Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 1 Halaman 4 5 6 dan 7

Kunci Jawaban Buku Siswa kurikulum 2013 Kelas 5 Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Revisi 2018 subtema 1 halama 4, 5 6 dan 7 insya allah akan blog guru-id share guna mempermudah guru sd dalam memberikan soal-soal latihan kepada siswa.

gambar kunci jawaban buku siswa kelas 5 tema 1

Insya allah di dalam postingan ini semua halaman di mulai dari Subtema 1 - 4 dan pembelajaran 1 sampai 6 akan guru-id bagikan kunci jawaban nya.

Sekarang mari kita mulai dari kunci Jawaban Buku tematik kelas 5 halaman 4, 5 dan 6 .

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 1 Halaman 4

Teks berjudul “Organ Gerak Manusia dan Hewan” terdiri atas lima paragraf. Masing-masing paragraf tersusun dari ide atau gagasan pokok ditambah dengan kalimat-kalimat pengembang.

Ide pokok adalah gagasan yang menjadi dasar sebuah paragraf. Ide pokok disajikan ke dalam bentuk kalimat utama. Kalimat utama yang memuat ide pokok ini bisa berada di awal paragraf, di tengah paragraf, atau di akhir paragraf.

Contoh:

PARAGRAF 1
Ide Pokok

Salah satu ciri dari makhluk hidup adalah bergerak.

Kalimat Pengembang

Secara umum gerak dapat diartikan berpindah tempat atau perubahan posisi sebagian atau seluruh bagian dari tubuh makhluk hidup.

SOAL LATIHAN

Berdasarkan informasi di atas, temukan ide pokok dan kalimat pengembang dari masing-masing paragraf.

PARAGRAF 2
Ide Pokok

Cerak pada manusia dan hewan menggunakan organ gerak tersusun dalam sistem gerak. .

Kalimat Pengembang

Organ gerak berguna untuk berjolon, beriori, melompat, meloncat, memegang, meng- gali, memanjat, berenang, dan sebagainya .

PARAGRAF 3
Ide Pokok

Organ gerak manusio dan hewan memiliki kesamaan yakni tulang dan otot. .

Kalimat Pengembang

Kedua alat gerak Ini akan bekerja sama dalom melaku- kan pergerakan. .

PARAGRAF 4
Ide Pokok

Tulang merupakon alat gerak pasif. .

Kalimat Pengembang

Walaupun merupakan alat gerak pasif, okan tetapi tulang mempunyai peranan yang besar dalam sistem gerak ma- nusia dan hewan .

PARAGRAF 5
Ide Pokok

Otot merupakon alat gerok oktif .

Kalimat Pengembang

Poda soot otot yang menem- pel pada tulang bergerak, otot tersebut akon membuat tulang bergerak .

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 1 Halaman 5

Kembangkan ide-ide pokok berikut menjadi sebuah paragraf!

Organ gerak terdiri atas dua macam ” :

Organ gerak manusia dan hewan terdiri dari dua macam. Ada organ gerak pasif, yakni tulang. Ada juga organ gerak aktif, yakni otot. Tulang dan otot memiliki fungsi masingmasing dalam sistem gerak manusia dan hewan

Organ gerak banyak sekali fungsinya.

Organ gerak banyak sekali fungsinya. Dengan orgon gerak, kita dapat melakukan gerakan-gerakan dalam kegiatan sehari-hari. Misal- nya, berjolon, berlari, meman- jat, memegang, berenang, menggenggam, menoleh, dan lain-lain.

Tanpa organ gerak, manusia tidak dapat bergerak.

tanpa organ gerak manusia tidak akan bisa melakukan gerakan apaopa Manusia tidak akan bisa melakukan aktivitas sehari-hari. Hol tersebut dikarenakan organ gerak adalah sistem yang meneruskan perintah dari otak dalam mengendolikan gerakan- gerakan, baik gerakan-gerakan spontan karena adanya rangsangan dori luar maupun gerakan-gerakan terencana.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Subtema 1 Halaman 6

Kamu sudah berhasil menentukan ide pokok dari masing-masing paragraf bacaan “Organ Gerak Manusia dan Hewan” di atas. Sekarang, coba diskusikan dengan temanmu tentang Ide Pokok suatu bacaan. Diskusikan tentang hal-hal berikut:

1. Pengertian Ide

Pokok Bocoan Ide Pokok: Ide/gagasan yang menjadi dasaratau pokok pengembangan sebuah paragraf.

2. Fungsi Ide Pokok

Bacaan Fungsi Ide Pokok: Menjadi dosar pengembangan paragraf.

3. Cara Menentukan Ide Pokok Bacaan

Membaca kalimat dalam paragraf satu demi satu, menentukan inti paragraf tersebut. Inti paragraf itulah yang disebut ide pokok/pikiran utama

Tuliskan kesimpulan yang dapat kalian ambil dari diskusi ini.

Ide pokok adalah gagasan yang menjadi dasar sebuah paragraf. Ide pokok disajikan kedalam bentuk kalimat utama. kalimat utama yang memuat ide pokok ini bisa berada di awal paragraf, di tengah paragraf, atau di akhir paragraf.

File Lengkap Kunci Jawaban Buku siswa Kelas 5 halaman 4,5 6 dan 7 dalam format word bisa di download melalui TAUTAN INI. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel