus dicapai pada proses pembelajaran.

Teknik Mengajar Guru Masa Kini - download dokumen word

9. Repeat things hard

Hal yang sering dilakukan siswa ketika mereka tidak paham dengan suatu materi adalah dengan diam atau bahkan meninggalkan materi yang mereka anggap sulit dipahami. Inilah pentingnya seorang guru mengetahui materi-materi pembelajaran yang dianggap sulit dan sulit dipahami oleh siswa. seorang guru tidak boleh segan menanyakan kepahaman siswa terhadap suatu materi dan para siswa diharapkan tidak takut mengakui ketidakpahaman mereka pada materi yang sulit.

Mengulangi materi pembelajaran yang sulit sampai semua siswa memahami mater sulit tersebut merupakan solusi terbaik dari permasaahan ini. Seperti yang dibahas sebelumnya antara siswa dan guru haruslah saling memahami, terbuka, bertanya dan sharing agar ketika terdapat permasalahan bisa diselesaikan dengan berbagai solusi dan proses pembelajaran berjalan baik.

10. Discussion

Trik diskusi adalah salah satu teknik yang sering digunakan oleh guru untuk menguji kemampuan verba siswa sekaligus menimbulkan rasa percaya diri siswa untuk tampil di depan kelas. Teknik ini cukup ampuh untuk memancing bakat terpendam yang dimiliki oleh siswa. pada awalnya siswa akan sangat malu untuk tampil dan mengekplor kecerdasannya namun seiring berjalannya diskusi siswa akan terbiasa tampil dan berbicara di khalayak ramai, dengan timbulnya rasa percaya diri siswa tidak akan ragu-ragu lagi untuk memperlihatkan kemampuannya dalam segala hal.

Diskusi kelas bukan hanya kegiatan berdikusi antara beberapa siswa dalam satu kelompok namun pada akhirnya akan mempresentasikannya di depan kelas bahkan di depan semua siswa di sekolah. Bukan hanya berdiskusi satu bahasan mata pelajaran dalam bentuk materi yang akan ditampilkan dalam bentuk slide powerpoint namun dalam hal praktek misalnya seni, olahraga, bahkan strory telling hal ini juga bisa diterapkan.

11. Motivator

Seorang guru yang katanya adalah supersmart karena guru dituntut cerdas dan mengetahui segala hal yang ditanyakan siswa tentang ilmu pengetahuan, selain itu seorang guru juga harus menjadi superangel yang selalu memberikan contoh baik, nasehat baik hingga motivasi-motivasi super untuk membentuk karakter baik pada siswa di sela-sela waktu belajar atau proses pembelajaran berlangsung.

Hal ini bukan disebut tugas tambahan melainkan tugas utama seorang guru karena sangat sulit sekali mendekati siswa yang secara mental sulit untuk diubah sifat buruk siswa. sebagai sorang guru harus menyentuh hati siswa terlebih dahulu sebelum menyentuh otaknya, menundukkan tabiat buruk siswa dahulu baru menundukkan pikiran siswa. ketika tabiat buruk dan hati siswa telah berubah menjadi baik kemungkinan besar proses pembelajaran akan berjalan lancar.

7 Karakter Guru Hebat

Sahabat guru, dikutip dari artikel kompasiana Guru yang berkualitas akan memiliki karakter yang baik, yang mana perilakunya dapat ditiru oleh peserta didik. nah berikut ini adalah tujuh karakter guru hebat yang bisa kami tuliskan.

  1. Mampu melaksanakan tugas keprofesian, shg menjadi guru yg memesona;
  2. Mampu merumuskan indikator pencapaian kompetensi yg HOTS;
  3. Menguasai materi ajar yg bermakna (what, why, how);
  4. Mampu merancang pembelajaran yg mengintegrasikan TIK;
  5. Mampu menerapkan pemanfaatan TIK dlm pembelajaran, shg siswa memiliki keterampilan 4C;
  6. Bisa mengevaluasi masukan, proses, & hasil belajar (meningkatkan pembelajaran berdasarkan hasil penilaian);
  7. Dapat menjadi guru yg terus mengembangkan diri secara berkelanjutan (spt melalui penelitian, mencari inovasi baru, dsb). (Sumber: Dr. Praptono, M.Ed (Direktur PG Dikdas)

Demikian 11 Teknik mengajar guru masa kini yang bisa kami tuliskan melalui blog pendidikan ini. Semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel