Download Modul PKP Mata Pelajaran IPS SMP 2019

Guru-id akan membagikan File Paket unit Pembelajaran (Modul) Untuk Program Kompetensi Pembelajaran (PKP) Guru SMP Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) K13 Edisi 2019/2020 format PDF.

gambar modul PKP guru IPS SMP 2019

Pada modul PKP Mata pelajaran IPS SMP ini membahas materi pembelajaran tentang Letak Wilayah, Keadaan Alam dan Perubahan Keruangan.

Pembahasan tentang konsep keruangan yang dibahas adalah letak. Pembahasan letak selalu dikaitkan dengan 3 hal yaitu letak geologis, letak geografis dan letak astronomis. Pada Permendikbud no 37, KD 3.1 kajian geografi hubungannya dengan konsep keruangan tidak dinyatakan secara utuh tetapi dipecah-pecah, dan hanya letak geologis saja yang dinyatakan dalam KD tersebut, sehingga membingungkan guru. Oleh karenanya, pembahasan keruangan/letak pada subunit ini dijabarkan secara utuh.

Letak geologis, menyebabkan Indonesia sangat rawan atau sering mengalami gempa bumi karena pengaruh lempeng. Indonesia dikatagorikan secara geologis sebagai Negara yang terletak diantara lempengan bumi dan juga dangkalan laut. Secara geologis Indonesia terletak diantara tiga lempengan bumi, yaitu lempeng pasifik, lempeng Eurasia, dan juga lempeng Australia. Dari segi perairan, letaknya diantara dua buah dangkalan, yaitu dangkalan Sahul dan juga dangkalan Sunda. Dangkalan adalah wilayah laut yang dangkal, yang menghubungkan wilayah diantara dua daratan besar.

Akibat Faktor Alam. Kondisi alam dan kondisi sosial Negara-negara ASEAN yang homogen dan saling membutuhkan memudahkan interaksi antara satu negara dan negara yang lain. Interaksi ini terjadi dalam bentuk kerja sama di berbagai bidang. Banyak faktor yang menimbulkan berbagai bentuk interaksi antara negara tersebut, antara lain faktor iklim dan faktor geologi.

Untuk lebih jelasnya silahkan Download Paket Unit Pembelajaran PKP Guru SMP mata Pelajaran IPS Kurikulum 2013 melalui link dibawah.

LINK DOWNLOAD MODUL PKP GURU SMP MATA PELAJARAN IPS PDF, UNDUH.

Demikianlah info tekini terkait dengan Paket unit pembelajaran atau MODUL PKP Guru SMP IPS Tahun 2019. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel