Soal Ujian PGSD UT Tahun 2020 dan Kunci Jawaban

guru-id.com - Berikut adalah satu salah contoh soal Ujian UT tahun 2020 yang cukup sulit dan membutuhkan analis tingkat tinggi untuk menjawabnya.

gambar soal s-1 PGSD tahun 2020
Kasus

Ketika duduk di kelas 5 SD, pelajaran matematika merupakan pelajaran yang paling dibenci oleh tedy. Namun, setelah duduk di kelas 6 dan diajar oleh Pak Beny, ia mulai menyukai matematika.

Pak Beny selalu mengajak anak-anak untuk mengaitkan bentuk-bentuk bangun ruang yang sedang dipelajari dengan benda-benda yang ada di sekitar anak-anak. Misalnya, ketika membahas kubus, kerucut dan silinder, anak-anak diminta membawa benda-benda dari rumah seperti kotak sepatu, kaleng susu, stoples dan caping (topi petani).

Di samping benda-benda tersebut, Pak Beny juga telah menyediakan tiruan benda-benda tersebut dari kertas. Anak-anak dibimbing menemukan rumus untuk menghitung volume atau isi benda-benda tersebut.

Prestasi belajar tedy pun meningkat. Ia sering dipuji oleh Pak Beny karena menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu dan benar.

Namun dalam pelajaran lain, yaitu Bahasa Indonesia yang diajar oleh Ibu Umi (kebetulan di SD tersebut diterapkan sistem guru bidang studi, khusus untuk kelas 6), tedy merasa bosan. Ia sering mengantuk, lebih-lebih ketika anak-anak diminta membaca secara bergilir. Supaya tidak dimarahi Bu Umi, tedy mencoba menghitung baris mana yang akan menjadi bagiannya.

Baris itu diberi tanda. Selanjutnya agar tidak mengantuk, tedy yang memang gemar membaca, mengeluarkan komik yang dibawanya dan menaruh di atas buku pelajaran Bahasa Indonesia.

Ia membaca dalam hati komik tersebut. Ketika gilirannya tiba, dengan tangkas tedy membaca baris yang telah diberinya tanda. Bu Umi yang duduk di depan tidak pernah tahu kalau selama teman-temannya membaca tedy tidak mendengarkan, tetapi membaca komik.

Pertanyaan : TAP S1 PGSD UT

1. Identifikasi 2 (dua) hal yang membuat tedy menyukai matematika, dan berikan alasan masing-masing, mengapa kedua hal tersebut anda anggap merupakan faktor yang membuat tedy menyukai matematika? (Skor 15)

2. Identifikasi 3 (tiga) hal yang membuat tedy bosan dan mengantuk dalam pelajaran bahasa Indonesia. Berikan masing-masing alasan mengapa Ketiga hal tersebut membuat tedy bosan dan mengantuk? (Skor 15)

3. Jika anda yang menjadi Bu Umi, cobalah rancang kegiatan belajar Bahasa Indonesia yang mampu membuat anak-anak yang gemar membaca seperti tedy mengembangkan potensinya secara optimal? (Skor 60)

4. Tuliskan 2 (dua) keunggulan rancangan tersebut, Dilihat dari hakikat pelajaran Bahasa Indonesia di SD dan pendekatan belajar aktif (Skor 10)

JAWABAN

no. 1) Tedy suka cara gurunya mengajar.. lalu Tedy juga bisa cepat memahami pelajaran dengan langsung mempraktekkannya

no. 2) pertama siswa disuruh membaca bergiliran, karena bergiliran tedy bosan karena menunggu kawannya membaca, kedua Tedy tidak mendengarkan kawannya membaca di depan karena dia lebih asyik membaca komik yang di bawa nya, ketiga gurunya hanya fokus kepada siswa yang membaca didepan tidak memperhatikan kondisi kelas, bisa jadi gurunya kurang menguasai kelas saat kegiatan belajar mengajar berlangsung

no. 3) kalau saya jadi bu umi saya akan menggunakan shared reading, dimana kegiatan membaca dilakukan bersama guru dan siswa, siswa membaca bergiliran, saling menyimak bacaan yang ada, bagi yang tidak konsen menyimak siswa maju kedepan untuk berpantun/bernyanyi sebagai hukumannya. kmudian saya akan meminta siswa membuat pertanyaan sendiri lalu memberikan kepada temannya untuk menjawab, kemudian dikembalikan lagi dan diselesaikan sendiri. di akhir pelajaran guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan dan reflesi hari itu.

no. 4) keunggulannya : berpusat pada anak, memberikan pengalaman langsung pada anak, pemahaman materi lebih berkesan, dan terakhir siswa lebih bergairah belajar.

0 Response to "Soal Ujian PGSD UT Tahun 2020 dan Kunci Jawaban"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel