Akun PTK Dapodik Untuk Login Info GTK | Begini Cara Membuatnya

Regulasi Baru tahun pelajaran 2019/2020 semester 1, menetapkan bawah info gtk hanya bisa dibuka melalui Akun PTK Dapodik. Artinya untuk cek validasi tunjangan profesi guru sampai ke penerbiatan SKTP, PTK benar-benar harus memiliki username dan password aktif agar bisa login ke info gtk.

Sebenarnya ada 2 cara lain yang bisa digunakan untuk Cek info gtk tanpa harus menggunakan akun PTK dapodik yaitu melalui website manajemen dikdasmen dan sim pkb. Sayangnya saat ini cara tersebut sudah tidak bisa digunakan lagi Sehingga pada postingan kali ini admin akan berbagi tutorial cara membuat akun ptk dapodik agar bapak dan ibu guru bisa mendapatkan username dan password login di info gtk.

Account PTK pada Aplikasi Dapodik berisi email dan password yang dibuat secara mandiri oleh GTK masing-masing dengan didampingi operator sekolah. Syarat utama membuat akun tersebut adalah memiliki email aktif. Boleh menggunakan Gmail, yahoo atau perusahaan penyedia email yang resmi.

Sekarang kita masuk ke langkah-langkah cara membuat akun PTK melalui Aplikasi Dapodikdasmen. ikuti step demi step dan jangan lupa harus didampingi operator sekolah.

Step 1 Pada beranda aplikasi Dapodik silahkan klik menu gtk > Guru > Pilih Nama GTK >klik penugasan, Tunggu sampai muncul jendela baru.

gambar cara membuat akun ptk dapodik

Step 2 Pada jendela baru yang tampil, klik tombol Buat/Ubah Akun PTK. selanjutnya masukkan email aktif anda ke dalam form username. Kemudian isikan password anda ke dalam form yang tersedia. (disarankan menggunakan email aktif dan password dikombinasikan dengan angka dan huruf kapital). jika sudah selesai klik tombol "simpan"

gambar cara ubah akun ptk dapodik
gambar membuat akun ptk dapodik

Catatan Penting
1. Password yang dimasukan bukan berarti password yang sama dengan password asli email PTK

2. Diharapkan agar PTK sendiri yang memasukan password tersebut

3. Akun ini akan digunakan oleh PTK untuk keperluan transaksi semua aplikasi yang dikelola oleh Ditjen GTK

4. Akun pengguna PTK hanya dapat digunakan untuk PTK yang berada di sekolah induk


Setelah berhasil membuat aku ptk maupun mengubah password silahkan sinkron aplikasi dapodik sekolah anda. Tunggu satu minggu kemudian coba login ke info gtk menggunakan email dan pasword yang telah dibuat.

2 Responses to "Akun PTK Dapodik Untuk Login Info GTK | Begini Cara Membuatnya"

  1. jadi setelah pembuatan akun kita hrs menunggu 1 minggu yo mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pak, 1 sampai 2 minggu perubahan akun login info gtk

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel