RPP k13 SD/Mi Kelas 1, 2, 3, 4, 5 & 6 Semester 1 dan 2 Revisi

Rencana pelaksanaan Pembelajaran disingkat RPP terdiri dari KTSP dan Kurikulum 2013 (K13). Yang akan viter share di postingan ini adalah tentang RPP k13 SD. Bagi guru yang mengajar di sekolah dasar yang sudah menerapkan sistem pembelajaran Kurikulum 2013, maka wajib menyusun perangkat mengajar k13 sesuai panduan terbaru.

GAMBAR RPP K13 SD KELAS 1 SD 6 REVISI

Perubahan atau revisi terbaru pada RPP kurikulum 2013 SD terletak pada kegiatan pembelajaran. Untuk membuat rpp k13, guru harus menyusunnya berdasarkan buku tematik kemendikbud revisi 2017 (khusus kelas 1,2,4 dan 5) dan revisi 2018 (khusus kelas 3 dan 6). Tetapi sebelum membuat RPP terlebih dahulu guru harus menyelesaikan penyusunan Silabus.

Selengkapnya Download Silabus kurikulum 2013 SD Revisi terbaru

Kegiatan pembelajaran kreatif harus dimuat dalam Kegiatan Pembelajaran RPP k13 Misalnya pembelajaran abad 21 yang melibatkan kegiatan yang menstimulus pola pikir siswa yaitu berpikir tingkat tinggi atau HOTS, 4C, Literasi dan Penguatan Karakter (PPK).

Kegiatan Pembelajaran Abad 21 Pada RPP Kurikulum 2013

Pertama, berikut adalah poin penting atau penejelasan singkat Perbedaan RPP K13 Edisi Revisi 2018 Dengan RPP K13 Revisi 2017. Kurikulum 2013 sekarang sudah direvisi lagi untuk tahun 2017. Revisi K13 Tahun 2017 tidak terlalu signifikan, namun perubahan di fokuskan untuk meningkatkan hubungan atau keterkaitan antara kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD).

Sedangkan dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) K13 revisi 2017, yang dibuat harus muncul empat macam hal yaitu; PPK, Literasi, 4C, dan HOTS sehingga perlu kreatifitas guru dalam meramunya.

Perbaikan atau revisi Kurikulum 2013 tahun 2019 Adalah sebagai berikut :

Mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Mengintegrasikan literasi; keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative);

Mengintegrasikan HOTS (Higher Order Thinking Skill).

Gerakan PPK perlu mengintegrasikan, memperdalam, memperluas, dan sekaligus menyelaraskan berbagai program dan kegiatan pendidikan karakter yang sudah dilaksanakan sampai sekarang. Pengintegrasian dapat berupa :

  • Pemaduan kegiatan kelas, luar kelas di sekolah, dan luar sekolah (masyarakat/komunitas);
  • Pemaduan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler;
  • Pelibatan secara serempak warga sekolah, keluarga, dan masyarakat;
Perdalaman dan perluasan dapat berupa:
  • Penambahan dan pengintensifan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pengembangan karakter siswa,
  • Penambahan dan penajaman kegiatan belajar siswa, dan pengaturan ulang waktu belajar siswa di sekolah atau luar sekolah;
  • Penyelerasan dapat berupa penyesuaian tugas pokok guru, Manajemen Berbasis Sekolah, dan fungsi Komite Sekolah dengan kebutuhan Gerakan PPK.
Penjelasan Singkat tentang Gerakan Literasi Sekolah

Pengertian Literasi dalam konteks Gerakan Literasi Sekolah adalah kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik.

Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Literasi dapat dijabarkan menjadi ;

  1. Literasi Dini (Early Literacy),
  2. Literasi Dasar (Basic Literacy),
  3. Literasi Perpustakaan (Library Literacy),
  4. Literasi Media (Media Literacy),
  5. Literasi Teknologi (Technology Literacy),
  6. Literasi Visual (Visual Literacy).

Keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation).

Inilah yang sesungguhnya ingin kita tuju dengan K-13, bukan sekadar transfer materi. Tetapi pembentukan 4C. Beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Abad 21, abad di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. Penguasaan keterampilan abad 21 sangat penting, 4 C adalah jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill.

Higher Order of Thinking Skill (HOTS) adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Contoh RPP k13 SD

Agar mudah dalam penyusunan RPP k13 SD sehingga dipahami oleh bapak dan ibu guru, berikut viter bagikan format rencana pelaksanaan Pembelajaran kurtilas SD revisi terbaru semester 1 dan 2.

Perlu diketahui bahwa SELAIN CONTOH rpp K13 viter JUGA menyediakan file lengkap perangkat pembelajaran k13 SD termasuk RPP dan administrasi lainnya. Semuanya dikemas dalam format word. Bisa didapatkan dengan menghubungi saya ke nomor Whats apps (085273216532).

RPP k13 kelas 1 SD revisi Tahun 2019

Berikut viter contohkan format rpp k13 kelas 1 sd semester 1 tema 1 subtema 1 pembelajaran 1 ( Diriku ).

GAMBAR RPP K13 SD KELAS 1

Selanjutnya berikut adalah contoh kegiatan pembelajaran abad 21 pada rpp k13 kelas 1 sd revisi terbaru yang membuat 4C.

B. Ayo Mencoba

1. Pada awal pelajaran, guru memberi salam dan mengucapkan selamat datang kepada siswa.

2. Guru menyapa beberapa siswa dan menanyakan namanya. (Communication)

3. Guru lalu menanyakan, “Apakah kalian sudah berpamitan kepada orang tua masing-masing saat hendak ke sekolah?” (lihat buku siswa halaman 2) “Bagaimana cara kalian berpamitan dengan orang tua?”

4. Guru menerima jawaban siswa yang beragam. Ada yang mengucapkan salam saja, ada yang mengucapkan salam sambil mencium tangan, dan ada juga yang tidak berpamitan dengan orang tua.

5. Guru menyampaikan kepada siswa pentingnya berpamitan kepada orang tua. Guru meminta siswa agar esok berpamitan kepada orang tua saat hendak pergi ke sekolah.

6. Setelah itu, guru mengajak siswa untuk saling berkenalan.

7. Guru menunjukkan cara berkenalan. (guru mencontohkan seperti yang dilakukan Edo dan Beni di buku siswa halaman 3)

8. Kemudian siswa diajak untuk saling berkenalan melalui sebuah permainan lempar bola dan guru menjelaskan aturan bermainnya. (siswa diminta membentuk posisi melingkar, boleh duduk atau berdiri, lalu guru mencontohkan cara melempar dan menangkap bola dengan tepat).

9. Permainan dimulai dari guru dengan memperkenalkan diri, “Selamat pagi, nama saya Ibu/Bapak...biasa dipanggil Ibu/Bapak... kemudian, melempar bola pada salah satu siswa (melempar bola dengan pelan, hindari dengan keras)

10. Siswa yang menangkap lemparan bola harus menyebutkan nama lengkap dan panggilannya. Kemudian dia melempar bola kepada teman yang lain. Teman yang menangkap lemparan bola, juga menyebutkan nama lengkap dan panggilannya.

11. Demikian seterusnya hingga seluruh siswa memperkenalkan diri.

Selengkapnya ===> Download RPP k13 SD kelas 1 Revisi terbaru.

RPP k13 kelas 2 SD revisi

Berikut viter contohkan format rpp k13 kelas 2 sd semester 1 tema 1 subtema 1 pembelajaran 1 ( Hidup rukun ).

GAMBAR RPP K13 SD KELAS 2
Ayo Mengamati

 Siswa menyimak teks cerita pada Buku Siswa yang dibacakan guru.

 Siswa memperhatikan ungkapan yang ada pada teks bacaan.

 Ketika guru membaca teks, hendaknya guru memberi penekanan pada kalimat yang menggunakan ungkapan.

 Contoh ungkapan pada teks tersebut adalah buah tangan dan buah hati.

 Siswa menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks cerita. (Mandiri)

 Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai arti ungkapan yang terdapat pada teks.

 Siswa menyebutkan ungkapan dan arti ungkapan yang terdapat pada teks cerita.

Ayo Berlatih

 Siswa membaca kalimat yang terdapat pada teks percakapan.

 Siswa menyebutkan ungkapan yang terdapat pada kalimat tersebut.

 Siswa bersama dengan teman di sebelahnya melanjutkan percakapan yang terdapat pada buku.

 Siswa diberi keleluasaan untuk menyusun kalimat berdasarkan teks cerita yang sudah dibacanya. (Creatiivity and Innovation)

Selengkapnya ===> Download RPP k13 SD kelas 2 Revisi terbaru.

RPP k13 kelas 3 SD revisi 2018

Berikut viter contohkan format rpp k13 kelas 3 sd semester 1 tema 1 subtema 1 pembelajaran 1 ( Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup ).

gambar rpp k13 sd kelas 3 revisi
Ayo Bernyanyi

• Siswa dikenalkan dengan lagu Cicak di Dinding.

• Siswa mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup yang ada pada teks lagu.

• Siswa mengamati guru menyanyikan lagu Cicak di Dinding.

• Siswa mengamati tanda dan yang ada pada syair lagu.

• Jika ada tanda artinya menyanyi dengan bunyi pendek.

• Jika ada tanda artinya menyanyi dengan bunyi panjang.

• Misalnya : ci-cak-ci-cak-di-din-diiing.

• Siswa berlatih menyanyi secara bergantian. (Mandiri)

• Guru menyampaikan bahwa lagu Cicak di Dinding termasuk lagu yang memiliki pola irama sederhana. Karena pola lagu di setiap baris hampir sama.

• Siswa diminta mengamati baris lagu yang memiliki pola sama dan pola yang berbeda. (Critical Thinking and Problem Formulation)

Selengkapnya ===> Download RPP k13 SD kelas 3 Revisi terbaru.

Selanjutnya untuk RPP kurikulum 2013 SD/mi kelas 4,5, dan 6 silahkan download melalui tautan yang admin sematkan dibawah ini.

1. DOWNLOAD RPP KELAS 4 K13 SD REVISI

2. DOWNLOAD RPP KELAS 5 K13 SD REVISI

3. DOWNLOAD RPP KELAS 6 K13 SD REVISI

Demikianlah informasi tentang RPP k13 SD edisi revisi terbaru Tahun ini. Semoga bisa digunakan untuk menyusun perangkat mengajar bapak dan ibu guru. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel