Jawaban Soal Halaman 153 Buku Siswa Kelas 6 Subtema 3

Bismillah, kali ini viter akan berbagi kunci jawaban halaman 153 buku siswa kelas 6 tema 1 subtema 3 Selamatkan hewan dan Tumubuhan pembelajaran 6. Untuk file dalam format word juga tersedia.

gambar kunci jawaban siswa kelas 6 tema 1 halaman 71
Daun pandan yang Wangi

Daun pandan adalah tumbuhan semak. Daun ini banyak tumbuh di negara-negara Asia Tenggara. Di Indonesia, tanaman pandan disebut dengan nama pandan wangi atau pandan rampe. Penduduk Thailand menyebutnya dengan nama Bai Toey. Di Vietnam, daun pandan dikenal sebagai La Dua.

Helai daun pandan berbentuk pita, tipis, licin, dan berujung runcing. Ukuran panjang daun adalah 40-80 cm dengan lebar 3-5 cm. Daun pandan berwarna hijau.

Masyarakat memanfaatkan pandan sebagai rempah-rempah dan sebagai bahan baku pembuatan minyak wangi. Daunnya harum apabila diremas atau diiris-iris. Tanaman ini sering digunakan sebagai bahan penyedap, pewangi, dan pemberi warna hijau pada masakan.

Buatlah kesimpulan dari teks di atas. Kunci Jawaban halaman 152

Contoh : Daun pandan adalah tanaman yang tumbuh di Indonesia, Thailand dan Vietnam. Daun pandan berwarna hijau dengan daun berbentuk pita, tipis, licin, memiliki panjang sekitar 40 – 80 cm dan lebar sekitar 3 – 5 cm, dan runcing. Daun pandan sering dimanfaatkan sebagai rempah-rempah oleh masyarakat.

1. Bacalah teks berikut.

Harimau Sumatera hampir punah karena hilangnya habitat, berkurangnya jumlah jenis mangsa, dan perburuan. Jumlah harimau Sumatera saat ini berkisar 400 ekor. Mereka hidup di dataran rendah, lahan gambut, dan hutan hujan pegunungan.

Harimau Sumatera bertubuh paling kecil dibandingkan jenis harimau yang hidup saat ini. Harimau jantan dewasa memiliki tinggi hingga 60 cm. Ukuran panjang hewan ini dari kepala hingga kaki mencapai 250 cm dan berat hingga 140 kg. Harimau betina memiliki panjang rata-rata 198 cm dan berat hingga 91 kg. Warna kulit harimau Sumatera merupakan yang paling gelap dari seluruh harimau, mulai dari kuning kemerah-merahan hingga oranye tua

Jawaban soal 153

1. Membaca teks.

2. Kebijaksanaan guru.
Contoh :

Harimau Sumatera kini sudah hampir punah. Jumlahnya hanya berkisar 400 ekor saja. Harimau Sumatera memiliki tubuh paling kecil dibandingkan dengan jenis harimau lain yang hidup saat ini. Namun warna kulit Harimau Sumatera merupakan yang paling gelap dari seluruh harimau.

3. Kebijaksanaan guru.
Berdasarkan pengalaman siswa.

4. Kebijaksanaan guru.
Contoh :

Hewan dan tumbuhan perlu dilestarikan karena sangat bermanfaat bagi kehidupan kita. Salah satu manfaat hewan dan tumbuhan adalah sebagai sumber makanan dan sebagai ciri khas flora dan fauna bangsa Indonesia. Selain itu hewan dan tumbuhan juga perlu dilestarikan agar tidak punah, karena apabila punah maka generasi penerus bangsa tidak akan bisa lagi melihat hewan dan tumbuhan tersebut. Cara untuk melestarikan hewan dan tumbuhan tersebut adalah dengan mengembangbiakkannya dan menjaga lingkungan hidup serta kelangsungan hidupnya, juga dengan tidak memburu hewan dan tidak merusak tumbuhan.

5. Kebijaksanaan guru.
Contoh :

Pak Bambang memiliki 3 ekor sapi. Masing-masing sapi setiap hari menghasilkan 6 botol susu. Setiap hari Pak Bambang menjual susu nya ke pasar. Pak Malih adalah pedagang susu segar keliling. Setiap hari Pak Malih membeli 7 botol susu dari Pak Bambang. Berapa botol sisa susu yang dapat dijual Pak Bambang ke pasar?

Jawab :
( 3 x 6 ) – 7
= 18 – 7
= 11
Jawabannya adalah 11 botol.

6. Kebijaksanaan guru.
Contoh :
Kegiatan ekonomi di Negara Kamboja adalah pertanian. Hal ini dikarenakan kondisi geografisnya yang dialiri oleh sungai Mekong. Karena itu, Negara Kamboja memiliki tanah yang subur.

Sedangkan kegiatan ekonomi di Negara Thailand salah satunya adalah bidang pariwisata. Karena keadaan geografis di Negara Thailand dipenuhi dengan bangunan yang unik dan menjadi daya tarik para wisatawan.

0 Response to "Jawaban Soal Halaman 153 Buku Siswa Kelas 6 Subtema 3"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel