Cara Cetak Nisn Online Siswa SD SMP SMA

Halo Pembaca, Apa kabar? Semoga dalam keadaan sehat walafiat ya. Sebagaimana kita ketahui bersama, Kebutuhan NISN menjadi signifikan mengingat NISN merupakan salah satu syarat pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) ke semua jenjang.

Bagi orangtua peserta didik yang ingin mengetahui Kevalidan NISN Anaknya serta mencetak Kartu Nisn Online bisa dilakukan secara mandiri dari rumah dengan menyiapkan data-data berikut:

  1. NISN Valid (Sesuai Ijazah)
  2. Nama Ibu (Valid Sesuai Dokumen sah)
  3. Ponsel Android/Laptop
  4. Paket Internet


Cetak Nisn Online

Selanjutnya Berikut guru-id tuliskan langkah-langkah mudah CEK dan mencetak NISN siswa secara online melalui laman resmi NISN milik kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2021.

Langkah Pertama : buka browser internet, kemudian klik Link Berikut : https://nisn.data.kemdikbud.go.id/.

Langkah kedua: Pada form pencarian NISN siswa, Ketikkan NISN (10 Digit), Nama Ibu Kandung, Kode Capctha (Harus sesuai, perhatikan huruf kecil dan kapitalnya), kemudian klik Tombol "Cari Data"

Jika data Nisn yang dimasukkan benar, maka di sebelah kanan akan tampil Hasil pencarian NISN yang menampilkan informasi data Siswa mulai dari NISN, nama, tempat lahir, jenis kelami dan status aktif disekolah. Jelasnya seperti gambar di bawah

gambar cetak NISN Online 2021

Langkah ketiga: Untuk mencetak hasil pencarian NISN tersebut, cukup di screenshot saja kemudian pindahkan / kirim ke Laptop dan cetak. Nah dokumen inilah yang nantinya menjadi syarat untuk Pendaftaran Peserta didik Baru yang valid untuk diserahkan ke panitia PPDB Sekolah yang di lamar.

Siswa Tingkat Akhir Wajib Verval NISN

👉 Bagi siswa tingkat akhir kelas 6, 9 dan 12 Wajib melakukan verval NISN Secara mandiri di laman tersebut (https://nisn.data.kemdikbud.go.id/), mengapa? karena secara otomatis setelah melakukan pengecekkan nisn laman tersebut akan menampilkan form Verifikasi Data Identitas Siswa.

👉 Siapkan Data pendukung untuk melakukan verval nisn siswa seperti kartu keluarga, NPSN Sekolah, akte kelahiran dan data penting lainnya.

👉 Setelah verval NISN dan identitas siswa selesai, segera melapor ke petugas pendataan sekolah (Operator dapodik) untuk meminta persetujuan verval data tersebut.

NISN TIDAK DITEMUKAN

👉Pada beberapa kasus Pencarian NISN, Muncul masalah NISN Tidak ditemukan padahal data yang dientrikan sudah sesuai dokumen yang sah (Valid ). Nah jika anda mengalami permasalahan ini coba langkah-langkah dibawah.

👉Pertama, Hubungi operator dapodik di tempat anak anda sekolah. Kemudian minta data Nama ibu kandung dan NISN yang di entri ke aplikasi dapodik.

👉Kedua, Jika data ternyata berbeda, silahkan coba data yang diberikan oleh operator dapodik tersebut, nah jika NISN tampil dihasil pencarian, artinya harus ada perbaikan data, baik itu nama ibu kandung maupun NISN.

Ketiga, Serahkan data NISN dan Nama Ibu kandung yang valid ke operator dapodik dan minta dia melakukan perbaikan data melalui situs Verval PD.

Dengan langkah-langkah diatas, insya allah NISN akan valid dan aktif di hasil pencarian Situs NISN Kemendikbud.

Demikianlah Langkah-langkah yang bisa saya tuliskan tentang NISN di laman ini. Semoga bermanfaat dan menjadi tambahan informasi edukasi untuk pembaca.

Terima kasih telah berkunjung dan membaca informasi di blog guru-id.com, Semoga bermanfaat dan memberikan tambahan wawasan. salam edukasi.

0 Response to "Cara Cetak Nisn Online Siswa SD SMP SMA "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel