Cara Menggunakan Google Classroom Untuk Siswa dan Guru Belajar Online dirumah

Guru-id-com - Tahun 2020 Dunia Pendidikan diberikan ujian dengan hadirnya Virus Corona. dengan adanya wabah ini, maka pemerintah merubah sistem pembelajaran di kelas menjadi "home Learning" atau belajar dirumah. Karena sistem ini baru pertama kali diterapkan di Indonesia, tentunya masih banyak guru yang bingung bagaimana agar belajar dirumah seefektif belajar dikelas. Oleh karena itu, Guru-id akan memberikan sedikit panduan belajar online menggunakan google classroom.

Pada posting sebelumnya guru-id telah membagikan beberapa situs pembelajaran online yang direkomendasikan kementerian Pendidikan. Nah dari delapan sistem tersebut google classroom menjadi pilihan bagus untuk digunakan. Namun persyaratan utamanya karena kita menggunakan produk google, maka terlebih dahulu bapak dan ibu guru harus memiliki akun google (gmail).

Sesuai dengan judul posting, langkah awal rekan-rekan guru harus membuat kelas pembelajaran terlebih dahulu. adapun caranya bisa dipraktikan dengan mengikkuti langkah-langkah dibawah ini.

Jika bapak dan ibu guru ingin menggunkan APlikasi Google classroom berbasis Android bisa menggunakan ponsel dan Mengunduh aplikasinya melalui Google playstore. Sedang kalau lewat PC bisa mengikuti panduan dibawah.

#Langkah pertama pastikan bapak dan ibu guru telah login ke akun gmail google. berikutnya untuk membuat kelas pembelajaran silahkan klik link berikut : http://classroom.google.com/

#Langkah kedua pada laman selanjutnya Klik tombol "lanjutkan" untuk mulai membuat kelas pembelajaran online.

gambar login google classroom

#Langkah ketiga Arahkan kursor ke pojok kanan atas kemudian Klik ikon + kemudian pilih BUAT KELAS (Untuk guru). sedangkan bagi siswa klik Gabung kelas

gambar cara buat kelas di google classroom

#Langkah keempat, pada jendela yang muncul, centang kotak "Saya telah membaca dan memahami pemberitahuan di atas, dan saya tidak menggunakan Classroom di sekolah dengan siswa" kemudian klik tombol Lanjutkan.

#Langkah kelima, Pada form selanjutnya silahkan isikan data kelas online, misalnya : Nama kelas, Bagian, Mata Pelajaran, dan Ruang setelah selesai klik tombol BUAT.

#Langkah keenam, Kita akan mengundang siswa... syaratnya pastikan siswa memiliki alamat email aktif (GMAIL). agar lebih mudah buat juga grup WA dengan siswa kemudian email siswa tersebut dikirimkan melalui chat wa .

gambar cara undang anggota google classroom

Untuk mengundang siswa klik menu "Anggota" kemudian masukkan email siswa lalu klik tombol "Undang"

Setelah diundang, guru menyuruh siswa membuka email untuk menerima undangan dengan cara klik tombol GABUNG. atau lebih lengkapnya silahkan lihat penampakkan dibawah.

#Langkah ketujuh, kita akan membuat tugas kelas untuk siswa. Caranya klik menu "Tugas Kelas" kemudian klik tombol "BUAT" dan pilih Tugas yang akan dibuat Misal "TUGAS" seperti penampakkan gambar dibawah.

gambar cara buat tugas di  google classroom

#Langkah kedelapan, Judul silahkan disesuaikan dengan judul tugas, petunjuk cukup dipahami, dan untuk lebih mudah silahkan rekan-rekan guru upload file tugas dalam format word, caranya klik tombol tambah kemudian pilih file atau lihat penampakkan dibawah.

Berikutnya guru mengumumkan ke siswa agar membuka email karena tugas sudah bisa dibuka melalui email masing-masing. dan siswa tinggal mndownlad tugas dan mengerjakannya dirumah. dengan waktu pengumpulan tugas yang telah ditentukan sesuai jadwal pada kelas online.

Mungkin sampai disini dulu panduan singkat cara membuat kelas pembelajaran online menggunakan Google classroom yang bisa digunakan bapak dan ibu guru di rumah. jika kurang dimengerti bisa menghubungi kami via WA

4 Responses to "Cara Menggunakan Google Classroom Untuk Siswa dan Guru Belajar Online dirumah"

  1. saat mengunduh aplikasi ini apakah gratis atau harus memiliki paket data bagi yg tidak memiliki jangkauan wifi

    ReplyDelete
    Replies
    1. 100 persen aplikasi pembelajaran online google classroom ini gratis

      Delete
  2. Terima kasih aplikasi goole classroom... Sangat membantu guru dan siswa

    ReplyDelete
  3. Terima kasih aplikasi google classroom... Sangat membantu bagi guru dan siswa dlm PBM teaching From Home

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel