ki dan kd Matematika kelas 7 kurikulum 2013 SMP Revisi 2017

Berbeda dengan mata pelajaran agama dan pkn, ki kd matematika smp kurikulum 2013 hanya ada 2 (dua) kompetensi. Yang pertama Kompetensi inti 3 Pengetahuan dan kedua kompetensi 4 keterampilan.

Bagi bapak dan ibu guru mata pelajaran matematika kelas 7, sebagai persiapan pengisian e-rapor SMP kurikulum 2013, agar anda tidak kesulitan mencari KI dan KD untuk pengolahan nilai rapor semester 1 & 2 Tahun pelajaran 2017/2018.

Berikut kami bagikan secara lengkap ki dan kd k13 revisi 2017 SMP yang tersedia juga dalam format Pdf dan Word bisa di download melalui tautan yang kami sematkan dibawah.


gambar ki dan kd Matematika kelas 7 kurikulum 2013 SMP Revisi 2017
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

1. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, Teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KOMPETENSI DASAR

3.1. menjelaskan dan menentukan urutan pada bilangan bulat (positif dan negatif) dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen)

3.2. menjelaskan dan melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi

3.3. menjelaskan dan menentukan representasi bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bulat positif dan negatif

3.4. menjelaskan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan, dan melakukan operasi biner pada himpunan menggunakan masalah kontekstual

3.5. menjelaskan bentuk aljabar dan melakukan operasi pada bentuk aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian)

3.6. menjelaskan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dan penyelesaiannya

3.7. menjelaskan rasio dua besaran (satuannya sama dan berbeda)

3.8. membedakan perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan menggunakan tabel data, grafik, dan persamaan

3.9. mengenal dan menganalisis berbagai situasi terkait aritmetika sosial (penjualan, pembelian, potongan, keuntungan, kerugian, bunga tunggal, persentase, bruto, neto, tara)

3.10. menganalisis hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal

3.11. mengaitkan rumus keliling dan luas untuk berbagai jenis segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga

3.12. menganalisis hubungan antara data dengan cara penyajiannya (tabel, diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran)

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

2. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

4.1. menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan urutan beberapa bilangan bulat dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen)

4.2. menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan

4.3. menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bulat positif dan negatif

4.4. menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan dan operasi biner pada himpunan

4.5. menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bentuk aljabar dan operasi pada bentuk aljabar

4.6. menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel

4.7. menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rasio dua besaran (satuannya sama dan berbeda)

4.8. menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan senilai dan berbalik nilai

4.9. menyelesaikan masalah berkaitan dengan aritmetika sosial (penjualan, pembelian, potongan, keuntungan, kerugian, bunga tunggal, persentase, bruto, neto, tara)

4.10. menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal

4.11. menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas dan keliling segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga

4.12. menyajikan dan menafsirkan data dalam bentuk tabel, diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran

Sekian ki dan kd smp kurikulum 2013 revisi 2017 mata pelajaran matematika kelas 7. Semoga membantu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel