Cara Mengikuti Sensus Penduduk Online 2020 dan Kuisioner Sensus Penduduk Online

Guru-id.com - sensus.bps.go.id merupakan halaman resmi yang mencatat jumlah data penduduk di Indonesia secara Daring atau online. Jika rekan-rekan ingin ikut berpartisipasi dalam sistem sensus penduduk Online Tahun 2020, maka bisa dilakukan secara mandiri melalui situs tersebut.

gambar kuesioner Sensus Penduduk online tahun 2020

Sensus penduduk 2020 merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk menuju satu data kependudukan Indonesia. Sebagaimana kita ketahui bersama sensus ini Menggunakan data administrasi kependudukan dari Ditjen Dukcapil sebagai basis data dasar yang kemudian dilengkapi pada pelaksanaan SP2020. Upaya ini menjadi langkah penting pewujudan Satu Data Kependudukan Indonesia. Dapat dilakukan kapan saja secara mandiri selama periode pelaksanaan Sensus Penduduk Online.

Tahapan Kegiatan ini, Terdiri dari tiga tahapan pengumpulan data yaitu Sensus Penduduk Online (SP Online) di bulan Februari - Maret 2020, Sensus Penduduk Wawancara (SP Wawancara) di bulan Juli 2020, dan Pencacahan Sampel di bulan Juli 2021.

Sosialisasi terkait pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 yang diharapkan dapat meningkatkan kesadaran, pemahaman, dukungan, dan partisipasi aktif dari seluruh masyarakat.

TUjuan dilakukannya kegiatan ini adalah agar Dapat dilakukan kapan saja secara mandiri selama periode pelaksanaan Sensus Penduduk Online. Selain itu literasi masyarakat terhadap penggunaan teknologi informasi yang semakin baik.

Alasan Lainnya adalah untuk Menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang arti penting data, dimulai dari informasi pribadinya.

Tahapan Sensus Penduduk Online 2020

Untuk lebih jelasnya berikut adalah Tahapan Pelaksanaan Sensus Penduduk Online Tahun 2020 yang bisa dijadikan panduan singkat oleh pembaca di tanah air yang akan mengikuti program SP Online 2020.

1. Pada bulan februari sampai Maret Tahun 2020 Masyarakat Melaksanakan sensus secara mandiri melalui Website https://sensus.bps.go.id/.

2. Dilakukan Evaluasi Berkala Sensus Penduduk Online.

3. Pada bulan Juli Tahun 2020 akan dilakukan kegiatan Census Data, yaitu Pemeriksaan Data penduduk, Verifikasi Lapangan, Pencacahan Lengkap

4. Pada bulan juli Tahun 2021 akan dilaksanakan kegiatan Pengumpulan data dan Informasi kependudukan dan perumahan untuk menghasilkan berbagai parameter demografi dan Indikator sosial lainnya.

Kuesioner Sensus Penduduk 2020

Berikut adalah dokumen lengkap beserta tata cara pengisian Kuesioner sensus penduduk online tahun 2020 yang bisa dipahami oleh pembaca:

  1. 1. Gunakan pensil 2B untuk mengisi jawaban
  2. Hapus sampai bersih jika ingin mengubah jawaban
  3. Jaga dokumen agar tetap bersih, kering, serta tidak boleh terlipat

Berikut link download Kuesioner Sensus Penduduk 2020, KLIK TAUTAN INI.

0 Response to "Cara Mengikuti Sensus Penduduk Online 2020 dan Kuisioner Sensus Penduduk Online"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel