Hasil Seminar SIM PKB tentang Penilaian Sikap, Keterampilan, nilai akhir, dan Mapel Yang belum ada

Sahabat guru Indonesia, khususnya rekan-rekan yang saat ini sedang bertanya-tanya mengenai kelanjutan Komunitas SIM PKB. Pada posting kali ini blog guru-id.com akan mengulas beberapa informasi penting mengenai hasil Hasil Seminar SIM PKB yang dilaksanakan pada tanggal 11 Juli 2017 di Pasca Sarjana Uhamka. Kiranya artikel ini perlu disebarkan kepada rekan-rekan guru pembelajar yang belum mengetahuinya. Untuk lebih jelasnya silahkan baca!

gambar hasil seminar sim PKB 2017
HASIL SEMINAR SIM PKB LENGKAP - DOWNLOAD DISINI

1. Setiap guru wajib masuk ke dalam. Komuniats pokja, sehingga mempermudah peningkatan kompetensi guru pada masa yang akan datang. Guru yang tidak masuk dalam komunitas akan tersingkir dengan sendirinya.

2. Setiap ketua komunitas akan diberikan akun untuk bertugas menshare ke anggota komunitas, sehingga setiap nama nama annggota akan terimput dalam wadah komunitas pokja. Pastikan bahwa bapak ibu guru sudah masuk dan terdaftar dalam. Komunitas yang berada di bawah kendali Sudin masing masing wilayah.

3. Untuk kepala sekolah, juga wajib masuk dalam komunitas pokja mata pelajaran dan masuk dalam pokja Komunitas kepala sekolah MKKS. Meskipun kepala sekolah sebagai jenjang karir yang nantinya tidak akan diberikan beben mengajar. Namun agar apabila sudah tidak menjadi kepala sekolah, ybs tetap terdaftar dalam komunutas guru mata pelajaran. Maka kepala sekolah tetap diharuskan masuk dan daftar di komunitas Guru mata pelajaran, serta masuk dalam komunitas kepala sekolah.

4. Untuk guru mata pelajaran Agama, sementara sedang dibicarakan dan dikoordinasikan dalam pelaksanaan UKG. Dimohon sabar menunggu hasil pembicaraan antara kementrian pendidikan dan kebudayaan dengan kementrian agama.

5. Untuk Mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan, diharapkan dapat masuk ke dalam komuniats dan dalam UKG menyesuaikan dengan mapel komunitas atau sesuaikan dengan mapel sertifikasinya. Sedangkan untuk Bahasa Asing selain bahasa Inggris, masuk ke dalam komunitas Bahasa Asing, dan saat UKG juga sesuaikan dengan mata pelajaran dalam sertifikasi, misal bahasa jepang. Masuk komunitas MGMP Bahasa Asing dan saat UKG dan PKB tetap melaksanakan ujian dan belajar mata pelajaran bahasa Jepang

6. Proses PKB di DKI akan dilakukan dengan sistem daring murni tatap muka. Yang akan dilaksanakan mulai akhir Juli atau awal Agustus. Maka kepada guru yang belum Masuk daftar dan verval di komunitas pokja. Diharpkan segera laksanakan. Paling lambat tanggal 16 Juli 2017. Karena mulai tanggal 17 Juli mulai ada pelaksanaan pembagian kelas PKB. Pembagian kelas akan dapat dilakukan bila guru mapel telah masuk dan terdaftar dalam SIM PKB.

7. Apabila ada guru salah masuk dalam komunitas mapelnya, maka pada saat pelaksanaan UKG nanti akan secara otomatis dikeluarkan dari sistem. Sehingga guru yang merasa sudah daftar namun salah masuk. Tidak akan dapat mengikuti UKG.

8. Pelaksanakan PKB terdapat penilaian, yaitu penilaian sikap (NS). Penilaian ketrampilan ( NK) dan Nilai Akhir (NA) Nilai akhir merupakan nilai rerata dari tes awal dan tes akhir.

Predikat Nilai
Sangat baik 91-100
Baik. 81-90
Cukup. 70-80
Kurang. Dibawah 70
Dan dinyatakan tidak tuntas.

Untuk mata pelajaran yang belum ada komunitasnya, misal. Prakarya atau mulok, silahkan di data anggotanya dan laporkan ke sudin. Nanti sudin akan membuat akun pokja mata pelajaran tersebut.

Untuk. Mata pelajaran yang anggotanya sedikit kurang dari 8 orang per wilayah, nanti kementrian akan menentukan pokja rayon yang anggotanya guru dari berbagai propinsi digabung menjadi satu.

Akan ada undangan untuk pengurus MGMP wilayah masing masing dalam rangka tindak lanjut sosialisasi SIM PKB.

Direncanakan untuk untuk Guru yang mendapatkan tugas sebagai IN PKB, diberikan tambahan beban ngajar 12 jam. Sedangkan kepala sekolah menunggu juknis tidak dibebankan untuk Mengajar.

Demikianlah share tentang Hasil Seminar SIM PKB Agar Masuk Dalam Komunitas dan predikat nilai yang perlu diketahui oleh rekan-rekan guru indonesia. Semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel