jawaban buku kelas 6 tema 1 subtema 3 Halaman 111 - 113

Bismillah, kali ini viter akan berbagi kunci jawaban buku siswa halaman 111 - 113 kelas 6 tema 1 subtema 3 Selamatkan hewan dan Tumubuhan pembelajaran 1 . Untuk file dalam format word juga tersedia.

gambar kunci jawaban siswa kelas 6 tema 1 halaman 71

Tahukah kamu harimau sumatra, orangutan dari Kalimantan, atau Badak Bercula Satu dari Ujung Kulon? Hewan-hewan tersebut merupakan jenis hewan Indonesia yang dilindungi karena langka. Apa yang menyebabkan hewan tersebut menjadi langka? Ayo, kita cari tahu!

Perhatikan dua gambar berikut. Jawablah pertanyaan dibawahnya.

gambar jawaban soal kelas 6 tema 1 subtema 3

Berikut Kunci Jawaban soal pada buku siswa kelas 6 tema 1 subtema 3 halaman 111.

1. Hutan akan ditebang dan dimusnahkan karena lahannyaakan dibangun perkotaan.

2. Hewan-hewan yang ada dihutan akan kehilangan tempat tinggal dan kehilangan sumber makanan mereka.

3. Hewan-hewan tersebut akan mncari tempat tinggal yang baru. Mereka akan ke pemukiman warga terdekat.

4. Manusia akan sulit mendapatkan udara segar karena tidak ada lagi pohon yang menghasilkan oksigen. Lalu pemukiman hidup manusia akan berbahaya karena hewan-hewan yang tinggal dihutan akan beralih pemukiman warga terdekat untuk mencari makanan dan tempat tinggal yang baru dan akan membahayakan manusia.

TEKS

Taman Nasional banyak terdapat di Indonesia, seperti Taman Nasional Tanjung Puting di Kalimantan yang melindungi orangutan. Tujuan dibuatnya Taman Nasional adalah untuk melestarikan hewan dan tumbuhan yang semakin berkurang jumlahnya. Bertambahnya jumlah penduduk menjadi penyebab utama berkurangnya hutan tempat hidup hewan-hewan tersebut. Pembangunan gedung dan perumahan menjadi penyebab menyingkirnya hewan tersebut dari habitat aslinya. Perburuan liar mengakibatkan hewan tersebut berada di ambang kemusnahan.

Soal

Mengapa hewan-hewan tersebut perlu dilestarikan? Apa manfaatnya bagi kelangsungan hidup rakyat Indonesia?

Kunci Jawaban halaman 113

Contoh :
Hewan perlu dilestarikan karena hewan sangat bermanfaat bagi kehidupan rakyat Indonesia. Salah satu manfaat hewan adalah sebagai sumber makanan dan sebagai ciri khas fauna bangsa Indonesia. Selain itu hewan perludilestarikan agar tidak punah, karena apabila punah maka generasi penerus bangsa tidak akan bisa lagi melihat hewan tersebut

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel