Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas Tema 1 Halaman 42 dan 43

Berbagi kunci jawaban buku siswa kelas 5 tema 1 halaman 42. Semoga bermanfaat dan mempermudah.

Pada soal-soal yang terdapat pada buku siswa kelas 5 tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia diperlukan kunci jawaban guna mempermudah guru dan siswa dalam membahas setiap soal-soal yang dikerjakan.

Melanjutkan postingan tentang kunci jawaban kelas 5 tema 1 pembelajaran 1 sampai 6, berikut guru-id bagikan untuk halaman 42 tentang dena dan peta.

1. KUnci Jawaban halaman 42

Di bawah kandang kelinci, Edo melihat seekor siput yang sedang berjalan perlahan. Edo pun mengambilnya.

“Kelinci dan siput sama-sama hewan, tetapi gerakannya kok berbeda, ya? Kelinci bergerak lincah, berlari, dan meloncat, sedangkan siput bergerak sangat pelan. Mengapa bisa begitu, ya?” gumam Edo penasaran

1. Cara Berkembang Biak
Kelinci : vivipar (beranak/melahirkan)
Siput : ovipar (bertelur)
2. Bagian Luar Tubuh
Kelinci : Ditumbuhi oleh bulu-bulu yang berwarna putih, coklat, abu-abu, hitam, orange, dan sebagian lainnya memiliki warna campuran antara 2-3 warna.
Siput: siput memiliki cangkang keras diluarnya sebagai pelindung tetapi ada pula yang tidak memilikinya. tubuhnya berlendir.
3. Gerakan
Kelinci : cepat
Siput : lambat
4. Gigi
Kelinci : memiliki sepasang gigi depan yang besar.
Siput : memiliki ribuan struktur gigi mikroskopis yang terletak di lidah seperti pita yang disebut radula.
5. Mata
Kelinci : Mata terletak di kedua belah kepalanya sehingga kelinci dapat melihat ke atas tanpa perlu menengadahkan kepalanya.
Siput : Mata terletak di ujung tentakel.

Pada pembelajaran sebelumnya kamu telah mengetahui bahwa kelinci termasuk hewan vertebrata. Lalu bagaimana dengan siput? Siput merupakan hewan avertebrata. Hewan avertebrata merupakan hewan yang tidak memiliki tulang belakang.

Adapun ciri-ciri hewan avertebrata lainnya antara lain biasanya susunan syarafnya berada di perut, memiliki rangka luar, dan otaknya tidak terlindungi oleh rangka. Contoh hewan avertebrata adalah siput, serangga, cacing, uburubur, cumi-cumi, dan lain-lain.

1. KUnci Jawaban halaman 43

Di sekitarmu pastinya banyak sekali jenis hewan avertebrata. Bersama temanmu amati hewan-hewan tersebut dan identifikasikan organ geraknya. Tuliskan hasilnya pada tabel berikut.

1. Belalang: Nama organ : Kaki dan sayap, fungsinya Melompat dan terbang

2. Cacing: Nama organ : Otot dibawah kulit, fungsinya melenturkan segmen demi segmen cacing tanah sehingga dapat bergerak seperti bergelombang.

3. Ubur-ubur: Nama organ: Tentakel :, fungsinya untuk makan, meraba, dan menggengam.

Demikianlah informas tentang kunci jawaban buku siswa kelas 5 mulai dair halaman 42 dan 43.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel