Syarat Pendaftaran CPNS 2018 SMA D3 dan S1 di sscn.bkn.go.id

Sahabatku, Pendaftaran CPNS 2018 hanya bisa dilaksanakan melalui situs sscn.bkn.go.id. Jadwal registrasi untuk melamar cpns secara online tinggal hitungan hari. Sebagaimana kita ketahui kuota penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun ini sebanyak 238.015. Hal tersebut berdasarkan siaran pers yang diterbitkan BKN.go.id beberapa minggu lalu (Downlod Disini).

Untuk formasi saat ini masih proses persiapan oleh panitia CPNS 2018. Sedangkan mengenai syarat pelamar untuk cpns tidak akanjauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Kita berharap sesuai dengan info resmi dari BKN pada tanggal 19 September 2018 nanti benar-benar dibuka pendaftaran cpns online. Karena kita yakin sudah banyak pelamar yang menunggu untuk mendaftar.

Adapun sekedar mengingatkan bahwa ada beberapa persiapan penting yang harus diprioritaskan bagi para pelamar cpns tahun 2018 sebelum masuk ke tahap registrasi. Apa saja itu? tentunya akan admin bahas melalui postingan ini.

gambar persyaratan cpns tahun 2018 di sscn.bkn.go.id

Pertama Ingat Jadwal pendaftaran cpns tahun 2018 dimulai pada hari rabu tanggal 19 September 2018. Artinya tinggal hitungan jari tidak akan lama lagi, sehingga pelamar perlu mempersiapkan diri dari sekarang baik fisik maupun berkas pendaftaran (akan kita bahas nanti).

Kedua perlu juga diketahui bahwa Pendaftaran CPNS 2018 dan verifikasi administrasi akan dilangsungkan mulai dari minggu kedua September 2018 hingga minggu kedua Oktober 2018. Bagaimana jelas kan.

Ketiga, mengenai proses Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dilaksanakan pada minggu ketiga Oktober 2018.

Keempat, Bagi pelamar yang lulus, rencananya pengumuman kelulusan hasil seleksi akhir pada minggu keempat November 2018. Sedangkan tahap pemberkasan yang akan dimulai pada Desember 2018.

Itulah inormasi penting terkait dengan rekrutmen CPNS 2018, Untuk info no hoax admin menyarankan anda selalu memantaunya melalui website resmi hanya dapat diakses melalui dua situs resmi pemerintah indonesia yang beralamat di Menpan.go.id dan web BKN sscn.bkn.go.id

Kepada para pelamar admin juga mengingatkan, jangan pernah percaya kepada situs-situs yang menyebarkan informasi hoax seperti soal-soal cpns 2018, syarat lulus cpns 2018 bahkan berhati-hatilah terhadap oknum yang menawarkan kepada anda untuk lulus cpns tahun 2018. karena itu hanya modus.

Berdasarkan Syarat Pendaftaran CPNS tahun 2017 lalu, maka kami yakin tidak akan berbeda dengan tahun ini sehingga berikut adalah syarat-syarat atau berkas dokumen yang harus dipersiapkan oleh para pelamar:

1. Potokopi KTP

2. Potokopi Ijazah dan Transkip Nilai yang telah dilegalisir

3. Surat keterangan akreditasi dari BAN PT.

4. Pas poto terbaru ukuran 4×6 cm sebanyak 4 lembar – latar belakang merah.

Untuk dokumen syarat pendaftarab Rekrutmen CPNS 2018 (istimewa) atau Dokumen tambahan bagi lulusan D III dan SMA/sederajat adalah sebagai berikut:

1. Materai Rp 6.000

2. Potokopi KTP

3. Potokopi ijazah/STTB

4. Potokopi ijazah SD

5. Potokopi ijazah SLTP

6. Potokopi ijazah SLTA.

Admin juga mengingatkan bahwa Pendaftaran nanti menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang telah terdaftar di Disdukcapil. So, pastikan NIK anda sudah terverifikasi dan aktif. Sekedar berbagi, Salah satu tips agar bisa lulus CPNS tahun 2018 adalah dengan mempelajari kisi-kisi soal cpns 2018 yaitu yang sesuai dengan info resmi BKN TIU, TWK, dan TKP.

Bagi pelamar yang ingin mempelajarinya terlebih dahulu harus mendaftar di situs simulasi cat bkn 2018. Untuk lebih jelasnya silahkan pelajara lebih lanjut tentang cara daftar simulasi CAT BKN 2018.

Pertanyaan selanjutnya dari sahabat kita adalah bagaimana cara mendaftar cpns online tahun 2018 di portal sscn.bkn.go.id , ikuti langkah-langkah dibawah, semoga membantu.

  1. Pelamar masuk ke situs: https://sscn.bkn.go.id/
  2. Pelamar dapat melihat informasi penerimaan cpns melalui portal sscn
  3. Pelamar mengisikan NIK, nomor KK, atau NIK kepala Keluarga
  4. Pelamar mengisikan alamat email aktif, password akun portal sscn, dan pertanyaan keamanan
  5. Pelamar cetak kartu informasi akun SSCN 2018
  6. login ke portal sscn Menggunakan NIK dan Password yang telah didaftarkan
  7. Pelamar melengkapi biodata
  8. Pelamar memilih Instansi (khusus Instansi yang menggunakan Aplikasi Mandiri/Non sscn, maka pelamar akan diarahkan ke alamat aplikasi pendaftaran mandiri Instansi
  9. Pelamar memilih jenis formasi sesuai instansi, selanjutnya mengunggah dokumen yang dipersyaratkan oleh instansi
  10. Pelamar Cetak Kartu pendaftaran SSCN 2018
  11. Untuk lebih jelasnya pembaca bisa melihat penampakkan gambar mekanisme pendaftaran CPNS tahun 2018 dibawah

  12. Pelamar melakukan pemberkasan berdasarkan persyaratan pendaftaran masing-masing Instansi
  13. Pelamar wajib melampirkan kopi / copy kartu pendaftaran sscn untuk proses verifikasi
  14. Pelamar hanya bisa memilih 1 (satu) formasi sesuai kualifikasi pendidikan pada 1 (satu) instansi dalam 1 (satu) priode
  15. Pelamar Cetak Kartu pendaftaran SSCN 2018
  16. Tim verifikator melakukan verifikasi berkas, atau dokumen yang diunggah/ dikirimkan pelamar berdasarkan syarat pendaftaran
  17. Pelamar dinyatakan lulus seleksi administrasi mencetak kartu peserta Ujian CPNS 2018 untuk melanjutkan tahap seleksi menggunakan CAT BKN
  18. Informasi situs pelamar dapat diakses melalui portal https://sscn.bkn.go.id/

Untuk lebih jelasnya pembaca bisa melihat informasi lengkapnya melalui penampakkan gambar mekanisme pendaftaran CPNS 2018 dibawah ini

gambar mekanisme pendaftaran CPNS online 2017

Cara Registrasi CPNS Online Untuk LOGIN Ke Portal SSCN BKN Go Id

Untuk dapat LOGIN Ke Portal SSCN BKN Go Id pelamar harus terlebih dahulu mendaftar atau registrasi sebagai peserta CPNS 2018. Berikut ini saya bagikan secara lengkap cara registrasi cpns online dengan gambar panduan guna mempermudah pembaca. Tutorial ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya pribadi. Selamat mencoba

pertama: Menuju Alamat resmi registrasi cpns online 2018 sscn di link berikut: https://sscnakun.bkn.go.id/registrasi.html. (KLIK DISINI) Jika berhasil browser anda akan diarahkan ke halaman registrasi. Ketikkan NIK dan Nomor Kartu keluarga (KK) anda dan isi kode captcha dialnjutkan dengan mengklik tombol lanjutkan seperti gambar dibawah

gambar cara registrasi CPNS Online di sscn bkn go.id
PENDAFTARAN PESERTA SECARA ONLINE:

Untuk melakukan pendaftaran secara online, Calon Pelamar CPNS wajib mempersiapkan : NIK (Nomor Induk Kependudukan) Calon Pelamar, Nomor Kartu Keluarga, dan NIK Kepala Keluarga yang tercantum sesuai pada Kartu Keluarga Data-data lain sesuai dengan syarat pendaftaran yang ditentukan oleh masing-masing Instansi (dapat dilihat di menu Pengumuman)

Pendaftaran awal untuk akun Calon Peserta Seleksi di Portal SSCN (https://sscn.bkn.go.id) dilanjutkan dengan pendaftaran formasi jabatan sesuai dengan kualifikasi pendidikan pelamar pada masing-masing Instansi. Untuk Instansi yang menggunakan SSCN dapat langsung ke menu login di Portal SSCN, sedangkan untuk Instansi yang tidak menggunakan SSCN, dapat melanjutkan ke Portal pendaftaran Instansi.

PENDAFTARAN HANYA DI 1 (SATU) INSTANSI :

Calon Peserta Seleksi diberikan kesempatan melamar hanya di 1 (Satu) Instansi untuk 1 (Satu) pilihan nama jabatan dalam 1 (Satu) jenis formasi Jabatan (Formasi Umum/Formasi Khusus Lulusan Terbaik (Cumlaude)/Formasi Khusus Putra/Putri Papua dan Papua Barat/Formasi Khusus Disabilitas) pada 1 (Satu) Periode pendaftaran.

SELEKSI :

Seleksi atau tes dilakukan secara nasional dengan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) dan tahap seleksi atau tes selanjutnya yang ditentukan oleh masing-masing Instansi

PENGISIAN DATA :

Semua informasi atau data yang diisikan dalam formulir pendaftaran berdasarkan dokumen asli secara benar dan dapat dipertanggungjawabkan. Apabila data yang diisikan tidak benar, maka Calon Pelamar dapat dinyatakan gugur dan tidak dapat diproses lebih lanjut.

PERSYARATAN KHUSUS/TAMBAHAN

Instansi baik Pusat maupun Daerah yang membuka penerimaan seleksi CPNS Tahun 2018 mempunyai syarat pendaftaran khusus sesuai dengan kebutuhan masing-masing Instansi. Untuk itu, harap Calon Peserta Seleksi membaca secara cermat dan teliti pengumuman sebelum menentukan atau memilih salah 1 (Satu) Instansi.

kedua: Jika berhasil browser anda akan dibawa kehalaman kelengkapan data. Disana anda diminta mengisi Nama lengkap sesuai KTP, tempat lahir, email aktif, password login sscn bkn go id, pertanyaan keamanan jika nanti lupa password. Bila telah diisi silahkan klik tombol daftar

GAMBAR cara registrasi di sscn bkn go id

ketiga: jika berhasil akan muncul keterangan" Selamat YUVITER PRADESKA berhasil daftar pada Portal Sistem Seleksi CPNS Nasional Anda hanya dapat melakukan pendaftaran 1 [satu] kali dengan NIK Anda. Catat dan simpan User NIK dan Password Anda yang telah terdaftar. Silakan melakukan Cetak Kartu Informasi Akun pada tombol di bawah ini." nah pada laman selanjutnya silahkan anda klik tombol biru "Cetak informasi pendaftaran". Jika berhasil anda akan mendapatkan kartu informasi akun sscn 2018 seperti penampakkan gambar dibawah. Silahkan simpan sebagai arsip login akun anda

GAMBAR registrasi sscn bkn berhasil
gambar kartu informasi login sscn bkn go id

keempat: langkah berikutnya menuju link login sscn bkn go id di alamat berikut: https://sscndaftar.bkn.go.id/index. gunakan NIK dan Password yang tadi anda buat pada saat registrasi di sscn. kemudian klik tombol Masuk

gambar login sscn bkn go id daftar cpns 2017

kelima: jika berhasil masuk ke portal sscn, berikutnya silahkan melengkapi biodata anda sesuai data sebenarnya. Tetapi apabila gagal login ke sscn bkn go id dikarenakan password tidak sesuai, maka silahkan anda gunakan menu HELPDESK SSCN 2018 - LUPA PASSWORD yang berfungsi untuk Bantuan Pelamar yang tidak bisa melakukan proses login kedalam aplikasi SSCN dikarenakan LUPA PASSWORD.

keenam:Pada form isian biodata pelamar silahkan anda masukkan alamat, Propinsi, kabupaten/kota dan nomor telpon jika ada. berikutnya isi tinggi badan status kawin dan nomor hp kemudian klik tombol simpan. seperti penampakkan gambar dibawah

gambar isian biodata pelamar cpns sscn bkn go id

keenam:Klik menu daftar untuk melanjutkan ke form pendaftaran CPNS di sscn bkn go id. selanjutnya pilih jenis formasi lalu pilih Instansi dan klik tombol "CEK" seperti penampakkan gambar di bawah

gambar form pendaftaran sscn formasi cpns 2017

ketujuh:Lengkapi isian Pendidikan. pilih misal S-1 Ekonomi Manajemen, berikutnya pilih jabatan sesuai kualifikasi pendidikan. lokasi kerja akan otomatis terisi.

kedelapan: Isikan Nama Sekolah atau perguruan tinggi anda. kemudian jangan lupa mengisikan tanggal ijazah dan tahun lulus.

kesembilan:jangan lupa memilih Akreditasi Perguruan Tinggi, Akreditasi Program Studi, dan memasukkan nilai IPK dengan contoh pengisian angka 2.92 dan terakhir adalah nomor ijazah. lalu klik tombol daftar

gambar cara pengisian form pendaftaran cpns di sscn bkn go id

kesepuluh:Jika berhasil akan muncul keterangan seperti ini "Anda sudah mendaftarkan untuk mengikuti Seleksi CPNS di posisi yang anda lamar. Silahkan melakukan Cetak Nomor Pendaftaran pada tombol dibawah ini." dan "Cetak Nomor Pendaftaran Jangan lupa untuk mengupload Dokumen sesuai persyaratan dari Instansi yang anda lamar . Cetak Ulang kartu Pendaftaran dan Upload Dokumen dapat dilakukan pada Menu Riwayat, Terima kasih." selanjutnya klik tombol cetak nomor pendaftaran

gambar CONTOH KARTU PENDAFTARAN CPNS ONLINE 2018 DI SSCN BKN GO ID

Semoga referensi syarat dan cara mendaftar cpns tahun 2018 diatas bisa bermanfaat untuk para pelamar.

7 Responses to "Syarat Pendaftaran CPNS 2018 SMA D3 dan S1 di sscn.bkn.go.id "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel