Mengenal Virus Corona, Gejala dan Pencegahan

Guru-id.com - Pertama berikut adalah sekilas gambaran untuk mengenal virus corona (COVID-19) yang sedang melanda penduduk di dunia saat ini. Sangat perlu diketahui dan menjadi bahan pengetahuan bagi masyarakat indonesia.

GAMBAR VIRUS CORONA COVID 19

Penyakit coronavirus (COVID-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh coronavirus yang baru ditemukan. Sebagian besar orang yang terinfeksi virus COVID-19 akan mengalami penyakit pernapasan ringan hingga sedang dan sembuh tanpa memerlukan perawatan khusus. Orang yang lebih tua, dan mereka yang memiliki masalah medis mendasar seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, penyakit pernapasan kronis, dan kanker lebih mungkin mengembangkan penyakit serius.

Cara terbaik untuk mencegah dan memperlambat penularan diberitahukan dengan baik tentang virus COVID-19, penyakit yang disebabkannya dan bagaimana penyebarannya. Lindungi diri Anda dan orang lain dari infeksi dengan mencuci tangan atau sering menggunakan alkohol berbasis alkohol dan tidak menyentuh wajah Anda.

Virus COVID-19 menyebar terutama melalui tetesan air liur atau keluar dari hidung ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin, jadi penting bahwa Anda juga berlatih etiket pernapasan (misalnya, dengan batuk pada siku yang tertekuk).

Saat ini, tidak ada vaksin atau perawatan khusus untuk COVID-19. Namun, ada banyak uji klinis yang sedang berlangsung mengevaluasi perawatan potensial. WHO akan terus memberikan informasi terbaru segera setelah temuan klinis tersedia.

Pencegahan Virus Corona

Untuk mencegah infeksi dan memperlambat transmisi COVID-19, lakukan hal berikut:

1. Berdoa kepada Allah sebagaimana doa yang diajarkan rasulullah. Banyak terdapat dalam hadits shohih.

2. Cuci tangan Anda secara teratur dengan sabun dan air, atau bersihkan dengan usapan berbasis alkohol.

3. Pertahankan jarak minimal 1 meter antara Anda dan orang yang batuk atau bersin.

4. Hindari menyentuh wajah Anda.

5. Tutupi mulut dan hidung Anda saat batuk atau bersin.

6. Tetap di rumah jika Anda merasa tidak sehat.

7. Jangan merokok dan aktivitas lain yang melemahkan paru-paru.

8. Berlatih menjaga jarak dengan menghindari perjalanan yang tidak perlu dan menjauh dari kelompok besar orang.

Gejala Virus Corona

Virus COVID-19 mempengaruhi orang yang berbeda dengan cara yang berbeda. COVID-19 adalah penyakit pernapasan dan sebagian besar orang yang terinfeksi akan mengalami gejala ringan hingga sedang dan sembuh tanpa memerlukan perawatan khusus. Orang yang memiliki kondisi medis yang mendasarinya dan mereka yang berusia di atas 60 tahun memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit parah dan kematian.

Gejala umum meliputi:


demam
kelelahan
batuk kering.

Gejala lain termasuk:

sesak napas
sakit dan nyeri
sakit tenggorokan

dan sangat sedikit orang akan melaporkan diare, mual atau pilek.

Orang dengan gejala ringan yang dinyatakan sehat harus mengisolasi diri dan menghubungi penyedia medis mereka atau saluran informasi COVID-19 untuk nasihat tentang pengujian dan rujukan.

Orang dengan demam, batuk atau kesulitan bernapas harus menghubungi dokter mereka dan mencari perhatian medis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel