Beragam Model Pembelajaran Abad 21 di Portal Rumah belajar Kemendikbud | Yuk Daftar di https://belajar.kemdikbud.go.id

Sudahkah bapak dan ibu guru mendaftar di portal rumah belajar kemendikbud ??? Jika belum segeralah melakukan pendaftaran melalui web resmi beralamat di https://belajar.kemdikbud.go.id. Dengan menjadi anggota rumah belajar kemendikbud, maka bapak dan ibu guru bisa menikmati fitur-fitur pembelajaran terbaru era industri 4.0.

gambar portal rumah belajar kemendikbud

Portal rumah belajar kemendikbud dapat digunakan oleh guru dan siswa yang berniat mendapatkan pengetahuan lebih, mencari bahan belajar kreatif dan ingin belajar online.

Bank soal untk SD , SMP, SMA, SMK juga disediakan di rumah belajar kemendikbud. Para guru dan siswa bisa belajar dengan mudah menggunakan ponsel andorid dimanapun berada.

Topik yang akan kita bahas kali ini adalah tentang "Model Pembelajaran Abad 21 di Portal Rumah belajar Kemendikbud". Tapi sebelumnya berikut ini adalah Delapan fitur utama rumah belajar kemendikbud yang perlu diketahui.

Fitur Rumah Belajar Kemendikbud

1. Sumber Belajar

Fitur sumber belajar merupakan salah satu layanan fitur yang tersedia di dalam portal Rumah Belajar, Layanan fitur Sumber Belajar tersebut diperuntukkan untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa dan guru di sekolah. Selain menyediakan berbagai materi pengetahuan jenjang pendidikan PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK juga menyediakan sarana evaluasi belajar secara online. Layanan ini akan memberikan alternatif media pembelajaran berbahasa Indonesia yang sesuai dengan tuntutan perkembangan TIK.

2. BSE (BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK)

Buku Sekolah Elektronik, disebut juga BSE, adalah inisiatif dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia yang bertujuan untuk menyediakan buku ajar elektroik untuk tingkat pendidikan dari SD, SMP, SMA dan SMK. Pemerintah (Kemendikbud) melalui Pusat Perbukuan membeli hak cipta buku-buku sekolah di berbagai jenjang pendidikan kemudian buku tesebut diunggah ke website. Web BSE merupakan situs yang menyajikan buku dengan format .pdf yang dapat dibaca secara online atau dapat diunduh untuk kemudian dibaca secara offline dengan alamat http://belajar.kemdikbud.go.id kemudian pilih fitur buku sekolah elektronik.

3. BANK SOAL

Fitur Bank Soal dikembangkan sebagai wadah bagi guru-guru untuk membuat soal dan berbagi kepada pengguna yang lain, serta melakukan evaluasi hasil belajar secara online. Evaluasi hasil belajar yang tersedia pada fitur Bank Soal ini yaitu: Latihan, Ulangan, dan Ujian. Latihan merupakan kumpulan soal-soal berdasarkan satu topik yang bersifat sebagai latihan beserta pembahasannya.

4. LAB MAYA

Laboratorium virtual adalah berupa software komputer yang memiliki kemampuan untuk melakukan modeling peralatan komputer secara matematis yang disajikan melalui sebuah simulasi.

5. PETA BUDAYA

Fitur Peta Budaya merupakan salah satu layanan fitur yang tersedia di dalam portal Rumah Belajar, Layanan fitur Peta Budaya tersebut diperuntukkan untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa dan guru di sekolah maupun masyarakat yang ingin mengetahui keanekaragaman budaya Indonesia.

6. WAHANA JELAJAH ANGKASA

Fitur Wahana Jelajah Angkasa adalah tur virtual dengan medan turnya adalah luar angkasa. Fitur ini memanfaatkan program Worldwide Telescope (WWT) dengan bahasa pengoperasian utamanya disajikan dalam Bahasa Inggris.

7. PKB (PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN)

Fitur PKB dikembangkan sebagai wadah bagi penyelenggara diklat untuk memberikan layanan peningkatan kualitas SDM, dalam bentuk diklat secara online.

8. KELAS MAYA

Kelas Maya di Rumah Belajar merupakan sebuah learning management system (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi terjadinya pembelajaran online (daring) antara peserta didik dan pendidik kapan saja dan di mana saja.

Model Pembelajaran Rumah Belajar Kemendikbud

1. Project-Based Learning

Model ini merupakan model pembelajaran berbasis proyek dengan tujuan yaitu untuk menemukan solusi atas masalah yang diberikan pendidik untuk didiskusikan. Masalah-masalah yang diberikan berupa masalah yang lebih kompleks dan mengharuskan peserta didik untuk memiliki kemampuan analisisb yang baik. Hasil metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu portofolio pembelajaran. Sintaks atau tahapan pembelajaran untuk model pembelajaran ini kurang lebih sama dengan problem-based learning.

2. Discovery-Inquiry Learning

Model ini merupakan model pembelajaran berbasis penemuan dimana peserta didik tidak menerima konsep atau materi dalam bentuk final. Peserta didik diminta untuk menemukan sendiri cara atau langkah-langkah belajarnya dalam menemukan suatu konsep. Masalah-masalah yang diberikan biasanya berupa pembuktian. Berdasarkan prosedur model pembelajaran Discovery-inquiry Learning yang memanfaatkan sumber Belajar,

Selengkapnya silahkan download "PEDOMAN PEMANFAATAN PORTAL RUMAH BELAJAR" Pustekkom Kemendikbud tahun 2019. UNDUH FILE.

Demikianlah informasi tentang portal rumah belajar kemendikbud sebagai sarana mencari bahan belajar terbaru tahun ini.

0 Response to "Beragam Model Pembelajaran Abad 21 di Portal Rumah belajar Kemendikbud | Yuk Daftar di https://belajar.kemdikbud.go.id"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel