Cara Daftar Peserta PPG Guru Madrasah Tahun 2019

Blog guru-id akan berbagi Informasi tentang Pendaftaran peserta sertifikasi guru (PPG) Guru Madrasah tahun 2019 melalui web kemenag yang beralamat di https://simpatika.kemenag.go.id/. Artikel ini admin tulis berdasarkan isi dari edaran Kementerian Agama nomor 272/Dt.I.II/2/KP.02.3/4/2019 prihal persiapan pelaksanaan PPG dalam jabatan tahun 2019 yang rencananya akan dimulai pendaftaran tanggal 10 sampai dengan 28 April waktu setempat.

gambar pendaftaran Peserta PPG guru madrasah tahun 2019

Persiapan PPG guru Madrasah tahun 2019 ada empat (4) tahap yang terdiri dari Pemetaan linieritas Ijazah S1/D-4, Pendaftaran calon peserta, seleksi adminitrasi dan seleksi akademik. Calon Peserta PPG dalam jabatan adalah guru madrasah yang diangkat sampai dengan tanggal 31 Desember 2015.

Langkah pertama, Bagaimana Cara pendaftarannya ? Jawabannya guru calon peserta PPG dalam jabatan yang memenuhi syarat mendaftarkan diri melalui web SIMPATIKA (https://simpatika.kemenag.go.id/). Peserta login menggunakan akun yang sudah terdaftar.

Langkah kedua,Pelaksanaan seleksi akademik akan dilakukan secara online yang meliputi tes potensi akademik (TPA), tes pedagogik, tes bidang studi, dan tes bakat dan minat.

Langkah ketiga,Guru yang belum lulus seleksi akademik di tahun sebelumnya dapat mendaftar ulang kembali untuk mengikuti pelaksanaan seleksi di tahun ini.

Langkah keempat,pelaksanaan seleksi akademik akan dilaksanakan di tempat UJian KOmpetensi (TUK) yang waktu dan tempat pelaksanaannya akan ditentukan dikemudian.

Langkah kelima,Hanya guru yang lulus passing grade akademik yang dapat mengisi kuota peserta PPG 2019.

Untuk lebih jelasnya silahkan download surat edaran kemenag tentang persiapan pelaksanaan Pendaftaran PPG guru Madrasah Tahun 2019 melalui link berikut dengan cara ===> KLIK SIMPAN PDF.

DEMIKIANLAH tulisan tentang isi surat edaran kemenag terkait dengan pendaftaran Peserta Sertifikasi Guru dalam Jabatan Guru Madrasah tahun 2019 (atau guru lingkungan kemenag) semoga membantu

4 Responses to "Cara Daftar Peserta PPG Guru Madrasah Tahun 2019"

  1. Program sertifikasi guru sangat membantu meningkatkan kesejahteraan.Namun di sisi lain belum sejalan dengan kinerja guru.Maka ada baiknya sertifikasi guru disertai dgn evaluasi kinerja. Dengan begitu disarankn sertifikasi guru diubah menjadi tunjangan kinerja bagi semua guru,dan selalu dievalusi secara berkala.

    ReplyDelete
  2. guru agama KP dan katolik ikut juga

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel