Gagal Sinkron Dapodik 2020, Ini Solusinya

Kasus gagal sinkron aplikasi dapodik 2020 banyak sekali terjadi saat ini. Mulai dari munculnya notifikasi data invalid padahal data sudah valid, bahkan error yang tidak jelas asalnya setelah update versi sinkronisasi. Selain dengan menunggu patch dapodik 2020.a, rekan-rekan operator bisa mencoba cara dibawah ini.

Saran untuk rekan-rekan operator, untuk saat ini jangan dulu mengklik tombol update versi sinkronisasi. Karena salah satu penyebab gagal snkron adalah karena hal tersebut.

Saat ini ada dua permasalahan yang sedang viral terkait dengan gagal atau error sinkronisasi pada aplikasi dapodikdasmen versi 2020. Insya allah di artikel kali ini akan guru-id bahas guna membantu permasalahan rekan-rekan seperjuangan.

1. Jika muncul notifikasi gagal sinkronisasi seperti penampakkan gambar dibawah ini, maka anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah sebagai solusinya.

gambar Cara Mengatasi gagal Sinkronisasi Dapodik 2020
Solusinya

1. Download file PHP melalui link berikut.

Jangan lupa lakukan hal ini terlebih dahulu

2. Setelah terdownload ectract file tersebut kemudian salin dan timpakan 2 file php tersebut langsung ke folder C:\Program Files (x86)\Dapodik\dataweb\synch_dikdas (64 bit)

3. jika 32 bit ke folder : C:\Program Files\Dapodik\dataweb\synch_dikdas

4. Disarankan menggunakan browser google chrome, jangan lupa hapus semua riwayat browser anda, kemudian restar laptop.

1. Apabila muncul permasalahan berikut "proses Sinkronisasi dihentikan karena masih terdapat data Invalid, untuk lebih detail , silahkan cek di halaman front end".

Yang mengalami masalah INVALID saat proses sinkronisasi seperti pesan dibawah ini: Proses Sinkronisasi dihentikan karena masih terdapat data invalid. Untuk lebih detail, silahkan cek di halaman validasi Front End.

Solusinya:

👉 Hapus history browser (Dapodik) secara menyeluruh dari semua waktu (all time) dengan menekan Ctrl+Shift+Del

👉 Tutup browser dapodik

👉 Download link invalid exe disini

Install invalid exe melalui Run as administrator dengan sekali klik selesai.

Jika masih Gagal, maka solusi terakhir adalah silahkan tunggu patch aplikasi dapodikdasmen 2020.a. Insya allah akan mengatasi permasalahan yang terjadi saat ini.

0 Response to "Gagal Sinkron Dapodik 2020, Ini Solusinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel