Siswa Salah Masuk Rombel Dapodik 2021 c , begini Cara memindahkannya

Apakah teman-teman mengalami Permasalahan siswa salah masuk rombel di dapodik versi 2021 ?. Jika demikian, maka guru-id akan membahasnya melalui postingan berikut.

gambar solusi siswa salah rombel dapodik 2021

Siswa salah rombel biasanya terjadi karena beberapa sebab diantaranya karena siswa tersebut mutasi dari MTS, atau karena kelalaian operator dinas pendidikan kabupaten/kota.

Jika siswa tersebut seharusnya kelas delapan, tapi masuk ke kelas tujuh, maka inilah yang dinamakan salah rombel. Sebenarnya solusi terbaik sesuai alur kerja dapodik adalah mengajukan permintaan pindah rombel ke operator dinas kab/kota.

Lalu bagaimana jika jarak dinas pendidikan kabupaten/kota jauh? atau anda tidak punya biaya untuk ongkos ke dinas. Bisa saja sekolah tidak begitu peduli dengan permasalahan tersebut.

Jika nasib anda seperti yang saya tuliskan diatas dan anda merasa keberatan, maka ada dua keputusan yang harus anda ambil. Pertama, anda mengundurkan diri, dan kedua anda bisa mencari solusi atas permasalahan tersebut agar perkerjaan anda beres.

Solusi Siswa Salah Rombel

Seperti yang sudah guru-id tuliskan diatas, solusi pertama mengenai cara mengatasi permasalahan siswa salah rombel ialah meminta operator dinas untuk memindahkannya.

Adapun solusi kedua, anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang insya allah aman digunakan. Anda bisa menggunakan aplikasi dapodik lite.

teman-teman dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini sebagai panduan.

👉 Pertama silahkan download aplikasi dapodik lite melalui tautan berikut : (UNDUH RAR)

👉 Setelah file terdownload, silahkan ectract file, kemudian 3 file didalam folder yang tadi sudah teman-teman ectract.

👉 Oke selanjutnya hapus terlebih dahulu riwayat browser internet (caranya tekan tombol CTRL+Shift+Delete), kemudian close browser.

👉 berikutnya silahkan buka folder dapodiklite, kemudian klik kanan file yang bernama "psqloadbc-setup" pilih run as administrator dan tunggu sampai proses install selesai.

👉 Buka file yang bernama LIte dapodik, kemudian klik icon panah kecil, dan pastikan itu email dapodik sekolah anda lalu pilih.

👉 langkah berikutnya klik tombol masuk. berikut silahkan pilih Ganti rombel, cari nama peserta didik lalu jenis pendaftaran diisi misal pindahan,

👉 berikutnya pilih rombel kelas, pilih rombel yang benar lalu klik tombol simpan.

Untuk memastikan Pemindahan siswa ke rombel yang benar berhasil, silahkan buka aplikasi dapodik kemudian pilih nama peserta didik dan cek apakah rombelnya sudah benar.

Selain itu, bisa juga dicek melalui menu rombel kemudian klik anggota. jika benar maka akan tampil nama siswa tersebut.

TAMBAHAN

1. Bagi pengguna Windows 7 yang mengalami gagal membuka lite dapodik, silahkan download dan install terlebih dahulu net framework versi 4.8 melalui link berikut : https://dotnet.microsoft.com/download/dotnet-framework/net48

2. pastikan proses install berjalan dengan lancar. Setelah berhasil silahkan buka kembali aplikasi litedapodiknya.

Oke, demikianlah informasi yang dapat guru-id bagikan pada kesempatan yang baik ini. Semoga bermanfaat dan menjadi solusi permasalahan sobat data.

7 Responses to "Siswa Salah Masuk Rombel Dapodik 2021 c , begini Cara memindahkannya"

  1. bos selamat siang....
    Tidak bisa (UNDUH RAR)
    Mungkin ada solusi lain kah?
    thank kawan

    ReplyDelete
  2. Kok pas disimpan muncul tulisan "error : duplicat key value ......." Yaa ? Adakah solusinya ?

    ReplyDelete
  3. SAYA HABIS INTALL TAPI APLIKASINYA NGAK MUNCUK

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

semoga informasi yang dibagikan bisa menambah wawasan para pembaca

Iklan Tengah Artikel 2

Berita yang dinformasikan melalui halaman ini diharapkan memberikan manfaat lebih kepada seluruh pengunjung.

Iklan Bawah Artikel