Juknis Kompetisi Sains Nasional (KSN) OSN SD Tahun 2020

guru-id.com - Jika sampai ke laman ini, maka pencarian anda terkait dengan permintaan file pdf Juklak KSN atau juknis OSN tahun 2020 Telah berhasil ditemukan. Download fileny di bagian laman bawah di akhir artikel ini.

GAMBAR JUKNIS KSN OSN 2020

Bagi Satuan Pendidikan Jenjang SD yang akan mengikuti kegiatan kompetisi sains Nasional tahun 2020 tantu akan membutuhkan petunjuk teknis pelaksanaan kegiatan Tersebut.

Kompetensi Sains Nasional disingkat KSN merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan serta penguatan pendidikan karakter siswa jenjang Sekolah Dasar (SD).

Nama KSN sebelumnya adalah OSN yang merupakan kepanjangan dari Olimpiade Sains Nasional. Semoga pelakasanaan KSN/OSN Tahun ini berjalan dengan Lancar setelah SSatuan Pendidikan memahami Juknis Nya.

Adapun kegiatan KSN ini juga sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi. Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.

Tujuan khusus KSN-SD Tahun 2020 adalah Memotivasi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk mengaplikasikan pengetahuan bidang Matematika dan IPA dalam kehidupan sehari-hari;

Selain itu juga Memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas pembelajaran Matematika dan IPA di SD dan atau yang sederajat;

Untuk menunjang keberhasilan kegiatan KS/OS pada tahun 2020 ini, pemerintah sudah menerbitkan juknisnya.

Peserta KSN-SD tingkat nasional berjumlah 136 peserta didik untuk bidang Matematika dan 136 peserta didik untuk bidang IPA berdasarkan ketentuan sebagai berikut:

Sejumlah 68 peserta didik berdasarkan peringkat nasional hasil seleksi tingkat provinsi dengan jumlah maksimal setiap provinsi sebanyak 3 peserta didik.

Sejumlah 2 peserta didik wakil masing-masing provinsi diambil dari peringkat tertinggi provinsi.

Oleh karena itu, setiap provinsi dapat diwakili oleh minimal 2 peserta didik dan maksimal 5 peserta didik untuk masing- masing bidang studi berdasarkan hasil penilaian seleksi tingkat provinsi.

Seleksi dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota, dan provinsi.

Peserta KSN atau OSN tahun 2020

Peserta seleksi tingkat kecamatan adalah peserta didik kelas IV atau V SD dan atau yang sederajat dengan usia maksimal 13 tahun pada 31 Juli 2020 dan memenuhi persyaratan sebagai berikut:

a Peserta adalah warga negara Indonesia (WNI);

b Peserta memiliki kompetensi di bidang Matematika atau IPA;

c Peserta belum pernah meraih medali emas, perak, perunggu pada KSN – SD tingkat nasional tahun sebelumnya baik pada bidang yang sama maupun bidang yang berbeda.

d Peserta belum pernah meraih medali emas, perak, perunggu pada lomba tingkat internasional yaitu International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) dan International Mathematics Competition (IMC) pada tahun sebelumnya.

e Peserta diusulkan oleh sekolah untuk mengikuti proses seleksi di tingkat kecamatan. Sekolah hanya mengirimkan 1 (satu) peserta untuk bidang Matematika dan/atau 1 (satu) peserta untuk bidang IPA.

Seleksi tingkat kecamatan menentukan masing-masing 3 (tiga) orang peserta didik terbaik tiap bidang (Matematika dan IPA) untuk dikirim pada seleksi KSN tingkat kabupaten/ kota.

Setiap propinsi harus melakukan registrasi daring bagi peserta yang akan mengikuti KSN-SD tingkat nasional dengan cara mengunggah kelengkapan berkas yang telah di-scan ke:

Jangan lupa Download juga Latihan Soal OSN SD tahun 2020, (KLIK TAUTAN INI).

http://ditpsd.kemdikbud.go.id/peserta-didik/registration-osn

Selengkapnya silahkan Download Juknis KSN OSN SD Tahun 2020 format PDF, (UNDUH FILE).

0 Response to "Juknis Kompetisi Sains Nasional (KSN) OSN SD Tahun 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel