Tutorial Mudah Membuat Soal Online di Jotform

Guru-id.com - Sehubungan dengan kebutuhan Guru di zaman Pembelajaran daring dari rumah, dan juga permintaan dari rekan-rekan Grup guru SD Indonesia (klik gabung Grup). Pada posting kali ini akan dipublikasikan sebuat tutorial yang membahas tentang cara membuat soal online di situs jotform Bagi rekan-rekan guru yang ingin mencoba cara lain bisa juga menggunakan google formulir.

#Langkah pertama : Pastikan anda sudah memiliki akun google gmail dan sudah login terlebih dahulu.

#Langkah kedua : klik link berikut untuk mulai membuat soal online : https://www.jotform.com/

#Langkah ketiga : pada laman berikutnya arahkan kursor ke pojok kanan atas, kemudian pilih menu LOGIN dan pilih "LOgin with Google"

#Langkah Keempat : klikm tombol "Create a Form" di laman selanjutnya klik "Star From SCrath" dan pilih "Classic Form"

#Langkah Kelima : Klik tombol "Add form Element" kita akan membuat user dan password login siswa. caranya klik "fULL nAME", KEMUDIAN drag kesebelah kanan dibawah form heading. untuk melakukan setting klik tombol properties. Pada form Question Text isikan judul form, sedangkan pada Sublabels bisa diganti sesuai keinginan misal "nama peserta dan NISN"

#Langkah Keenam : untuk mulai membuat soal ulangi kembali "langkah kelima" Selanjutnya pilih menu "TEXT" dan DRAG ke kanan. Pada form yang tersedia mulailah membuat soal di dalam form yang tersedia. soal bisa anda copas dari file yang sudah diketik ke word.

#Langkah ketujuh :Klik tombol "Add form Element" Pilih menu "Long text entri" untuk menempatkan Pilihan Jawaban. anda juga bisa menggunakan menu multiple choice.

#Langkah kedelapan untuk menambah soal baru klik text "ADD NEW PAGE HERE" dan ulangi kembali langkah keenam dan ketujuh seperti yang telah dituliskan.

#Langkah kesembilan Setelah soal semuanya telah dibuat, silahkan klik menu setting. pada form setting pilih email, kemudian anda bisa mengklik tombol + untuk menambah email, fungsinya adalah untuk melihat siswa yang sudah mengerjakan tugas nanti pemberitahuan akan masuk ke email

#Langkah kesepuluh klik menu publish, pada DIRECT LINK OF YOUR FORM klik copy link dan bagikan link tersebut ke siswa agar siswa bisa mengerjakannya. Nah bagi guru yang sudah mempunyai website atau blog bisa menggunakan menu Embed untuk mengambil kode html dan tinggal di paste ke laman blog anda.

Berikut adalah panduan lengkap membuat soal di situs jotform.


Berikut adalah contoh soal online yang sudah saya buat di Jotform

Bagaimana sangat mudah kan ? jika ada yang ingin ditanyakan silahkan langsung hubungi admin melalui kontak yang tersedia. Nah sebelum menutup artikel bagi rekan-rekan guru yang membutuhkan soal-soal Online Tematik SD silahkan buka melalui tautan dibawah ini.

LInk tugas online tematik SD Pertema



LINK Tugas Online PAS Tematik



LINK Tugas Online Matematika SD


aKHIR kATA
Demikianlah informasi yang bisa guru-id bagikan melalui artikel ini. Semoga tutorial membuat soal online ini bisa menjadi referensi yang bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel