Rumus Menghitung Nilai UJian Sekolah Ijazah SD SMP SMA 2020

Guru-id.com - Pada regulasi baru tentang petunjuk teknis Pengisian halaman belakang Blangko Ijazah Tahun 2020 tepatnya pada pengisian Nilai ijazah yang ditulis hanya Nilai Ujian Sekolah. Jika rekan-rekan pendidikan bertanya bagaimana cara menentukan nilai Ujian Sekolah tahun 2020 sesuai regulasi baru? Maka jawabannya ada di persesjen kemendikbud nomor 5 tahun 2020. Adapun untuk mempermudah rekan-rekan yang sedang mencari ketentuan nilai Ujian sekolah, berikut kami tuliskan di halaman ini.

gambar nilai ujian sekolah sd smp sma smk 2020

Sebagaimana yang guru-id kutip dari persesjen Kemendikbud nomor 5 tahun 2020 tentang pengisian halaman belakang Ijazah Tahun 2020, maka pada Angka 6 Khusus SD, SDLB, SMP, SMPLB, SMA, dan SMALB diisi dengan Nilai Ujian Sekolah yang diperoleh dari:

a. untuk SD dan SDLB, diperoleh dari rata-rata nilai lima semester terakhir (kelas 4, kelas 5, dan kelas 6 semester gasal); dan sebagai tambahan nilai kelulusan, dapat ditambahkan nilai semester genap kelas 6 dan hasil ujian sekolah yang dilakukan dalam bentuk portofolio nilai rapor serta prestasi yang diperoleh sebelumnya, penugasan, tes daring, dan/atau bentuk asesmen jarak jauh lainnya.

b.untuk SMP dan SMPLB, diperoleh dari rata-rata nilai lima semester terakhir (kelas 7, kelas 8, dan kelas 9 semester gasal); dan sebagai tambahan nilai kelulusan, dapat ditambahkan nilai semester genap kelas 9 dan hasil ujian sekolah yang dilakukan dalam bentuk portofolio nilai rapor serta prestasi yang diperoleh sebelumnya, penugasan, tes daring, dan/atau bentuk asesmen jarak jauh lainnya.

c. untuk SMA dan SMALB, diperoleh dari rata-rata nilai lima semester terakhir (kelas 10, kelas 11, dan kelas 12 semester gasal); dan sebagai tambahan nilai kelulusan, dapat ditambahkan nilai semester genap kelas 12 dan hasil ujian sekolah yang dilakukan dalam bentuk portofolio nilai rapor serta prestasi yang diperoleh sebelumnya, penugasan, tes daring, dan/atau bentuk asesmen jarak jauh lainnya.

Bagi penulis Ijazah, silahkan isikan Nilai Ujian Sekolah yang dimaksud pada angka 6 ditulis dengan menggunakan bilangan bulat dalam rentang 0-100 (tanpa desimal); sedangkan Rata-rata Nilai Ujian Sekolah yang dimaksud pada angka 7 ditulis dengan bilangan desimal (sampai dengan dua angka di belakang koma). (contoh pembulatan : 87 86 85

Angka 7 pada Ijazah SD, SDLB, SMP, SMPLB, SMA, dan SMALB diisi dengan rata-rata nilai dari kolom di atasnya dengan pembulatan 2 (dua) angka desimal.

Rumus Pengolahan Nilai Akhir Sekolah Tahun 2020

Untuk mendapatkan nilai ujian Sekolah yang diisikan ke Ijazah kurikulum 2013 tahun 2020, maka rumusnya adalah sebagai berikut

  1. . Nilai NS Pengetahuan = (Raport 1-5 * 75%)+(Raport 6 *25%)
  2. Nilai NS Keterampilan = (Raport 1-5* 75%) + (Raport 6*25%)
Jadi Nilai ujian di Ijazah =
Nilai 1+ Nilai 2
= -----------------------
2

Untuk lebih jelasnya rekan-rekan bisa membaca petunjuk teknis Pengisian Ijazah Tahun 2020 dengan mengunduh Persesjen Kemendikbud Nomor 5 tahun 2020 (DOWNLOAD DISINI).

0 Response to "Rumus Menghitung Nilai UJian Sekolah Ijazah SD SMP SMA 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel