Lomba Budaya Mutu SD Tahun 2019

Blog guru-id akan berbagi informasi seputar Lomba Budaya Mutu Sekolah Dasar tahun 2019 yang akan dilaksanakan mulai bulan april sampai mei 2019. Dengan adanya informasi ini siapa tahu sekolah anda berniat untuk mengikutinya. Selengkapnya admin ucapkan Selamat membaca.

Pelaksanaan Lomba Budaya Mutu Sekolah Dasar (SD) tahun 2019 dilakukan Kemendikbud sebagai upaya pembinaan mutu Sekolah Dasar untuk menghasilkan sekolah bermutu tinggi. Lomba difokuskan pada penilaian mutu pendidikan secara keseluruhan, yang mencakup: 1) Manajemen Berbasis Sekolah, 2) Pembelajaran, 3) Ekstrakurikuler, 4) Perpustakaan, dan 5) UKS (Usaha Kesehatan Sekolah).

Budaya mutu sekolah merupakan faktor penting dalam membentuk siswa menjadi manusia yang memiliki sikap optimis, berani, terampil, ulet, disiplin, berfikir kritis, kreatif, kolaboratif dan komunikatif. Sekolah yang memiliki keunggulan budaya mutu dapat dilihat dari beberapa variabel seperti manajemen sekolah, proses pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, kinerja perpustakaan, dan usaha kesehatan sekolah, yang bermuara pada capaian prestasi sekolah.

Kegiatan Lomba Budaya Mutu (LBM) SD ini dimaksudkan untuk memberikan apresiasi dan motivasi para pelaku pendidikan dalam membangun mutu sekolah. Agar pelaksanaan LBM dapat mencapai hasil yang lebih optimal, maka perlu mendapat dukungan dari pemerintah daerah dan pemangku pendidikan.

Panduan Lomba Budaya Mutu SD Tahun 2019

Sahabat guru sd, Sasaran kegiatan Lomba Budaya Mutu Sekolah Dasar sebanyak 1.664 Sekolah Dasar yang diusulkan oleh masing-masing kabupaten/kota.

Kriteria Peserta Lomba

1. Sekolah Dasar yang telah ditetapkan sebagai Sekolah Dasar Rujukan di setiap kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

2. Sekolah Dasar Negeri yang diusulkan/ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sebagai peserta Lomba Budaya Mutu.

3. Sekolah Dasar Swasta baik rujukan maupun non rujukan yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sebagai peserta Lomba Budaya Mutu.

4. Sekolah Dasar Wilayah 3T yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sebagai peserta Lomba Budaya Mutu.

5. Memiliki potensi budaya mutu manajemen berbasis sekolah, pembelajaran, ekstrakurikuler, perpustakaan, dan UKS.

6. Sekolah ramah anak yang tidak terlibat kegiatan kekerasan (tawuran pelajar), narkoba, perundungan atau sejenisnya. 7. Sekolah mampu menyusun portofolio tentang budaya mutu yang dikembangkan.

8. Sekolah belum pernah menjadi juara LBM baik Juara Menyeluruh (whole school), Juara I, II, dan III untuk semua komponen (MBS, Pembelajaran, Ekstrakurikuler, Perpustakaan Sekolah, dan UKS).

9. Mengisi seleksi administrasi secara daring (online) di (http://bit.ly/registrasi_daring_lbm_2019).

10. Sekolah yang setiap kelasnya memiliki jumlah siswa maksimal 28 anak dan minimal 20 anak terutama untuk kelas rendah (kelas 1, 2, dan 3) dan tidak double shift, khusus sekolah di wilayah 3T ketentuan ini tidak berlaku.

11. Sekolah Dasar yang dinyatakan lolos seleksi administrasi online (daring) akan diminta untuk mengirim Portofolio ke panitia.

Penilaian Lomba Budaya Mutu Sekolah Dasar dimaksudkan untuk melihat kuantitas dan kualitas pelaksanaan seluruh program yang mendukung bertumbuhnya budaya mutu di sekolah yang meliputi Penilaian:

1. Portofolio
2. Visitasi
3. Presentasi dan Wawancara

Berikut adalah Persyaratan umum Lomba Budaya Mutu SD Tahun 2019:

1. Mengikuti proses seleksi dan ditetapkan dengan Surat Keputusan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota

2. Sekolah yang diusulkan harus mendaftar secara daring (online)

3. Mengirim dokumen portofolio tentang budaya mutu di sekolahnya

4. Setiap Kabupaten/Kota mengirimkan 3 sekolah dengan rincian kategori (1 SDR, 1 SDN, dan 1 SDS), dan khusus bagi Kabupaten yang memiliki wilayah 3T ditambah 1 SDN wilayah 3T

Tanggal penting:

1. Seleksi awal, sekolah mengisi format isian secara daring (online) http://bit.ly/registrasi_daring_lbm_2019 Batas 31 Mei 2019 (1.664 SD sasaran)

2. Pengiriman dokumen portofolio Batas 31 Juli 2019 (stempel pos)

3. Penilaian Tahap 1 – Penilaian Dokumen Portofolio Lomba Budaya Mutu (7 Agustus 2019)

4. Penilaian Tahap 2 – Visitasi Lapangan Minggu ketiga Agustus 2019 (150 SD)

5. Penilaian Tahap 3 – Grand Final Presentasi & Wawancara Oktober 2019 di Tangerang (120 SD)

Penetapan Juara LBM: Kejuaraan lomba budaya mutu di sekolah dasar tahun 2019 ditetapkan berdasarkan perolehan jumlah skor yang diperoleh pada Seleksi Tahap I (portofolio 20%), Seleksi Tahap II (Visitasi 40%), dan Seleksi Tahap III (Presentasi dan Wawancara 40%).

Jadwal Kegiatan Pelaksanaan Lomba Budaya Mutu di Sekolah Dasar dilaksanakan sebagai berikut:

gambar jadwal pelaksanaan lomba budaya mutu sd 2019

Cara Daftar Lomba Budaya Mutu SD

Bagi sekolah yang akan mengikuti lomba budaya mutu SD tahun 2019 silahkan mendaftar secara online melalui link berikut : Langkah selanjutnya silahkan mengisi formulir pendaftaran online Lomba budaya mutu dengan benar, kemudian klik tombol berikutnya.

gambar cara daftar lomba budaya mutu sd 2019

Selengkapnya silahkan download panduan lomba budaya mutu sekolah dasar tahun 2019 dalam format pdf melalui ====>LINK BERIKUT<====

Demikianlah informasi tentang Lomba Budaya Mutu SD Tahun 2019 yang bisa kami tuliskan. Semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel