Cara Cepat Upload Foto Peserta UNBK 2020 dan Cetak Kartu UNBK

guru-id.com - Salah satu tugas proktor dalam pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis komputer (UNBK) adalah mencetak Kartu peserta Ujian yang berisi Username dan Password login aplikasi Unbk. Bagi rekan-rekan yang senior, agar mengabaikan tulisan ini karena penulis hanya menujukannya pada proktor pemula atau sekolah yang baru pertama kali melaksanaakan UNBK.

Kartu peserta UNBK Tahun 2020

Beberapa persiapan dan tahap dalam mencetak kartu peserta UNBK harus dipahami oleh Seorang Proktor. tanpa ilmu pengetahuan pastinya akan bingung apa yang harus dilakukan, terutama bagi proktor baru harus banyak belajar dan bertanya pada rekan-rekan yang sudah senior. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Bulan Maret mendatang Pelaksanaan Gladi bersih UNBK tahun 2020 akan dimulai

Oleh karena itu mari persiapkan administrasi yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan UNBK di sekolah anda. Adapun Salah satunya adalah cetak Kartu peserta Ujian Gladi Bersih UNBK 2020.

Untuk dapat mencetak Kartu UNBK tahun 2020, tahap awal yang harus dilakukan proktor adalah Upload foto peserta UNBK. Inilah pembahasan yang akan penulis bagikan di artikel ini. Selengkapnya silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

#pertama Siapkan dahulu Foto Peserta UNBK Ukuran 2x3 format JPG/JPEG yang telah di rename sesuai dengan username Login UNBK Masing-masing (Misal : p11070028675)

Catatan: Untuk cara masal merubah ukuran foto siswa 2x3 silahkan gunakan aplikasi paint atau microsoft office picture manager. jika belum jelas silahkan lihat gambar GIF dibawah ini.

ubah ukuran foto 2x3

#Kedua Setelah foto siap selanjutnya Block semua Foto yang diupload, caranya klik tombol CTRL+A. Pilih send to, kemudian ubah ke compress zip folder seperti penampakkan dibawah ini.

gambar cara ubah foto ke ZIP

#Ketiga Setelah file Foto secara keseluruhan pack menjadi winrar ZIP selanjutnya mari kita upload ke situs UNBK. Caranya silahkan login ke web unbk menggunakan username dan password sekolah anda.

#Keempat Pada laman utama UNBK pilih menu UNBK kemudian pilih "Kartu Peserta" pada jendela yang muncul klik tombol "Cetak" seperti penampakkan dibawah.

gambar cara cetak kartu UNBK 2020

Ayo rekan-rekan Download CONTOH SOAL UNBK 2020 Model AKM (Selengkapnya)

#Kelima Pada tampilan selanjutnya silahkan klik Upload foto, kemudian klik tombol tambah. Cari file foto yang tadi sudah di zip, jika sudha ketemu Klik Upload seperti penampakkan dibawah.

#KeenamUntuk melanjutkan cetak kartu peserta UNBK silahkan klik tombol Cetak yang tersedia, Kemudian pilih printer yang terinstall di perangkat anda. Atau kartu peserta bisa disimpan sebagai format PDF

Akhirnya

Penulis cukupkan sampai disini tulisan ini. Semoga bermanfat dan menambah wawasan bagi rekan-rekan Proktor UNBK yang membacanya. Terima kasih

0 Response to "Cara Cepat Upload Foto Peserta UNBK 2020 dan Cetak Kartu UNBK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel