RPP kelas 6 Semester 2 Revisi terbaru Tahun 2018 (Tema 6 7 8 9 )

Blog guru-id sudah menyediakan rpp kurikulum 2013 semester 2 kelas 6 revisi terbaru tahun 2018. RPP kelas 6 ini memiliki 4 tema terdiri dari Menuju masyarakat sejahtera, Kepemimpinan, Bumiku dan Menjelajah luar angkasa. Pada format terbaru, Kompetensi Inti dan Kompetensi dasar (KI dan KD) muatan pelajaran Harus sesuai dengan permendikbud nomor 37 tahun 2018. Untuk mendapatkan file lengkapnya silahkan lihat contoh dibawah

rpp tematik kelas 6 SD/Mi kurikulum 2013 semester 2 revisi terbaru tahun 2018 terdiri dari empat tema yaitu Menuju Masyarakat Sejahtera, kepemimpinan, bumiku, dan Menjelajah Luar Angkasa. Masing-masing tema memiliki empat subtema dan enam pembelajaran. Mengapa demikian? karena Rencana Pelaksanaan Pembelajaran disusun berdasarkan silabus. Perlu diketahui oleh guru indonesia, dalam membuat rpp semester genap gunakanlah buku tematik guru dan siswa kelas 6 edisi revisi 2018 cetakan ke dua kemendikbud.

Sebelumnya blog guru-id sudah membahas komponen-komponen yang terdapat di dalam rpp kurikulum 2013 SD edisi terbaru. Apa saja komponen tersebut? berikut ini kami tuliskan.

Jangan lupa lihat juga contoh rpp kelas 3 semester 2 revisi terbaru

1. Judul RPP
Harus berisi Nama satuan Pendidikan, Kelas/semester, Nama Tema, Subtema, Muatan terpadu, Pembelajaran dan Alokasi Waktu. Untuk lebih jelasnya lihat judul rpp kelas enam dibawah ini

gambar RPP tematik kelas 6 semester 2 revisi 2018

2. KOMPETENSI INTI (KI1-KI4))
Yang guru-id tuliskan ini disesuaikan dengan Kompetensi Inti Terbaru dari buku guru tematik kelas 6 semester kemendikbud edisi revisi 2018 (Download). untuk lebih jelasnya dibawah ini kami tuliskan.

  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, tetangga dan Negara.
  3. Memahami pengetahuan faktual, Konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
  4. Menunjukkan keterampilan berfikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak Sehat, dan tindakan yang mencerminkan prilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.

3. KOMPETENSI Dasar dan Indikator
Agar lebih mudah silahkan bapak dan ibu guru melihatnya di buku tematik kelas 6 semester 2. Sedangkan indikator dibuat dengan merumuskannya dari KD itu sendiri. Salah satu ketentuan perumusan Indikator pada rpp k13 terbaru adalah sesuai Taknsonomi Bloom. lihat gambar dibawah

gambar rumus menentukan indikator k13 sd revisi terbaru

Berikut ini adalah contoh penyusunan Kompetensi dasar dan Indikator rpp kelas 6 semester 2 revisi terbaru muatan terbaru mata pelajaran PKN, IPS dan bahasa Indonesia

gambar kompetensi dasar dan Indikator rpp kelas 6 semester revisi 2018

4. Tujuan Pembelajaran
Berikut guru-id tuliskan lima contoh tujuan pembelajaran yang terdapat dalam rpp kelas 6 semester 2.

  1. Setelah siswa mengamati gambar kegiatan warga masyarakat dikampung “Damai”, siswa dapat menjelaskan pelaksanaan kewajiban sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
  2. Setelah siswa berdiskusi tentang kewajiban sebagai warga negara, siswa dapat menceritakan pengalaman melaksanakan kewajiban sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
  3. Setelah siswa membaca bacaan berjudul “Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia”, siswa dapat menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan dalam upaya membangun masyarakat Indonesia yang sejahtera dengan tepat.
  4. Setelah siswa berlatih menjawab pertanyaan, siswa dapat menyampaikan perkiraan informasi dari teks nonfiksi berdasarkan kata-kata kunci yang terdapat pada judul dengan tepat
5. MATERI

6. PENDEKATAN & METODE

Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

7. KEGIATAN PEMBELAJARAN.
Pada pada rpp kelas 6 semester 2 revisi 2018 mulai dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup harus sudah mengikuti pembelajaran abad 21 yaitu terintegrasi pada literasi, Pendidikan karakter, 4C bahkan Hots. Cotnohnya bisa bapak dan ibu guru lihat contohnya melalui gambar dibawah

gambar kegiatan pendahuluan RPP kelas 6 semester 2 revisi 2018
gambar kegiatan inti di RPP kelas 6 semester 2 revisi 2018
gambar kegiatan inti ayo mengamati rpp kelas 6 semester 2

8. PENILAIAN
Sahabat Guru sd, Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

gambar Penilaian pada RPP kelas 6 semester 2 revisi 2018
gambar Penilaian PKN pada RPP kelas 6 semester 2 revisi 2018

CONTOH rpp tematik kelas 6 semester 2

Bagi bapak dan ibu guru yang membutuhkan file lengkap dalam format DOC atau ms word silahkan download melalui tautan yang admin sematkan dibawah ini.

#-> RPP Kelas VI Tema 6 Semester genap
#-> RPP Kelas VI Tema 7 Semester genap
#-> RPP Kelas VI Tema 8 semester genap
#-> RPP Kelas VI Tema 9 semester genap

Cara medapatkan file rpp diatas sangatlah mudah, pertama silahkan klik link download rpp, pada laman berikutnya tunggu proses convert link sampai muncul teks visit link. Semoga mempermudah, jika masih bingung silahkan hubungi admin ke nomor telepon ini melalui chat Whats apps (085273216532)

Terima kasih sudah berkunjung. Artikel ini telah tayang di blog guru-id.com dengan judul "RPP kelas 6 SD/Mi k13 Semester 2 Revisi 2019". Semoga menjadi referensi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel