Siswa SMK Ini Ciptakan Alat Penjemur Pakaian Anti Hujan Otomatis

gambar Bagas tri fariza

Lomba Kompetensi siswa menengah Kejuruan atau LKS SMK Tingkat Nasional Tahun 2019 yang digelar pada tanggal 7 hingga 13 Juli 2019 lalu meninggalkan banyak kesan mendalam. Karena selain perlombaan acara ini menjadi ajang pameran prestasi serta kemampuan para peserta SMK di Indonesia.

Salah satunya alat yang diciptakan oleh Bagas Tri fahriza Siswa SMK Negeri 1 Prabumulih Sumatera Selatan. Bagas merupakan anak ketiga dari tiga bersaudara warga asli desa Lubuk Raman Kecamatan Rambang Dangku Kabupaten Muara enim.

Siswa kelas 12 ini beserta guru pembimbingnya mampu menciptakan alat penjemur pakaian anti hujan Otomatis. Bagas menyatakan ide pembuatan alat ini didapatkan karena melihat keseharian para ibu rumah tangga yang terkadang lupa atau tidak sempat mengangkat jemuran karena sibuk mengerjakan pekerjaan lain.

Alat ini tersusun dari besi Hollow, Dinamo, Seng, rantai sensor air, dan kotak panel. Cara kerjanya juga tidak terlalu sulit. Alat ini mampu bergerak kedua arah yakni kanan dan kiri. Pada bagian kanan jemuran terdapat atap yang menutupi jemuran sehingga jemuran akan aman dari hujan. Sedangkan pada bagian kiri tidak memiliki atap sehingga jemuran dapat terkena sinar matahari.

Pada bagian atas terdapat sebuah sensor air yang berfungsi untuk mengaktifkan dinamo penggerak jemuran jika hujan turun. Dinamo penggerak inilah yang akan menarik jemuran dari sisi sebelah kiri menuju sisi sebelah kanan sehingga jemuran akan tetap aman meski hujan turun.

Alat ini nantinya akan terus dikembangkan oleh para siswa SMK negeri 1 Prabumulih. Karena kedepannya alat ini akan menggunakan remot jarak jauh bahkan aplikasi smartphone. Hal ini karena SMK negeri 1 Prabumulih memiliki jurusan Multimedia. dengan salah satu fokus pembelajaran pembuatan aplikasi smartphone.

Selengkapnya silahkan tonton video lengkapnya di chanel Youtube new aditv fahriza melalui tautan Video dibawah ini.

Sumber video : chanel new aditv

0 Response to "Siswa SMK Ini Ciptakan Alat Penjemur Pakaian Anti Hujan Otomatis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel