Cara Mudah Menggunakan Zoom di Android dan Laptop Untuk Rapat Online dan Belajar Daring

Guru-id.com - Masa Pembelajaran daring dari rumah masih terus berjalan sampai batas waktu yang belum ditentukan. Kita semua berharap Wabah yang melanda Dunia ini secepatnya berakhir. Kita sebagai manusia hanya bisa berdoa, jika ini Azab maka segerakanlah selesai azab ini kepada orang-orang yang dikendaki, tapi apabila ini Ujian, maka kami mohon agar segera berikan jalan keluarnya. dalam artian secepatnya ditemukan obar dari virus corona ini.

gambar cara pakai zoom

Nah, Kembali ke topik yang akan laman ini bagikan. Pada tulisan kali ini guru-id mencoba berbagi cara menggunakan aplikasi zoom di android sebagai wadah yang akan kita manfaatkan untuk pembelajaran online dan juga kegiatan Rapat Online Guru. Selain itu bisanya aplikasi ini juga biasa digunakan untuk kuliah online dan juga kursu-kursus online.

aplikasi Zoom cloud meeting ini gratis dan bisa digunakan untuk rapat online maksimal 100 peserta dengan durasi waktu 45 menit. Itulah kelebihannya dibandingkan dengan aplikasi video online lainnya. Jujur saya juga baru pertama kali menggunakan aplikasi ini, jadi masih banyak yang harus dipelajari dari fitur-fitur yang ada pada aplikasi zoom.

Pembahasan kali ini akan kita bagi menjadi tiga topik utama, diantaranya :

  1. CARA INSTALL APLIKASI ZOOM DI ANDROID
  2. Cara membuat Ruang Rapat/belajar Online Sebagai HOST
  3. Cara mengikuti Rapat Online Sebagai Peserta

Insya Allah di akhir artikel ini akan dibagikan sebuah video tutorial tentang pembahasan diatas agar lebih mudah dipahami.

1. Cara Install Aplikasi Zoom di HP ANDROID

#Langkah pertama : Silahkan bapak dan ibu guru buka aplikasi google play store di ponsel masing-masing. Kemudian pada tab telusuri aplikasi ketikkan "ZOOM" kemudian klik tombol INSTALL, tunggu sampai proses Installasi selesai lalu klik tombol BUKA.

#Langkah kedua : pada tampilan laman Star a Meeting klik SIGN IN, kemudian pada laman selanjutnya pilih sign in whith Google. tunggu proses sampai masuk kehalaman pemilihan EMAIL yang akan kita loginkan dan klik salah satu email/akun

#Langkah ketiga : Berikutnya pada halaman ZOOM klik "Launch Zoom", tunggu sampai terkoneksi dan tampil ke laman depan aplikasi zoom.

2. Cara membuat Ruang Rapat/belajar Online Sebagai HOST

#Langkah pertama : buka aplikasi ZOOM bapak dan ibu guru, pada laman depan aplikasi meet & chat klik menu "New Meeting". Berikutnya klk "start Meeting".

#Langkah kedua : Pada laman utama video ruang rapat online, kita akan mengambil URL undangan rapat online yang kita kita sebar kepada peserta rapat nantinya. Caranya klik "Participants", selanjutnya pilih INVITE , lalu pada notifikasi klik "COPY URL". Beres.

Cara mengikuti Rapat Online Sebagai Peserta

#Langkah pertama : silahkan bapak dan ibu guru klik link/url/ Tautan undangan rapat/belajar online yang telah dikirim oleh host atau admin. Contoh tautan nya seperti ini : https://us04web.zoom.us/j/542333214?pwd=ZXoyMkVyTnJ2WDk2aHVHV2ppTDZpZz09

#Langkah kedua : Tunggu proses sampai terbuka, nantinya jika muncul notifikasi klik izinkan. Setelah tampil di grup video online, untuk mengaktifkan video klik icon "Star Video"

#Langkah ketiga : Untuk Mengaktifkan suara di aplikasi zoom klik icon "Join Audio" kemudian klik Call via device audio.

#Langkah keempat : Terakhir jika ingin mengakhiri Rapat online atau keluar dari grup klik leave di pojok kanan atas, lalu klik lagi Leave meeting.

Selanjutnya berikut adalah panduan menggunakan aplikasi zoom cloud di androidbagi pemula, Saya mohon maaf ini video buatnya mendadak jadi bahasanya mungkin kurang tertata, tapi silahkan coba dipahami sendiri ya. heheh.


Cara Pakai ZOOM di Laptop

#Langkah Pertama : Download aplikasinya melalui situs resminya di link berikut : https://zoom.us/client/latest/ZoomInstaller.exe. tunggu proses sampai selesai.

#Langkah kedua : Setelah aplikasi berhasil di Download, selanjutnya kita akan mulai install. Caranya klik kanan aplikasi lalu pilih run as administrator. jika ada notifikasi muncul klik YES.

#Langkah ketiga Setelah aplikasi terinstall otomatis akan muncul aplikaasi zoom di layar laptop anda. Berikutnya untuk Mulai menggunakannya klik SIGN IN.

gambar cara pakai aplikasi zoom di laptop

#Langkah keempat Untuk login, silahkan pilih SIGN with google atau bisa lewat facebook anda. Setelah memasukkan email klik tombol login seperti penampakkan dibawah.

gambar cara login zoom di laptop

#Langkah kelima Anda akan diarahkan ke browser internet yg anda set default. Jika anda sudah login di gmail, maka anda bisa langsung mengklik email akan anda digunakan. Jika belum masukkan email dan paasswordnya.

#Langkah keenam : Di laman konfirmasi data , silahkan pilih tanggal, bulan dan tahun lahir anda kemudian klik "continue"

#Langkah ketujuh : Klik "create account", lalu tunggu sebentar. berikutnya klik tombol "OPEN URL:ZOOM launcher". Jika berhsil, maka aplikasi zoom akan terbuka ke halaman utama aplikasi seperti tampilan dibawah ini.


1. Untuk membuat ruang rapat online sebagai host admin (Kepala Sekolah) pada aplikasi zoom di laptop hampir sama dengan android yang membedakannya adalah teta letak menu saja. host tinggal mengambil url undangan rapat. Nah Untuk lebih jelasnya lihat tutorial dibawah ini sebagai panduan.

2. Jika anda menggunakan aplikasi zoom di laptop sebagai peserta rapat, maka caranya sama dengan yang telah saya jelaskan di langkah sebelumnya menggunakan zoom di android. Cukup klik link undangan yang diberikan host atau admin. link akan mengarahkan ke ruang rapat online zoom video.

Nah sebelum menutup artikel bagi rekan-rekan guru yang membutuhkan soal-soal Online Tematik SD silahkan buka melalui tautan dibawah ini.

LInk tugas online tematik SD Pertema


LINK Tugas Online PAS Tematik


LINK Tugas Online Matematika SD


aKHIR kATA

Demikianlah informasi yang bisa guru-id bagikan melalui artikel ini. Semoga tutorial aplikasi zoom ini bisa menjadi referensi yang bermanfaat.

0 Response to "Cara Mudah Menggunakan Zoom di Android dan Laptop Untuk Rapat Online dan Belajar Daring"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel