Penyebab Facebook, Instagram, WA Error, Ini Penjelasan Menkominfo

Pengguna Media sosial mengeluhkan karena akses terganggu untuk menggunakan aplikasi medos seperti facebook, Twitter, Instagram dan Whatsapps padahal Internet lancar. Kendati demikian ternyata masalah ini bukan disebabkan oleh server down dari layanan tersebut, ini dikarenakan ada pembatasan sementara, karena maraknya penyebar berita hoaxs, Berikut penjelasan Menkominfo.

gambar penyebab whatsapp fb instagram error

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, mengatakan bahwa media sosial terutama WhatsApp dan Instagram ditutup sementara di beberapa tempat mulai pada hari ini, Rabu (22/05/2019).

“Pembatasan ini bersifat sementara terhadap platform media sosial. Fitur-fitur media sosial,” kata Menkominfo pada konferensi pers yang digelar di kantor Menkopolhukam.

Rudiantara menyebut bahwa salah satu fitur yang ditutup adalah video beserta gambar, karena hal itu akan memicu emosional. Tidak hanya itu, messaging system juga akan ditutup sementara karena video serta gambar mudah tersebar pada messaging system seperti di WhatsApp.

“Modusnya adalah posting di media sosial, Facebook, Instagram dalam bentuk video, meme atau foto, kemudian screen capture. Viralnya bukan di media sosial, viralnya di messaging system WhatsApp,” kata Rudiantara.

Oleh sebab itu, Menkominfo mengatakan akan ada pelambatan jika melakukan download atau upload gambar maupun video. WhatsApp sendiri sudah mulai sulit untuk diakses mulai pukul 13.30 WIB.

“Jadi kita semua akan mengalami pelambatan kalau kita download atau upload video,” ujarnya. Menko Polhukam mengaku sangat menyayangkan ditutupnya media sosial. Namun dia menyebut, hal ini dilakukan bukan dilakukan karena sewenang-wenang melainkan demi kondusifitas negara.

“Kami juga sangat menyesalkan ini kita harus lakukan tapi semata-mata bukan karena kita ini sewenang-wenang, betul-betul kita ingin mengajak ini suatu upaya untuk mengamankan negeri ini, negeri yang kita cintai ini. Berkorban 2-3 hari nggak lihat gambar kan nggak apa-apa, ya kan?” kata Wiranto.

Demikian informasi tentang Facebook, Instagram, dan Whats apps Sulit Diakses. Semoga pengguna Internet tetap sabar sampai akses ke media sosial normal kembali. Semoga bermanfaat.

2 Responses to "Penyebab Facebook, Instagram, WA Error, Ini Penjelasan Menkominfo"

  1. Kita janganlah menyalahkan pemerintah yang melakukan tindakan pengamanan ini karena selama ini dimedsos sering menyebar berita yang dapat memecah belah NKRI bahkan sampai berani melecehkan Kepala Negara &an Tokoh Agama padahal Beliau adalah panutan masyarakat.Hal ini tidaklah sesuai kepribadian bangsa Indonesia yang terkenal luhur itu.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel