Portal Login dan Cara Pengisian Data Sensus Penduduk Online 2020

Guru-id.com - Laman ini akan berbagi panduan lengkap cara sensus penduduk online tahun 2020. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca di blog ini khususnya yang ingin melakukan sensus penduduk online.

GAMBAR SENSUS PENDUDUK ONLINE 2020

sensus.bps.go.id merupakan halaman resmi yang mencatat jumlah data penduduk di Indonesia secara Daring atau online. Jika rekan-rekan ingin ikut berpartisipasi dalam sistem sensus penduduk Online Tahun 2020, maka bisa dilakukan secara mandiri melalui situs tersebut.

Sensus penduduk 2020 merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk menuju satu data kependudukan Indonesia. Sebagaimana kita ketahui bersama sensus ini Menggunakan data administrasi kependudukan dari Ditjen Dukcapil sebagai basis data dasar yang kemudian dilengkapi pada pelaksanaan SP2020. Upaya ini menjadi langkah penting pewujudan Satu Data Kependudukan Indonesia. Dapat dilakukan kapan saja secara mandiri selama periode pelaksanaan Sensus Penduduk Online.

Tahapan Kegiatan ini, Terdiri dari tiga tahapan pengumpulan data yaitu Sensus Penduduk Online (SP Online) di bulan Februari - Maret 2020, Sensus Penduduk Wawancara (SP Wawancara) di bulan Juli 2020, dan Pencacahan Sampel di bulan Juli 2021.

Sosialisasi terkait pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 yang diharapkan dapat meningkatkan kesadaran, pemahaman, dukungan, dan partisipasi aktif dari seluruh masyarakat.

TUjuan dilakukannya kegiatan ini adalah agar Dapat dilakukan kapan saja secara mandiri selama periode pelaksanaan Sensus Penduduk Online. Selain itu literasi masyarakat terhadap penggunaan teknologi informasi yang semakin baik.

Alasan Lainnya adalah untuk Menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang arti penting data, dimulai dari informasi pribadinya.

Tahapan Sensus Penduduk Online 2020

Untuk lebih jelasnya berikut adalah Tahapan Pelaksanaan Sensus Penduduk Online Tahun 2020 yang bisa dijadikan panduan singkat oleh pembaca di tanah air yang akan mengikuti program SP Online 2020.

1. Pada bulan februari sampai Maret Tahun 2020 Masyarakat Melaksanakan sensus secara mandiri melalui Website https://sensus.bps.go.id/.

2. Dilakukan Evaluasi Berkala Sensus Penduduk Online.

3. Pada bulan Juli Tahun 2020 akan dilakukan kegiatan Census Data, yaitu Pemeriksaan Data penduduk, Verifikasi Lapangan, Pencacahan Lengkap

4. Pada bulan juli Tahun 2021 akan dilaksanakan kegiatan Pengumpulan data dan Informasi kependudukan dan perumahan untuk menghasilkan berbagai parameter demografi dan Indikator sosial lainnya.

Kuesioner Sensus Penduduk 2020

Berikut adalah dokumen lengkap beserta tata cara pengisian Kuesioner sensus penduduk online tahun 2020 yang bisa dipahami oleh pembaca:

  1. 1. Gunakan pensil 2B untuk mengisi jawaban
  2. Hapus sampai bersih jika ingin mengubah jawaban
  3. Jaga dokumen agar tetap bersih, kering, serta tidak boleh terlipat

Berikut link download Kuesioner Sensus Penduduk 2020, KLIK TAUTAN INI.

Cara Sensus Penduduk Online 2020

#Langkah pertama : Warganet silahkan masuk ke laman login sensus penduduk online di link berikut : https://sensus.bps.go.id/login.

#Langkah kedua Pada form yang tampil ketikkan nomor NIK dan KK, kemudian kode . Jika sudah benar klik tombol biru "CEK Keberadaan" Seperti gambar dibawah ini.

gambar cara sensus penduduk online 2020

#Langkah ketiga Pada laman selanjutnya warganet diminta membuat password login. Kami sarankan menggunakan password dengan kombinasi angka huruf dan simbol agar kuat. Caranya isikan password kemudian buat pertanyaan keamanan lalu klik tombol "Buat Password"

#Langkah keempat Untuk mulai mengisi data keluarga silahkan klik tombol "Mulai Mengisi". Adapun data yang diperlukan adalah Kartu keluarga dan KTP, jika dibutuhkan siapkan juga Surat Keterangan Kematian, termasuk untuk anggota keluarga tambahan.

gambar cara mengisi sensus penduduk online 2020

#Langkah kelima pada laman keterangan keluarga, silahkan isikan data alamat dan keterangan tempat tinggal saat ini yang lengkap. Mulai dari provinsi sampai ke RT/Dusun, jika diangga benar klik tombol lanjut

#Langkah keENAM VERIFIKASI Data keluarga anda, jika ingin menambah data keluarga anda silahkan klik tombol Tambah. Baca dan pahami syarat menambahkan daftar anggota keluarga baru.

#Langkah ketujuhsilahkan isikan data kependudukan, dengan benar dan lengkap mulai dari kepala keluarga sampai anak kita. Setiap selesai mengisi klik tombol lanjut.

#Langkah Kedelapan Jika semua data telah terisi dan dianggap benar dan sudah terisi maka status data "sudah update", silahkan klik tombol kirim. Namun jika masih ada data yang belum terisi, maka status data "belum lengkap" silahkan klik tombol lihat untuk mengisi data. Pastikan data sudah benar dan sesuai dengan dokumen asli.

#Langkah Kesembilan Catatan penting pada jendela konfirmasi: Periksa kembali hasil isian sebelum data dikirim. Jika Anda akan melengkapi data, mohon untuk menyimpan sementara. Anda hanya memiliki satu kali kesempatan untuk melakukan perubahan setelah data terkirim.

Akhirnya

Penulis akhirkan informasi ini, dan penulis berharap Postingan ini bisa menambah wawasan dan bermanfaat untuk pembaca.

0 Response to " Portal Login dan Cara Pengisian Data Sensus Penduduk Online 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel