Cara Mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 12, Syarat Serta Jumlah Kuota

Bismillah, Halo warganet apa kabar? Pada postingan kali ini guru-d akan berbagi informasi mengenai "Kartu Prakerja Gelombang 12". Seperti yang guru-id baca dari situs kompas, pemerintah sudah membuka pendaftaran kartu prakerja sejak 23 februari 2021. sebagaima kita ketahui bersama bahwa program Kartu prakerja diharapkan dapat membantu pembiayaan peningkatan kompetensi kerja bagi warganet yang kekurangan biaya.

kartu prakerja gelombang 12

Dengan demikian Jika warganet lulus kartu prakerja, maka warganet bisa mengikuti pelatihan secara gratis karena biayanya dibantu oleh pemerintah yang bekerja sama dengan perusahaan swasta.

Selain mendapat bantuan Pelatihan gratis, Pemilik kartu prakerja juga akan mendapat Insentif dari pemerintah. artinya keuntungan yang didapat selain bisa belajar gratis, warganet juga bisa dapat Dana Insentif yang bisa dicairkan.

berapa "jumlah Kuota Kartu Prakerja Gelombang 12" ? Perlu warganet ketahui bahwa pemerintah menyediakan kuota sebanyak 600.000 orang.

Selanjutnya perlu diketahui bahwa program kartu prakerja ini ditujukan kepada masyarakat yang memenuhi kriteria dibawah ini

👉Pencari kerja

👉Pekerja atau buruh yang terkena PHK Pekerja atau buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja. Artinya, orang yang sudah bekerja pun bisa mendaftar Kartu Prakerja asal memenuhi persyaratan dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi.

👉Dalam masa pandemi Covid-19, Kartu Prakerja diprioritaskan bagi pekerja atau buruh yang dirumahkan maupun pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak.

👉Kartu Prakerja juga terbuka bagi lulusan mana pun, baik kampus unggulan maupun tidak. Sebab, hal yang menjadi patokan adalah peningkatan kompetensi kerja dan keahlian.

👉Bukan penerima bansos Kemensos (DTKS), BSU, BPUM, atau penerima Kartu Prakerja yang sudah menerima pada tahun 2020. Bukan TNI/Polri, ASN, Anggota DPR/D, BUMN/D, dan lainnya.

Apa saja syarat-syarat mendaftar kartu pra kerja? Warganet cukup menyiapkan beberapa perangkat dan dokumen pendukung berikut ini.

  1. Perangkat Android/Laptop
  2. Paket Internet
  3. Email Aktif
  4. KTP
  5. Foto Selfie Memegang KTP

Perlu diketahui oleh warganet, bahwa pendaftaran ini adalah pendaftaran Kartu prakerja Gelombang 12.

Jika syarat-syarat diatas sudah lengkap, ayo ikuti langkah-langkah pendaftaran dibawah ini.

BACA JUGA : TIPS AGAR LOLOS SELEKSI PESERTA KARTU PRAKERJA

PERLU DIPELAJARI : SOAL LATIHAN TES PRAKERJA GELOMBANG 12

Pendaftaran Prakerja Gelombang 12

Pertama, Khusus warganet yang pernah mendaftar kartu prakerja gelombang sebelumnya tapi belum lolos, tidak perlu mengikuti langkah-langkah ini. Warganet cukup login menggunakan akun yang sudah terdaftar, dan mengikuti langkah-langkah dari dasbor prakerja di akun anda.

kedua, Bagi warganet yang baru pertama kali mendaftar, silahkan kunjung link berikut: https://dashboard.prakerja.go.id/daftar

ketiga, Masukkan/ketikkan alamat email, password login, konfirmsi pasword, centang saya menyetujui, kemudian klik tombol DAFTAR

gambar cara daftar kartu prakerja gelombang 3

keempat, Buka kotak masuk email kamu, kemudian klik tombol "verifikasi email sekarang". Jika berhasil, maka akan muncul pemberitahuan "Selamat! Email kamu sudah berhasil terverifikasi di platform Kartu Prakerja."

gambar cara verifikasi email kartu pra kerja

kelima, Login menggunakan email yang tadi sudah didaftarkan. selanjutnya browser anda akan diarahkan ke halaman Verifikasi KTP

keenam, Masukkan 16 Digit NIK di ktp dan tanggal lahir anda. Kemudian klik tombol Lanjutkan.

VERIFIKASI KTP PRAKERJA

keTUJUH, Lengkapi Informasi data diri, mulai dari nama, alamat, jenis kelamin, status pekerjaan, dan pilih juga topik pelatihan sesuai jurusan anda.

Kedelapan, Upload scan File KTP dan Foto Selfie anda sedang memegang ktp, jika dirasa data sudah benar dan lengkap, silahkan klik tombol lanjutkan.

Kesembilan, berikutnya verifikasikan nomor Ponsel anda dengan mengetikkannya ke dalam form yang tersedia, lalu klik kirim. Masukkan 6 digit kode verifikasi yang dikirim sistem prakerja di ponsel anda

Kesepuluh, silahkan mengikuti Tes motivasi dan kemampuan dasar dengan cara klik tombol "mulai tes Sekarang". Jawablah pertanyaan dengan benar agar anda lolos kartu prakerja.

Note: panduan pendaftaran dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan dari pemerintah

Demikianlah panduan singkat cara mendaftar kartu Pra kerja gelombang 12. Admin doakan semoga anda lolos dan mendapatkan bantuan pelatihan beserta insentif tunai.

2 Responses to "Cara Mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 12, Syarat Serta Jumlah Kuota"

  1. sy ssh mendaftar prakerja gelombang 7sdh lulus tp sy blm menerima saldo untuk menjalan kan pelatihan atau untuk membeli pelatihan sy. apa sy masih bisa ikut dftar lg prakerja gelombang 9 ini mohon penkelasan ny

    ReplyDelete
  2. sy ssh mendaftar prakerja gelombang 7sdh lulus tp sy blm menerima saldo untuk menjalan kan pelatihan atau untuk membeli pelatihan sy. apa sy masih bisa ikut dftar lg prakerja gelombang 9 ini mohon penkelasan ny

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Please report if the ads that appear on our site are annoying and less relevant to the content presented.

Please report if the ads that appear on our site are annoying and less relevant to the content presented.

Iklan Tengah Artikel 2

Please report if the ads that appear on our site are annoying and less relevant to the content presented.

Iklan Bawah Artikel