RPP 1 Lembar Matematika SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2020

guru-id.com - Liburan Semester Ganjil akan segera Berakhir. Pembelajaran Semester Genap 2019-2020 akan dimulai Pekan ini. Para Guru pasti sedang sibuk mempersiapkan Perangkat pembelajaran .

gambar rpp matematika SMP 1 lembar/halaman revisi 2020

Dokumen penting yang menjadi kebutuhan Pokok Pendidik adalah Rencana Mengajar atau Lebih dikenal dengan RPP. Setiap Semester RPP dibuat sebagai pegangan guru dikelas.

Pada semester ini (genap) ada yang berbeda dengan penyusunan RPP. Yang semula 13 komponen dimuat didalamnya kini cukup tiga komponen saja. Acuannya tentu saja berdasarkan perintah menteri pendidikan kita bapak Nadiem anwar Makariem.

Bagi rekan-rekan guru yang belum tahun apa dasar hukumnya silahkan download surat edaran mendikbud nomor 14 tahun 2019, (DISINI).

Didalam surat edaran tersebut dituliskan tentang penyederhanaan RPP bahkan bisa dibuat 1 lembar/Halaman saja. Namun lebih dari itu juga boleh. Namun RPP yang disusun oleh guru tetap harus berkualitas.

Contoh RPP matematika 1 lembar

Sesuai dengan judul Posting guru-id akan berbagi Contoh RPP matematika SMP format 1 lembar/halaman yang berisi tiga komponen inti yaitu Tujuan pembelajaran, Kegiatan dan Penilaian (Asesmen).

RPP matematika yang guru-id bagikan khusus untuk kelas 9. Adapun materi pokok yang dipelajari tentang Konsep Bilangan Berpangkat & Menggunakan Notasi Pangkat.

Untuk lebih jelasnya berikut adalah tujuan pembelajaran pada RPP matematika/MTS kelas 9 .

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning yang dipadukan dengan metode mind mapping, teknik ATM. dan pendekatan
saintifik, peserta didik diharapkan dapat:

> Menuliskan perkalian bilangan dalam bentuk perpangkatan

> Menentukan hasil perpangkatan suatu bilangan

> Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penerapan konsep bilangan berpangkat

dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki
sikap responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan 1. Pendahuluan

Orientasi : Penguatan Pendidikan Karakter
❖ Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

Apersepsi ❖ Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik terhadap materi sebelumnya, mengingatkan kembali materi dengan bertanya.

Motivasi

❖ Guru menyampaikan topik tentang Konsep Bilangan Berpangkat <& Menggunakan Notasi Pangkat Namun sebelum mengkaji lebih lanjut tentang topik itu, secara khusus guru mengadakan sesi perkenalan.

Orientasi Peserta Didik Kepada Masalah Literasi

❖ Peserta didik diberi stimulus atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi Konsep Bilangan Berpangkat c& Menggunakan Notasi Pangkat melalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/ eksperimen, mengasosiasikan mengolah informasi, mengomunikasikan)

Membaca

Peserta didik membaca materi Konsep Bilangan Berpangkat & Menggunakan Notasi Pangkat Menulis

Peserta didik diharapkan menuliskan perkalian bilangan dalam bentuk perpangkatan serta menentukan hasil perpangkatan suatu bilangan.

Mengamati

Peserta Didik mengamati tabel yang berisi contoh penulisan perpangkatan dari 5 dan bentuk perkaliannya, serta nilai dari perpangkatan tersebut.

Menganalisa & Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah Creativity (Kreativitas)

❖ Guru dan Peserta didik menarik sebuah kesimpulan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan tentang Konsep Bilangan Berpangkat cfe Menggunakan Notasi Pangkat

❖ Guru meminta siswa untuk menyimpulkan berkaitan dengan Kegiatan 2 yang telah dilakukan dengan cara melengkapi kalimat yang telah disediakan.

❖ Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami atau guru menyampaikan beberapa pertanyaan pemicu kepada siswa berkaitan dengan materi yang akan selesai dipelajari

PENUTUP (10 Menit)

Peserta Didik
❖ Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran dan pelajaran apa yang diperoleh setelah belajar tentang topik Konsep Bilangan Berpangkat & Menggunakan Notasi Pangkat

❖ Membuat ringkasan dengan bimbingan guru tentang hal-hal penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

Guru

❖ Melakukan Penilaian ❖ Memberikan tugas kepada peserta didik (PR), dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dibahas dipertemuan berikutnya maupun mempersiapkan diri menghadapi tes/ evaluasi akhir di pertemuan berikutnya

Guru memberi PR Latihan 1.1 (buku siswa halaman 10). ❖ Menutup kegiatan belajar mengajar dengan berdoa

C. PENILAIAN PEMBELAJARAN

Tes Tertulis : Bilangan berpangkal buku siswa halaman 10



Download RPP

Apakah Bapak dan ibu guru Sudah Memiliki Perangkat Pembelajaran RPP Tahun 2020? Mau ? rpp yang kami bagikan ini lebih Sederhana efesien, dan efektif.

1. RPP Dibuat Secara Sederhana
2. RPP Efisien, Efektif & Berorientasi
3. RPP Dibuat 1 Lembar Rpp Untuk 1 x Pertemuan (1 halaman)
4. 3 Komponen Inti Dalam Rpp ( Tujuan Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran & Penilaian Pembelajaran(Assessment)
5. RPP Disusun Mengacu Pada Pada Surat Edaran No 14 Tahun 2019
6. RPP Disusun Berdasarkan Kikd Terbaru Permendikbud No.37 Tahun 2018
7. RPP Disusun Berdasarkan Struktur Kurikulum Terbaru Permendikbud No.35 & 36 Tahun 2018
8. RPP Disusun Berdasarkan Buku Mapel Pegangan Guru & Siswa
9. RPP Merujuk Kepada Kurikulum Dan Kebutuhan Bagi Murid
10. Praktis, Lugas Dan Terarah

Untuk link download contoh rpp FORMAT DOC MAUPUN WORD silahkan unduh melalui tautan dibawah ini

+ Download RPP 1 lembar SMP Matematika kelas 7 Revisi 2020 - DOWNLOAD

+ Download RPP 1 lembar SMP Matematika kelas 8 Revisi 2020 - DOWNLOAD

+ Download RPP 1 lembar SMP Matematika kelas 9 Revisi 2020 - UNDUH DOC

aKHIR KATA

Semoga postingan ini bermanfaat khususnya untuk guru mATEMATIKA SMP yang sedang mencari referensi .

0 Response to "RPP 1 Lembar Matematika SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel