Cara Setting VHD UNBK 2020 di Komputer Server

guru-id.com - Menjelang Pelaksanaan Ujian Nasional berbasis Komputer (UNBK) tahun 2020 pengaturan komputer server dan client sudah harus fix. tahap awal yang harus dilakukan Proktor adalah melakukan Installasi VHD UNBK fresh di komputer Server. Untuk mendapatkan file VHD ini Biasanya langsung di distribusikan oleh Pihak helpdesk dinas pendidikan kabupaten/kota masing-masing.

gambar aplikasi CBT UNBK 2020

Virtual Harddisk Drive UNBK inilah nantinya yang akan di install ke komputer server melalui mesin Virtualbox dan akan menjalankan aplikasi Computer Based Test (CBT) UNBK. Selain VHD ada beberapa file perangkat lunak atau Software pendukung lainnya baik yang di install di server maupun client. Berikut ini rinciannya.

  • Virtual Hardisk Drive (VHD) Fresh UNBK 2020 (Download Minta langsung ke Helpdesk kabupaten/kota).
  • Oracle VM VIrtual BOX versi 60.16 untuk komputer Server - (Download File)
  • Exambro Admin 2020 versi 27.11.129 untuk Komputer Server (Download file)
  • Exambro client 2020 versi 18.1223 untuk Komputer Client (Download file)
  • Browser Google chrome versi baru (Download langsung di web resmi)

Pastikan semua software yang dituliskan diatas telah terpasang di komputer server. Jika sudah terpasang silahkan ikuti langkah-langkah dibawah untuk mulai melakukan setting vhd UNBK 2020.

#Pertama Pastikan Exambro admin sudah di letakkan/dipindahkan dilocal disk C komputer server. Jika sudah dipindahkan buka folder exambro admin, lalu cari icon application dan klik kanan kemudian pilih "Send to desktop" seperti penampakkan dibawah.

gambar cara seting exambro admin

#Kedua Buka aplikasi virtual BOX yang telah terinstal di komputer server, kemudian pada aplikasi klik menu Mesin dan pilih baru. seperti gambar dibawah.

gambar cara seting VDD unbk 2020

#Ketiga Pada jendela baru yang terbuka, isikan seperti gambar dibawah ini. Nama "UNBK2020" Jangan ada spasi. Tipe pilih "Microsoft Windows", Versi pilih windows 2012 64 bit. setelah terisi klik tombol Lanjut

gambar seting vhd unbk di virtualbox

#Keempat Pada laman ukuran memori silahkan anda seting sesuai yang disarankan dan jangan sampai melewati garis hijau. Jika telah selesai silahkan klik tombol Lanjut.

gambar seting ukuran memori vhd unbk

#Kelima Pada pengaturan laman hard disk pilih "Gunakan berkas hard disk virtual yang ada" klik ikon penambah berkas, selanjutnya klik ikon tambah, pilih VHD fresh yang tadi sudah dipindahkan.... klik tombol pilih seperti penampakkan dibawah.

#Keenam Setelah VHD dipilih, lanjutkan dengan mengklik tombol BUAT. Sekarang lakukan setingan pada virtualbox agar aplikasi CBT UNBK bisa berjalan.

#Ketujuh Pada aplikasi virtual box klik pengaturan, kemudian pilih menu sistem dan atur seperti penampakkan dibawah ini.

#Kedelapan Selanjutnya pada pengaturan jaringan adapter 1 , silahkan pilih "terpasang pada" pilih "Adaptor ter bridge", sedangkan Nama pilih "Realtek PCI FE Family controller"

, selanjutnya pindah ke menu adapter 2, pilih NAT. atau LIHAT PENAMPAKKAN dibawah ini

#Kesembilan Pengaturan vhd unbk 2020 telah selesai selanjutnya kita akan membuka aplikasi CBT unbk, caranya klik kanan ikon exambro, kemudian pilih run administrator seperti gambar dibawah

gambar cara membuka exambro admin unbk 2020

#Kesepuluh TUnggu proses laman komputer anda akan membuka exambro admin dan menjalankan VHD unbk yang telah diinstal di Virtual box.

#Kesebelas Klik tombol "Set virtual machine Name", silahkan pilih nama mesin VM yang tadi telah dibuat pada saat mengatur virtual box. nama vm = unbk2020.

tampilan exambro unbk admin 2020

#keduabelas Masih di aplikasi Exambro admin, klik menu "Set Chrome Exe Patch", cari lokasi aplikasi google chrome di perangkat anda. Biasanya terletak di Local disk C/program file (x86)/ Google/ chrome/application, , jika sudah ketemu klik open. seperti gambar dibawah ini.

#ketigabelasAgar Aplikasi CBT di exambro anda berjalan caranya klik tombol "Star Virtual Machine" dan tunggu proses sampai tampil halaman login Aplikasi CBT unbk seperti penampakkan dibawah ini.



SOLUSI GAGAL MENAJALANKAN APLIKASI CBT UNBK 2020

Beberapa kasus yang terjadi adalah gagal menjalankan Aplikasi CBT Unbk dikomputer server. Jika sekolah anda mengalami permasalahan tersebut silahkan coba solusi atau tips dibawah ini sebagai petunjuk.

1. Pastikan APlikasi exambro admin dan Virtualbox yang terpasang adalah versi terbaru seperti yang saya tuliskan pada awal paragraf.

2. Pastikan Kabel Lan sudah terkoneksi ke Komputer server.

3. Pastikan anda menggunakan VHD Fresh 2020 bukan VHD Simulasi

4. Pastikan komputer anda bersih dari virus, jika sudah terinfeksi silahkan install ulang.

5. Pastikan anda telah mengikuti step by step diatas dengan benar.

6. Pastikan IP adress komputer server unbk sudah diseting (192.168.0.201)

jika solusi diatas belum berhasil, silahkan hubungi Helpdesk kabupaten/kota di wiyalah kerja anda.

Akhirnya

Penulis cukupkan sampai disini dulu cara setting VHD Unbk tahun 2020 sebagai persiapan Gladi bersih yang tidak lama lagi akan dimulai. Smeoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Setting VHD UNBK 2020 di Komputer Server"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel