Contoh Laporan belajar online (daring) SD SMP SMA

Laporan kegiatan pembelajaran Daring atau Online belajar dari rumah di masa pandemic Covid-19 wajib dibuat oleh Guru secara mandiri. Selain sebagai bukti bahwa guru benar-benar melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan moda daring, dokumen ini juga akan dilaporkan Ke Kepala sekolah dan dinas pendidikan.

gambar format laporan balajar daring 2020

Bagi rekan-rekan guru SD SMP SMA yang diwajibkan membuat laporan Kegiatan Pembelajaran Daring dari rumah oleh Kepala Sekolah maka halaman ini akan memberikan referensi Laporan Kegiatan Pembelajaran Daring. Laporan ini dibuat oleh salah satu guru IPA di SMP Negeri 3 Rambang Dangku. Dan atas izinnya saya diperkenankan membagikan laporan ini.

Laporan Pembelajaran daring ini juga akan digunakan untuk pencairan Gaji Guru Honorer dari Dana BOS dan Paket Internet bagi guru untuk pembelajaran daring yang ditransfer ke rekening guru masing-masing. Untuk lebih jelasnya berikut adalah contoh format laporan lengkapnya.

LAPORAN PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN DARING SEBAGAI BAGIAN DARI KEGIATAN WORK FROM HOME (WFH) GURU SMPN 3 RAMBANG DANGKU TAHUN 2020 Per Tanggal 21 Maret - April 2020

Disusun Oleh :

Nama : Oktarina. T , S.Pd

NIP :

Jabatan : Guru Mata Pelaj aran IPA

I. Pendahuluan

Sebagai bentuk tindak lanjut terhadap terbitnya Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang pencegahan Corona Virus Disease (COVID- 19) serta Surat Edaran Walikota tentang instruksi untuk melakukan Work From Home (WFH) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pegawai lainnya serta kegiatan belajar dari rumah bagi seluruh peserta didik di semua jenjang pendidikan di Kabupaten Muara Enim. Maka SMP Negeri 3 Rambang Dangku dalam rangka ikut memutus mata rantai penyebaran Virus Corona menyambut baik keputusan pemerintah pusat dan pemenrintah daerah tersebut diatas.

Kegiatan pembelajaran pun dialihkan menjadi kegiatan pembelajaran dari rumah, pembelajaran daring tersebut dilaksanakan melalui aplikasi Whatsapp dan Google Classroom. Guru dan peserta didik melakukan proses belajar mengajar secara daring sesuai dengan jadwal pelajaran seperti biasanya. Pembelajaran meliputi penyampaian materi, penugasan, dan penilaian.

I. Isi

a. Rombongan Belajar Yang diampuh

Rombongan belajar yang penulis ampuh adalah Kelas 8 yang terdiri dari;

1. Kelas 8.5

b. Media yang digunakan dalam pembelajaran

1. Whatsapp Group (WAG) terdiri dari;

  • WAG Kelas 8.5 SMPN 3 Rambang Dangku

2. Google Classroom

· Kelas 8.5 IPA SMPN 3 Rambang Dangku

Semester Genap 2020

c. Jadwal Kegiatan pembelajaran Daring

1. Melalui WAG dilaksanakan pada hari Senin tanggal 23 maret 2020

Berupa pengecekan kehadiran dan pemberian semangat agar siswa tetap aktif belajar dari rumah dan member tugas tentang “GETARAN, GELOMBANG DAN BUNYI DALAM KEHIDUPAN SEHARI – HARI” serta pemberian instruksi untuk segera mengakses kelas digital di Google Classroom

2. Melalui Google Classroom pada hari senin tanggal 30 maret 2020

· Pemberian Materi, dan tugas tentang “SIFAT BAYANGAN CAHAYA PROSES PEMBENTUKAN BAYANGAN”

· Pemberian umpan balik pada komentar (diskusi) dan pemberian nilai (Skor) pada tugas siswa

3. Melalui Google Classroom pada hari sabtu tanggal 11 April 2020

· Pemberian Materi dan tugas TENTANG “ INDRA PENGLIHATAN MANUSIA DAN HEWAN “

· Pemberian umpan balik pada komentar (diskusi) dan pemberian nilai (Skor) pada tugas siswa

Pemberian tugas pada siswa untuk menuliskan pesan yang disampaikan dalam lirik lagu dalam satu paragraF

  • Tanggal 6 April 2020

Pemberian video tentang Narrative text

Pemberian tugas menjawab 4 pertanyaan berdasarkan video yang di tonton

  • Tanggal 11 April 2020

Pelaksanaan Ujian Sekolah (US) Mata Pelajaran Bahasa Inggris secara darin

d. Foto Kegiatan

(terlampir)

II. Penutup

Demikianlah laporan kegiatan ini penulis susun, sebagai bahan rujukan untuk perbaikan program kegiatan dimasa yang akan datang dan untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Selengkapnya silahkan Download Format Laporan Daring Word Melalui tautan yang kami sematkan di Google drive berikut ini "UNDUH FILE DOC"

1. REKAPITULASI LAPORAN KEGIATAN PEMBELAJARAN DARING SD.DOC (DOWNLOAD)

2. REKAPITULASI LAPORAN KEGIATAN PEMBELAJARAN DARING SMP.DOC (DOWNLOAD)



Untuk latihan daring di rumah, berikut adalah soal-soal Online untuk SD kelas 1 2 3 4 5 dan 6 tahun 2020 sebagai persiapaan PAS tahun 2020.

VIDEO TAYANGAN LENGKAP MATERI PEMBELAJARAN TVRI LIHAT DISINI : (SELENGKAPNYA)

LInk tugas online tematik SD Pertema


LINK Tugas Online PAS Tematik


LINK Tugas Online Matematika SD


Akhirnya

Penulis akhirkan informasi ini, dan penulis berharap ARTIKEL ini menjadi manfaat untuk pembaca khususnya guru-guru di indonesia.

Akhirnya

Penulis akhirkan informasi ini, dan penulis berharap ARTIKEL ini menjadi manfaat untuk pembaca khususnya guru-guru di indonesia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel