Cara Menambahkan Peserta Didik di luar dapodik 2019

Sehubungan dengan perubahan cara menambahkan peserta didik (pd) baru ke dalam aplikasi dapodik versi 2019, maka Pertama akan admin bagikan cara entri atau memasukkan/ menambahkan peserta didik baru di luar dapodik agar bisa masuk ke dalam aplikasi dapodik sekolah anda. Peserta didik yang admin maksud ini adalah yang terdaftar di sekolah dibawa naungan kemenag seperti Mi, Mts, dan MA. nah Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti langkah-langkah dibawah

1. Masuk ke website https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ kemudian login menggunakan akun dapodik sekolah anda.

2. Setelah berhasil masuk klik tombol kelola data dapodik. selanjutnya pilih menu peserta didik.

3. Klik tombol tambah peserta didik. Pada sumber data pilih "tarik pd di luar dapodik". Kemudian lengkapi data pd tersebut sesuai dengan berkas yang bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. jika telah selesai klik tombol simpan.

gambar tarik pd diluar dapodik

Selanjutnya siapkan berkas agar bisa diverifikasi oleh admin dinas pendidikan. Hal ini diperlukan agar data bisa masuk ke dalam aplikasi dapodik sekolah anda.

Bagi rekan-rekan operator dapodik yang bertanya-tanya tentang berkas apa saya yang harus dipersiapkan untuk verifikasi peserta didik baru yang di entri manual melalui web data dikdasmen kemdikbud dan akan diserahkan ke operator dinas pendidikan atau KKDatadik agar bisa masuk ke aplikasi dapodik sekolah anda adalah berikut ini :

  1. 1. Surat Pengantar dari Sekolah - Dowload disini

  2. Rekap Peserta Didik Baru dari luar Dapodik dilengkapi dengan bukti pendukung masing-masing peserta didik :
    a. Foto copy Fomulir Peserta Didik
    b. Foto copy KK
    c. Foto copy Akte Kelahiran
    d. Foto copy NISN
    e. Foto copy Surat Keterangan Lulus

Sekedar mengingatkan untuk Semua berkas di poto kopi rangkap 1 (satu)

Admin juga akan berbagi cara atau solusi gagal menambahkan peserta didik mutasi/pindahan di luar kabupaten/kota dengan keterangan gagal mendaftarkan seperti penampakkan dibawah ini.

gagal mendaftarkan peserta didik di dapodik

Pada gambar diatas keterangan errornya adalah "peserta didik saat ini terdaftar di Nama Sekolah asal" itu artinya peserta didik tersebut tidak bisa ditarik lewat sekolahnya yang sekarang.

Misalnya dia adalah siswa mutasi kelas 8 (delapan), yang ingin anda tambahkan. Caranya jika gagal seperti diatas, silahkan cari nama sekolah asalnya waktu SD dan yang perlu anda ketahui adalah "TAHUN LULUS SD PESERTA DIDIK TERSEBUT". misal seperti gambar diatas berasal dari sdn 27 rambang dangku.

buka menu tarik peserta didik online. klik tambah peserta didik, pilih sekolah asal dan tahun lulus. maka akan muncul nama peserta didik tersebut, lakukan tarik data pd seperti biasanya. kemudian sinkronsiasi kan aplikasi dapodik sekolah anda. Insya allah data pd akan masuk ke aplikasi.

Cara tersebut sudah saya coba dan berhasil. Semoga artikel ini bermanfaat dalam mempermudah menambahkan peserta didik baru dan juga pd yang mutasi. Terima kasih

0 Response to "Cara Menambahkan Peserta Didik di luar dapodik 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel