Download Modul PKP Seni Budaya SMP 2019/2020

Guru-id akan membagikan File Paket unit Pembelajaran (Modul) Untuk Program Kompetensi Pembelajaran (PKP) Guru SMP Mata pelajaran Seni Budaya K13 Edisi 2019/2020 format PDF.

GAMBAR Modul PKP Seni Budaya SMP

Pada modul PKP Mata pelajaran Seni Budaya SMP materi pembelajaran yang dikembangkan adalah Pemeranan Fragmen.

Seorang pemeran dalam pementasan fragmen menggunakan dua bahasa, yaitu bahasa verbal yang berupa ucapan-ucapan (dialog dan monolog) dan bahasa tubuh. Bahasa tubuh yang diperlihat oleh pemeran bisa berdiri sendiri, dalam artian bahasa tubuh tidak dibarengi dengan bahasa verbal. Tetapi bisa juga bahasa tubuh sebagai penguat bahasa verbal yang berupa ucapan (speech) dialog.

Pemeran dalam seni teater merupakan elemen penting guna mewujudkan peristiwa budaya di atas panggung, untuk itu pemeran sebelum memasuki peranannya harus menguasai badannya secara nyata. Pada tahap demikian pemeran harus ikhlas belajar demi pencapaian kualitas badan secara menyakinkan agar enak ditonton. Pemeran dalam belajar menguasai tubuh dan jiwanya memerlukan waktu yang panjang dan secara kontinyu serta tidak bisa dilakukan secara terburu-buru. Pada tahap penguasaan tubuh ini seorang pemeran juga harus bersabar dan tidak boleh ada rasa jenuh.

Secara harfiah fragmen berarti cuplikan, bagian atau penggalan sebuah cerita. Meskipun merupakan cuplikan dari sebuah cerita, fragmen tetap memiliki pesan tertentu yang hendak disampaikan serta mempunyai jalinan cerita yang utuh dan selesai. Artinya, fragmen dapat dijadikan sebuah pementasan tersendiri tanpa harus menunggu kelanjutan cerita berikutnya. Dengan pengertian bahwa fragmen dapat berdiri sendiri maka naskah-naskah fragmen sengaja diciptakan tanpa harus menuliskan cerita atau kisah secara keseluruhan terlebih dahulu baru kemudian mencupliknya.

3. Membandingkan unsur kebahasaan greeting card dengan memberi dan meninta informasi terkait hari-hari spesial

Penguasaan badan bagi seorang pemeran berkaitan erat dengan olah tubuh. Olah tubuh adalah bagaimana cara mendayagunakan organ tubuh untuk mencapai elastisitas dan fleksibelitas tubuh sehingga mampu menciptakan setiap gerak yang dibutuhkan dalam memainkan peran. Seorang pemeran juga dituntut untuk dapat menguasai persendiannya, dan ketegangan otot- ototnya.Untuk itu seorang pemeran harus secara kontinyu melatih diri dalam berbagai bentuk latihan olah tubuh.

Untuk lebih jelasnya silahkan Download Paket Unit Pembelajaran PKP Guru SMP mata Pelajaran Seni Budaya Kurikulum 2013 melalui link dibawah.

LINK DOWNLOAD MODUL PKP GURU SMP MATA PELAJARAN Seni Budaya PDF, UNDUH.

Demikianlah info tekini terkait dengan Paket unit pembelajaran atau MODUL PKP Seni BUdaya Tahun 2019. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Download Modul PKP Seni Budaya SMP 2019/2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel